silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

280 Comments

  1. Nama : Ketut Bella Indriana
    NIM : 859018381
    Prodi : S1 PGPAUD
    Perlombaan anak usia dini adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk membantu anak-anak mengembangkan berbagai keterampilan, seperti:
    • Keterampilan motorik: Perlombaan yang melibatkan aktivitas fisik, seperti lari, lompat, dan melempar, membantu anak-anak mengembangkan koordinasi dan keseimbangan.
    • Keterampilan kognitif: Perlombaan yang melibatkan teka-teki, permainan, dan aktivitas kreatif, membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berpikir, memecahkan masalah, dan belajar.
    • Keterampilan sosial: Perlombaan yang melibatkan kerja sama dan interaksi dengan teman sebaya, membantu anak-anak belajar berkolaborasi, berbagi, dan menghormati orang lain.
    • Kemandirian: Perlombaan yang mendorong anak-anak untuk mencoba hal baru dan mengatasi tantangan, membantu mereka membangun rasa percaya diri dan kemandirian.
    Penting untuk memilih perlombaan yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak-anak. Hindari perlombaan yang terlalu kompetitif atau menantang bagi anak-anak. Tujuan utama perlombaan adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak.
    Terimakasih 🙏

  2. Nama : Sri Lestari
    Nim : 857988912
    UPBJJ : Yogyakarta

    Mohon ijin menanggapi video yang berjudul “Perlombaan competition”
    Dari video tersebut saya mendapat ilmu cara mendisiplinkan anak. Yaitu dengan memberikan aturan bermain di bak pasir. Yang disepakati secara bersama sebelum permainan di mulai. Jika anak-anak mentaati aturan dalam permainan, maka anak-anak dapat bermain dengan baik dan Insya Allah aman. Anak-anak tidak ada yang saling lempar pasir.
    Dan cara masuk bak pasir pun ada aturannya. Yaitu dengan menjawab sebuah pertanyaan. Dengan menjawab pertanyaan anak-anak tidak akan berebut atau saling dorong saat memasuki bak pasir. Otomatis anak akan masuk satu per satu setelah menjawab pertanyaan dari ibu guru. Anak-anak akan tertib dalam bermain. Membiasakan anak untuk disiplin itu sangat penting.
    Selain membiasakan disiplin, anak-anak juga berlatih sabar. Sabar menunggu pertanyaan yang disampaikan ibu guru dan sabar menunggu giliran masuk bak pasir. Ini termasuk perkembangan aspek sosial emosional.
    Dari aspek kognitif, anak dapat berfikir logis, memecahkan masalah dan dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan ibu guru.
    Demikian tanggapan dari saya. Terimakasih.

  3. NAMA : Sugiarti
    NIM : 857621649
    Progdi : S1 PGPAUD

    Dalam video tersebut guru mengajak anak-anak mengikuti perlombaan sederhana seperti melempar bola sebagai media pembelajaran yang menggabungkan aspek motorik dan nilai sportivitas. Aktivitas ini dirancang untuk meningkatkan motivasi, kerja sama, sekaligus menanamkan semangat sportif dalam kerangka pembelajaran usia dini.”
    adapun dalam perlombaan anak dapat meningkatkan kemandirian, dan anak dapat menumbuhkan rasa bahagia terhadap kemenangan orang lain dan memberi selamat kepada teman yang bisa melakukanya,
    guru juga bisa memilih beberapa perlombaan yang sesuai dengan kemampuan anak usia dini. tujuan utama lomba adalah untuk memberikan pengalaman anak dalam bersosialisasi dan mandiri dan tentunya membuata anak senang. terimaksih…

  4. Nama: Amalia Erin Triana
    NIM: 858102827
    Prodi : S1 PGPAUD

    Berdasarkan video tersebut, pada saat penggunaan metode dan penyampaian informasi terkait peraturan yang harus diperhatikan akan sangat mempengaruhi ketertiban anak-anak pada saat proses belajar maupun bermain. Selain itu juga penggunaan metode dapat mempengaruhi minat dan keinginan anak-anak untuk ikut dalam permainan tersebut.

    Terimakasihhh

  5. Nama : Fimanila Nina Amelia
    NIM : 859685006
    Prodi : S1 PGPAUD

    Sebagai guru PAUD dan mahasiswa, video tentang perlombaan “competition” sangat permanfaat bagi saya. Saya dapat mempelajari metode praktis mengajarkan disiplin pada anak PAUD, meningkatkan keterampilan manajemen kelas, dan menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Video ini juga memperkaya pemahaman teori pembelajaran yang telah saya pelajari, mempersiapkan saya untuk menjadi guru yang lebih profesional, dan memberikan inspirasi untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif di kelas.

  6. Nama : Lisnawati
    Nim : 856066352
    Dalam video kegiatan di atas tentang perlombaan pada pembelajaran anak usia dini sering dilakukan penerapan peraturan dan disiplon positif terhadap anak tentang aturan perlombaan yang akan dilakukan dengan cara menyenangkan dan interaktif.
    Menanamkan disiplin pada anak dalam video sudah memberikan cara yang efektif untuk membentuk kedisiplinan pada anak.

  7. Nama : Sopiah
    NIM : 857631102
    Prodi : S1 PGPAUD

    Ijin menanggapi video Perlombaan “Competition”
    Setelah saya mengamati video tersebut guru dalam menyampaikan aturan-aturan perlombaan sangat jelas dan mudah dipahami anak
    Guru memberikan contoh sebelum perlomban dimulain
    Secara keseluruhan metode yang diajarkan guru sangan baik, metode ini menanamkan sikap disiplin kepada anak agar mengikuti semua aturan-aturan yang ada

  8. Nama: Nia Marda Widuri
    Nim: 856646575

    Perlombaan anak usia dini sangat penting karna bisa meningkatkan percaya diri, kemampuan sosial, dan keterampilan memecahkan masalah. Anak-anak juga belajar untuk menerima kekalahan dengan sportif dan berusaha lebih baik di masa depan.

  9. Nama: Nia Marda Widuri
    Nim: 856646575

    Menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi saya untuk menanamkan disiplin pada anak-anak
    Perlombaan anak usia dini sangat penting karna bisa meningkatkan percaya diri, kemampuan sosial, dan keterampilan memecahkan masalah. Anak-anak juga belajar untuk menerima kekalahan dengan sportif dan berusaha lebih baik di masa depan, serta dapat mengajarkan anak-anak untuk terbiasa mentaati peraturan.

  10. Nama : Mutiara Aisyah
    Nim: 878360222
    UPBJJ: Medan

    Menurut saya dari video yang sudah saya tonton, kompetisi atau perlombaan sangatlah menarik dan menyenangkan bagi siswa tempat saya mengajar, trik dan cara ini sangat menarik minat mereka dalam beraktifitas atau belajar, dengan cara ini juga saya dengan mudah menarik perhatian mereka agar mendengar dengan seksama, mentaati aturan main, bekerja sama dan sportif, dengan ini secara langsung saya juga melatih motorik anak agar terus berkembang. Terima kasih

Leave a Reply