Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut.

Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.

Video ini memberikan pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah terkait kesulitan guru dalam pronunciation beberapa kosa kata.

Permasalahan ditampilkan pada awal video dan dilanjutkan dengan saran tentang bagaimana guru mempersiapkan diri dengan berlatih terlebih dahulu.

Juga ditampilkan bagaimana guru dapat memanfaatkan rekaman audio/audio video penutur Bahasa Inggris mengucapkan kosa kata dengan benar.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

68 Comments

  1. Nama : Wiwityeria Lestari
    NIM : 501312646
    Magister Pendidikan Dasar

    Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk menulis kalimat atau sebuah karangan, kerna kesulitan memilih ata-kata, melalui video ini, guru dapat belajar untuk melakukan serangkaian persiapan kegiatan pembelajaran bahasa inggris melalui metode pengajaran alternatif untuk meningkatkan keterampilan mengucapkan . Menurut saya video ini sangat menarik kerna selain keterampilan mengucapkan kata-kata siswa juga melatih keterampilan menulis, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang aktif, dinamis dan menyenangkan.

  2. Nama : Putri Camelia Dalimunthe
    Nim : 501573716
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Medan

    Dari video tersebut saya mempelajari bahwa ada 3 alternatif yang bisa digunakan guru dalam pembelajaran berbahasa inggris seperti pengucapan secara langsung oleh guru, penggunaan media audio dan media audio-visual.
    Dari video dapat dilihat bahwa sebelum melakukan pembelajaran kepada siswa sebaiknya guru harus benar-benar mempersiapkan diri, karena guru adalah role model bagi siswa. Seperti pada video terlihat bahwa guru tersebut salah menyebutkan beberapa kosa kata dalam bahasa inggris yang salah, hal ini tentu akan memiliki dampak yang tidak baik bagi siswa, karena siswa cenderung akan meniru apa yang diberikan oleh gurunya. Untuk itu sebelum melakukan pembelajaran, guru bisa melakukan latihan kosa kata berbahasa inggris seperti guru berlatih sendiri di depan cermin sambil memperhatikan bentuk mudah dan lidah dalam mengucapkan kata-kata. Hal ini akan membantu guru lebih baik dalam melakukan pembelajaran nanti.
    Selain itu bisa juga menggunakan audio dalam pembelajaran kosa kata berbahasa inggris menggunakan audio dari penutur asli. Dan untuk yang lebih bagusnya bisa menggunakan media audio-visual yang menampilan wajah peutur asli dari bahasa inggris. Sehingga siswa bisa melihat langsung bagaimana cara mengucapkan kosa kata bahas inggris yang benar dan mendengarkan secara langsung pengucapak kosa kata bahasa inggris tersebut
    Dari video tersebut saya memperoleh manfaat seperti alternatif yang dapat digunakan guru dalam mengajarkan bahasa inggris kepada anak. Selain itu video tersebut mengingakan bahwa guru harus melakukan persiapan yang matang sebelum mengajar.
    Saya tidak memiliki masukan terhadap video pembelajaran ini karena menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus, dari segi penyampaian materi juga jelas, singkat dan padat dan durasi video pembelajaran tidak terlalu panjang. Sehingga yang melihat video ini lebih mudah memahaminya. Untuk saran mungkin saya berharap pihak UT dapat memberikan lebih banyak video seperti ini karena sangat membantu dalam menambah pengetahuan kami.

  3. Nama : Wiwiteria Lestari
    Nim : 501312646
    Magister Pendidikan dasar

    Practics Make Perpect , Video ini sangat menarik , Seorang guru harus mempersiapkan diri dengan baik sebagai model bagi siswanya, untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan mengucap secara maksimal, kebanyakan orang takut mengucapkan kerna takut salah namun sebagai guru ini merupakan tantangan yang harus di lakukan, melalui video ini mengingatkan pentingnya persiapan guru sebelum mengajar, agar kegiatan belajar dapat dilakukan dengan maksimal. Video ini sangat menginsvirasi , agar guru dapat berlatih mengucapkan kalimat dan kosa kata dengan bernar berulang-ulang, Guru dan siswa juga dapat memanfaatkan audio visual, video untuk melatih keterampilan berbicara dan mengucap.

