silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

280 Comments

  1. Nama : Siti Maemunah NIM :857492947 Jurusan : PGPAUD UPBJJ Bandung
    Setelah saya melihat video tentang mengajarkan anak untuk menyesuaikan diri dan mau mengikuti aturan pada link https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/06/perlombaan-competition/. dapat saya simpulkan dengan menggunakan perlombaan anak akan lebih mudah untuk mau menyesuaikan diri dan mengikuti aturan, hal ini sudah pernah saya terapkan di kelas. Anak sangat antusias mengikuti perlombaan baik yang dilakukan berkelompok atau individu. jenis perlombaan yang dilakukan tidak harus yang susah tapi yang mudah untuk dilakukan oleh anak contohnya lomba menempelkan gambar pada papan yang disediakan dilakukan berkelompok secara maraton. Atau lomba mengambil karet gelang dengan menggunakan tusuk sate, dan lomba lainnya yang mengembangkan kemampuan anak di semua aspek perkembangan.
    Dalam video tersebut guru dapat melakukan penilaian secara langsung dengan mengobservasi anak dalam kegiatan bermain di dalam bak pasir, dan bisa dengan menggunakan ceklis bagi anak yang mampu melakukan perlombaan dengan baik serta menggunakan catatan anekdot jika terjadi peristiwa yang diluar dugaan pada anak.

  2. Nama : Siti Nailul Muna
    NIM : 857766693
    Prodi : PAUD Masukan Sarjana Kelas 1B thun 2023

    Menurut saya, penanamn ketaatan aturan melalui kegiatan perlombaan pada video tersebut sudah bagus.

    Penanaman kataatan atau kedisiplinan apalagi pada anak usia dini ini memang tidak mudah. makanya sebagai seorang guru harus lebih kreatif dan memang butuh kesabaran dan waktu yang tidak singkat.

    setiap lembaga saya rasa permasalahannya hampir sama. akan tetapi jika diterapkan sebagaimana dalam video tsb bisa jadi hasilnya tiap lembaga ad yang berhasil atau bahkan butuh waktu dan metode yg lebih kreatif lagi.

    yang selama ini sudah saya lakukan di lembaga saya diantaranya :
    1. Teladan. sebagai guru harus benar benar memberikan contoh yang baik.
    2. Membuat atau menyusun aturan / tata tertib
    3. Konsisten.
    4. Tegas tapi bukan berarti galak
    5. Harus ada kerjasama antara Guru dan Orang Tua / stakeholder lain di lingkungan sekolah dan rumah.
    6. Kasih reward untuk anak yang sudah tertib mengikuti peraturan. dimulai dari hal-hal yang kecil dan tanpa biaya seperti pujian, mendapat bintang 5 dari bu guru, jempol dari bu guru, atau hadiah yang murah meriah seperti permen dan sebagainya.

    terima kasih

  3. Nama : Mulyanti
    Nim : 857135521
    Prodi : PGPAUD
    Setelah melihat video pada seri ketaatan peraturan anak usia dini melalui kegiatan perlombaan kami menyimpulkan pada awal kegiatan guru sudah menyampaikan aturan perlombaan dengan jelas dan menarik sehingga anak-anak memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru dengan antusias. tetapi kadang ada saja anak yang belum mampu menangkap peraturan-peraturan yang sudah disampaikan untuk itu materi ketaatan peraturan bisa dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan sehari-hari di sekolah.
    Kami di sekolah pernah menerapkan materi tersebut dengan berkegiatan bermain peran saat tema kendaraan. bermain peran berkendara di jalan raya. sebelum bermain peran bisa didiskusikan terlebih dahulu bagaimana keadaan di jalan raya, apa saja yang terdapat di jalan raya, dan berilah contoh jika kita taat dan jika tidak taat pada peraturan di jalan raya.

  4. Nama : Ana Mazidah Silvina
    NM: 858852909
    PRODI : PGPAUD
    Setelah saya menyaksikan video di atas yang berjudul “Penerapan Ketaatan Aturan Melalui Kegiatan Perlombaan (Competition)”. Guru telah melakukan kegiatan yang menunjukkan maksud agar anak mengikuti aturan dalam permainan bak pasir dan tebak pantomim, guru sudah menjelaskan aturan main, memberi contoh dan nantinya memberi hadiah bagi yang taat aturan dan konsekuensi bagi yang melanggar aturan main.
    namun video tersebut kurang memberikan detail yang menunjukkan apakah ada anak yang telah taat mengikuti aturan main atau belum, apakah ada anak yang melanggar dalam permainan dan detail-detail lainnya yang belum dipaparkan.

  5. nama : diva gemilang
    nim : 856482112
    prodi: PGPAUD
    Setelah saya melihat video tersebut anak-anak dilatih untuk selalu mentaati aturan permainan yang di berikan oleh guru, tetapi kadang kala ada anak yang kurang patuh dengan aturan yang telah di beri guru tersebut dan guru memberi contoh secara langsung bagaimana menaati peraturan yang ada. maka anak akan belajar dan memahami peraturan yang diterapkan.

