silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

280 Comments

  1. Nama: Anggreni Dwi Suryaninsi
    Nim: 859390517
    Prodi : PGPAUD

    Terlihat pada video seorang guru yang sedang menjelaskan peraturan dalam kegiatan main, yang dimana anak-anak sangat antusias memperhatikan penjelasan gurunya. Dengan memberikan penjelasan tentang aturan main pada anak maka akan tertanam pada diri anak bahwa setiap melakukan kegiatan akan ada aturan atau tata tertib yang harus dipatuhi.

  2. Nama: Asri Paraswati
    NIM: 857443303
    Prodi: PGPAUD

    Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat efektif, menarik dan menyenangkan bagi anak karena dengan guru memberikan suatu permainan/perlombaan dan memberikan aturan-aturan dan perjanjian dalam bermain maka anak-anak akan lebih bersemangat dalam belajar mentaati segala peraturan yang diberikan oleh guru karena ingin ikut dalam permainan/perlombaan tersebut dan ingin mendapat nilai terbaik dari guru

  3. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama: Wiwin Indaryati
    NIM : 857832857

    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tentang ” perlombaan /Competition ” tersebut adalah untuk kegiatan awal pembelajaran yaitu guru menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan perlombaan guru terlebih dahulu tentang aturan dalam permainan meskipun tidak terlalu jelas bagi anak – anak. Terlihat dalam permainan pertama anak cenderungtidak terlalu fokus dan jenis media yang kurang membuat anak tidak bisa berkreasi.
    Sedangkan pada permaian /perlombaan kedua anak juga masih kurang jelas dengan aturan dalam permainan yang dijelaskan oleh guru sehingga anak jadi kurang fokus terhadap kegiatan perlombaan tersebut.

  4. Menanggapi video pembelajaran tentang ”Perlombaan/Competition” tersebut, ada beberapa hal yang bisa saya amati dan analisis :
    1. Guru memberikan penjelasan kepada anak tentang jenis kegiatan yang akan dilakukan, peraturan tentang cara melakukan kegiatan tersebut.
    2. Berikutnya guru membuat kesepakatan bersama anak-anak tentang peraturan bermain, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dan diulangi beberapa kali sampai anak mengerti.
    3. Guru memberikan contoh kegiatan apa yang akan dilakukan supaya anak lebih mudah memahami.
    4. Guru memberikan reward kepada anak yang bisa menjawab pertanyaan, yaitu dengan memberikan kesempatan bermain terlebih dulu.
    Meskipun demikian, menurut saya ada beberapa hal yang masih belum terlihat di video tersebut dan bisa ditambahkan yaitu :
    1. Tidak ditayangkan secara jelas jenis perlombaan apa yang dilakukan, hanya terlihat kegiatan berupa games/permainan (tidak terlihat ada unsur berkompetisi).
    2. Jika kegiatan yang dilakukan adalah perlombaan, akan ada yang menang dan kalah. Dalam hal ini bisa dijadikan pembelajaran kepada anak, misalnya dengan memberikan pengertian : yang menang akan mendapat hadiah tetapi tidak boleh sombong, yang kalah tidak boleh sedih/menangis, harus berusaha lebih baik lagi.
    3. Di lembaga tempat saya mengajar, yang sering terjadi adalah adanya perbedaan prinsip tentang menang dan kalah antara guru dan orang tua murid. Orang tua murid sering terobsesi agar anaknya menang dalam perlombaan, mereka tentunya merasa sangat bangga saat anaknya menang. Akan tetapi saat anaknya kalah, orang tua murid sering memberikan pengertian yang salah, yaitu mereka menghibur anaknya dengan mengatakan bahwa mereka bisa/mampu membeli hadiah seperti hadiah lomba tersebut. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan guru, yaitu melatih mental anak untuk siap menerima kekalahan dan menghargai keberhasilan teman yang lain.