  4. Yang saya pelajari dari video tersebut yaitu:
    Beberapa hal yang dapat guru lakukan sebelum memulai pembelajaran yaitu:
    1. Melatih pelafalan dengan benar menggunakan cermin, untuk memperhatikan bentuk mulut dan lidah saat pelafalan.
    2. Menggunakan media audio dengan suara native speaker untuk melazimkan suara asli ke pendengaran murid.
    3. Media audio visual dapat digunakan agar murid dapat melihat dan mendengar secara langsung dari native speaker.

    Manfaat yang saya dapatkan dari video tersebut yaitu, saya harus sering berlatih dalam pelafalan kata Bahasa asing dengan benar agar murid dapat mengikutinya dengan benar pula. Jika, khawatir akan melakukan kesalahan baik pelafalan maupun gramatikal, saya dapat menggunakan sumber belajar yang lain yang teruji kevalidan dan kebenarannya. Berbagai alternatif yang dapat digunakan sebagai sumber dan media belajar selain guru yaitu tape recorder dan audio visual atau video.

    Saran yang dapat saya sampaikan terkait video tersebut yaitu, guru dapat memberikan instruksi bahwa ketika guru melakukan kesalahan dalam pengajaran maka murid dapat mengajukan pertanyaan sebagai bentuk teguran sopan kepada guru. Dan guru tidak memaksakan diri untuk menggunakan Bahasa inggris sebagai Bahasa pengantar secara penuh. Ini untuk menghindari salah miskonsepsi murid terkait pelafalan dan grammar.

  5. Nama : SRI WULAN
    NIM : 501122789
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : BATAM

    Izin berpendapat terkait video pembelajaran yang telah saya amati.
    Video yang saya amati berisi pemecahan masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang menggunakan beberapa metode atau strategi pembelajaran.
    Ketiga video yang saya amati menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa, memahami kosa kata dan cara penulisan yang benar dalam bahasa Inggris.
    1. Video dengan topik I have a dream menampilkan proses pembelajaran bahasa Inggris lewat lirik lagu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dengan pengucapan yang benar dan kemampuan mengingat kosa kata. Selain itu siswa dapat memahami bahasa slank untuk menyampaikan pesan melalui lirik lagu.
    Sebelum menentukan lirik lagu yang akan disampaikan kepada siswa, guru harus mempertimbangkan hal-hal berikut : (1) Lirik lagu sudah dikenal atau disukai siswa, (2) Lagu harus berisi materi yang akan diajarkan baik keterampilan maupun unsur bahasanya. (3) lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelaaran. (4) Lagu harus mempunyai tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa (5) Lagu berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia. Di video ini, guru menggunakan alat atau media pembelajaran untuk memutar lirik lagu yang akan dinyanyikan bersama-sama dengan siswa

    2. Video tentang my hobby, pada pembelajaran ini guru meningkatkan proses keterampilan menulis siswa pada proses pembelajaran, dimana siswa menuliskan hobbynya di papan tulis, lalu guru mengoreksi kosa kata yang dituliskan siswa secara klasikal, Hal ini sangat baik untuk mengasah keterampilan menulis dan penambahan kosa kata bagi siswa. Selain itu, guru menggunakan media video pembelajaran yang menanpilkan perkenalan diri tentang hobby, sehingga siswa dapat melihat pembelajaran menggunakan media video. Pengalaman belajar ini sangat baik untuk siswa, karena siswa dapat melatih kemampuan berbahasa dan kemampuan menulis serta menambah kosa kata.

    3. Pada video I want to be, Guru menampilkan proses pembelajaran dengan bertanya tentang cita-cita siswa dimasa depan. Lalu, guru memberikan lembar kerja siswa yang berisi proses menggalai informasi tentang cita-cita siswa kedepan. Lalu guru meminta masing-masing siswa membacakan cita-citanya di depan kelas. Model pembelajaran ini adalah merangsang keterampilan siswa dalam berbicara dan menambah kosakata mereka terkait cita-cita.