  6. Nama : Fitria Utari
    Nim : 856485551
    Prodi : PGPAUD

    Dari video yang berjudul perlombaan “competiton” setelah saya amati dari video tersebut Guru sudah menerapkan cara yang baik dan mudah di terima oleh anak dalam memberikan aturan. Guru tampak menerangkan kepada anak dengan jelas dan mudah di mengerti serta dipahami oleh anak. Cara yang guru lakukan dalam membiasakan anak terhadap aturan tersebut juga menarik sehingga anak-anak menjadi cepat memahami nya dengan metode sambil bermain. Namun dari pengalaman saya yang saya hadapi di sekolah ketika menerapkan cara pemberian aturan seperti video diatas masih terdapat beberapa anak yang terkadang masih belum memahami dengan jelas sebuah aturan. Seiring berjalannya waktu dan pembiasaan yang terus di ajarkan anak-anak akan ingat dan terbiasa. Dapat disimpulkan untuk mengajarkan anak usia dini guru perlu rutin dan membiasakan anak dengan aturan yang disepakati secara konsisten agar anak mudah memahami.

  7. Yayah Aryatie _ 857508794
    Bismillah izin mengomentari tentang Reward bagi anak

    Setelah menyimak vidio tersebut, bagaimana guru mengolah sosial emosional anak dengan baik melalui kegiatan pembelajaran yang sangat baik dalam mengajarkan anak untuk mengikuti aturan pendisiplinan sejak dini, dengan cara anak mau menunggu giliran dengan sabar dalam setiap kegiatan supaya jadi pembiasaan – pembiasaan yang melekat dan terus dilakukan dalam kehidupan sehari – harinya.
    Begitu penting reward bagi anak, karena dengan ucapan yang baik dari guru pada anak akan berfikir positif karena telah berhasil melakukan sesuatu, maka anak akan cenderung bahagia dengan pencapaian yang ia lakukan dengan begitu anak akan berusaha melakukan yang lebih baik lagi kedepannya.
    dengan reward tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan menumbuhkan motivasi belajar walaupun hanya dengan pujian saja sehingga menimbulkan perilaku positif yang dapat mengarahkan pada kegiatan belajar yang baik.

  8. Nama : SULIS DEWI PUSPITA
    NIM : 858698024
    Pokjar : Mojokerto
    Prodi : S1 PGPAUD_semester 6

    Setelah menyimak video yang berjudul perlombaan “competiton”, menurut saya ,Guru sudah menerapkan cara / peraturan bermain yang baik dan mudah di mengerti oleh anak-anak. Dengan menggunakan konsep menerangkan aturan main, mencontohkan alur permainan, menjelaskan reward yang akan di peroleh, dan punishment bagi yang melanggar aturan. Menurut saya itu sudah cukup baik dalam mendampingi anak didik dalam perlombaan (memahami adanya suatu peraturan permainan). Cara yang guru lakukan dalam membiasakan anak terhadap aturan tersebut juga menarik sehingga anak-anak menjadi cepat memahami nya dengan metode sambil bermain.
    Pembiasaan untuk memahami adanya peraturan bisa juga di kemas dalam keseharian anak” di sekolah. Dengan membuat kesepakatan kelas, dimana ada beberapa point yang melibatkan ide”anak untuk di jadikan peraturan dalam kelas. Kita jelaskan kalau yang melanggar dapat apa ….dan yang patuh akan seperti apa … Bonding antara guru dan siswa sangat kental terasa disaat membuat kesepakatan kelas. Akan ada interkasi diantara keduanya. Baik itu dengan sesama teman maupun siswa dengan guru.
    Kegiatan ini, akan menimbulkan rasa percaya diri juga pada anak didik, karena mereka merasa di butuhkan. Dan pendapatnya di gunakan dalam kelas.

  9. Nama : Rohani
    NIM : 857148581

    Assalamualaikum wr, wb
    Menurut saya pada video dengan judul “perlombaan” apa yang dilakukan guru pada kegiatan 1 sudah baik dimana sebelum memulai permainan guru menyebutkan aturan main, guru juga meminta anak agar mengikuti aturan main.Ketika akan bermain ke bak pasir strategi guru yang meminta anak yang bisa menjawab bisa masuk duluan sangat bagus karena hal ini dapat membuat anak menjadi tertib tidak berebut main.
    Selanjutnya pada kegiatan 2 sikap guru yang memberikan contoh terlebih dahulu sebelum perlombaan juga sudah baik hanya guru kurang mengkondisikan anak dengan baik terlihat dari adanya beberapa anak yang tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan tata cara perlombaan.

  10. Saya akan menanggapi video yang berjudul Perlombaan “Competition”. Menurut saya penerapan aturan dan disiplin pada anak usia dini sangat penting. Karena hal ini akan mendidik anak untuk dapat melakukan sesuatu termasuk lomba dengan cara yang sportif. Menurut saya dalam video tersebut guru sudah melakukan hal yang benar dalam menerapkan aturan bermain bak pasir. Diantaranya :
    1. Guru sudah menjelaskan aturan bermain bak pasir dan memberikan pemahaman hal apa saja yang tidak boleh dilakukan anak pada waktu bermain bak pasir. Yaitu melempar pasir ke wajah temannya.
    2. Guru memberikan penegasan ulang tentang apa yang dijelaskan kepada anak dan apa akibatnya jika anak melempar pasir ke wajah temannya dengan menunjuk salah satu murid untuk menjawab pertanyaan guru.
    Namun dalam video tersebut terlalu singkat sehingga saya tidak melihat ketika guru memberikan contoh bermain pasir yang benar. Dan ketika anak mampu untuk melakukan sesuatu seharusnya guru memberikan reward atau hadiah agar anak lebih semangat lagi untuk melakukan kegiatan disekolah.

Leave a Reply