  5. Nama : Ratna Pebriyanti
    NIM : 857775882
    Prodi : PG PAUD BI
    Video : Seri Ketaatan Peraturan PAUD melalui Perlombaan “Competition”

    Terima kasih untuk video inspiratifnya.
    Menurut saya, penanaman taat peraturan melalui kegiatan perlombaan memang cukup efektif. Ada 3 hal yang saya tangkap dari video ini:
    1. Penjelasan Peraturan
    2. Mengecek pemahaman anak tentang peraturan lomba dengan bertanya jawab
    3. Pemberian reward jika taat
    4. Pemberian konsekuensi jika tidak taat

    Keempat hal ini sudah sangat baik jika dapat dipraktekkan terus-menerus bukan hanya pada saat lomba, tetapi juga saat kegiatan pembelajaran. Ada beberapa hal yang dapat lebih digarisbawahi.
    1. Untuk penjelasan peraturan cukup baik tetapi perlu disampaikan dengan bahasa yang lebih singkat.
    2. Mengecek pemahaman anak tentang peraturan juga dapat ditambah dengan contoh aksi sehingga anak usia kecil lebih mengerti. Misal, apakah boleh berebut masuk ke dalam kolam pasir seperti ini?
    3. Reward dapat disampaikan di awal sehingga memotivasi anak untuk taat pada peraturan
    4. Konsekuensi bisa ditanyakan kepada anak sendiri sehingga mereka akan bersedia melakukan konsekuensi karena usulnya dari anak sendiri dan sudah disepakati bersama.

    Demikian pendapat dari saya. Terima kasih.

  6. Nama : Megawati.
    NIM: 859415499
    Menanggapi video berjudul ‘seri menanamkan ketaatan peraturan PAUD-perlombaan/competition’
    Menurut saya dalam video tersebut ruangan yang digunakan kurang luas untuk banyaknya murid dalam ruangan. Dan guru kurang dalam menjelaskan jenis lomba yang dilakukan. apa yang dilakukan oleh guru lebih pada permainan/games daripada sebuah perlombaan meskipun pada dasarnya sama yaitu untuk mengenalkan aturan pada anak usia dini di awal tahun ajaran.

  7. Nama: Liefia Meiliana
    NIM: 857161828

    Menanggapi video dengan judul Pemberian Hadiah “parise” sudah dimengerti. Didalam video tersebut pendidik sudah jelas memaparkan sehingga sangat mudah dimengerti agar bisa kami praktekan juga dalam kegiatan sehari-hari di sekolah.

  8. Nama : Ayik Lulytasari
    NIM : 858173183
    Prodi : PG PAUD BI
    Video : Seri Ketaatan Peraturan PAUD melalui Perlombaan “Competition”

    Menurut saya, penanaman taat peraturan melalui kegiatan perlombaan memang cukup efektif. Anak akan antusias dan mempertikan tentang aturan2 perlombaan dengan seksama. Di dalam video ini guru menjelaskan tentang 4 hal yaitu:
    a. Penjelasan Peraturan permainan
    b. Mengecek pemahaman anak tentang peraturan dan tata cara lomba dengan bertanya jawab
    c. Pemberian reward jika taat
    d. Pemberian konsekuensi jika tidak taat

    Keempat hal ini sudah sangat baik jika dapat dipraktekkan dalam pembelajaran sehari-hari bukan hanya pada saat lomba saja.
    Namun dalam video tersebut ada kekurangan yang sebaiknya di benahi yaitu:
    1. Kelasnya sempit. Sebaiknya jika kelasnya sempit dan anaknya jumlahnya banyak lebih baik jika anak duduk di bawah membentuk lingkaran. Mungkin itu lebih efektif. Dan sebaiknya ada guru pembantu atau pendamping agar pembelajaran lebih efektif

  9. Nama : ELIK ENDAH SRI SAYEKTI
    NIM : 858845745
    Program studi : S1 PGPAUD BI(Menurut saya setelah melihat tayangan video tsb, guru telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi anak usia dini sebagai contoh dalam kegiatan bermain tebak pantomim guru menyuruh salah satu anak maju ke depan dan menceritakan.
    Tetapi di sisi lain pembelajarannya kurang efektif dikarenakan keterbatasan ruangan sehingga anak kurang bereksplorasi.)

  10. Nama : Piyo Rosa Mantika
    NIM : 857034477
    Prodi : PG PAUD
    Video : Seri Ketaatan Peraturan PAUD melalui Perlombaan “Competition”
    Di dalam video ini guru menjelaskan tentang 4 hal yaitu:
    a. Penjelasan Peraturan permainan
    b. Mengecek pemahaman anak tentang peraturan dan tata cara lomba dengan bertanya jawab
    c. Pemberian reward jika taat
    d. Pemberian konsekuensi jika tidak taat
    pertandingan atau competion cukup efektif dan menyenangkan untuk anak usia dini karena dengan adanya pertandingan ini membuat anak lebih bersemangat dalam belajar.

Leave a Reply