    Kesimpulan yang saya ambil dari video tersebut adalah :
    a) Guru harus merancang strategi yang menarik untuk peroses pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut dengan baik.
    b) Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti media teknologi berupa video pembelajaran dan radio, atau media tulis berupa LKPD yang
    menarik seperti teka teki silang atau melengkapi kata-kata yang hilang.
    c) Dalam menggunakan media ajar, guru harus memperhatikan : Apakah media tersebut menarik dan dapat digunakan oleh siswa, media tersebut harus dapat mengasah kemampuan kognitif dan keterampilan siswa, media tersebut dapat digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran, tingkat kesulitannya harus seuai dengan kemampuan siswa dan berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

  6. Nama : SRI WULAN
    NIM : 501122789
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : BATAM

    Izin berpendapat terkait video pembelajaran yang telah saya amati.

    Video yang saya amati berisi pemecahan masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang menggunakan beberapa metode atau strategi pembelajaran.
    Ketiga video yang saya amati menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa, memahami kosa kata dan cara penulisan yang benar dalam bahasa Inggris.
    1. Video dengan topik I have a dream menampilkan proses pembelajaran bahasa Inggris lewat lirik lagu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dengan pengucapan yang benar dan kemampuan mengingat kosa kata. Selain itu siswa dapat memahami bahasa slank untuk menyampaikan pesan melalui lirik lagu.
    Sebelum menentukan lirik lagu yang akan disampaikan kepada siswa, guru harus mempertimbangkan hal-hal berikut : (1) Lirik lagu sudah dikenal atau disukai siswa, (2) Lagu harus berisi materi yang akan diajarkan baik keterampilan maupun unsur bahasanya. (3) lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelaaran. (4) Lagu harus mempunyai tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa (5) Lagu berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia. Di video ini, guru menggunakan alat atau media pembelajaran untuk memutar lirik lagu yang akan dinyanyikan bersama-sama dengan siswa

    2. Video tentang my hobby, pada pembelajaran ini guru meningkatkan proses keterampilan menulis siswa pada proses pembelajaran, dimana siswa menuliskan hobbynya di papan tulis, lalu guru mengoreksi kosa kata yang dituliskan siswa secara klasikal, Hal ini sangat baik untuk mengasah keterampilan menulis dan penambahan kosa kata bagi siswa. Selain itu, guru menggunakan media video pembelajaran yang menanpilkan perkenalan diri tentang hobby, sehingga siswa dapat melihat pembelajaran menggunakan media video. Pengalaman belajar ini sangat baik untuk siswa, karena siswa dapat melatih kemampuan berbahasa dan kemampuan menulis serta menambah kosa kata.

    3. Pada video I want to be, Guru menampilkan proses pembelajaran dengan bertanya tentang cita-cita siswa dimasa depan. Lalu, guru memberikan lembar kerja siswa yang berisi proses menggalai informasi tentang cita-cita siswa kedepan. Lalu guru meminta masing-masing siswa membacakan cita-citanya di depan kelas. Model pembelajaran ini adalah merangsang keterampilan siswa dalam berbicara dan menambah kosakata mereka terkait cita-cita.

    Kesimpulan yang saya ambil dari video tersebut adalah :
    a) Guru harus merancang strategi yang menarik untuk peroses pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut dengan baik.
    b) Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti media teknologi berupa video pembelajaran dan radio, atau media tulis berupa LKPD yang
    menarik seperti teka teki silang atau melengkapi kata-kata yang hilang.
    c) Dalam menggunakan media ajar, guru harus memperhatikan : Apakah media tersebut menarik dan dapat digunakan oleh siswa, media tersebut harus dapat mengasah kemampuan kognitif dan keterampilan siswa, media tersebut dapat digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran, tingkat kesulitannya harus seuai dengan kemampuan siswa dan berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

  7. Nama : Farid Khusnul Mujib
    NIM : 501252977
    UPBJJ: Surabaya

    Dari video tersebut, saya memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pentingnya persiapan yang matang sebelum kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Salah satu poin penting yang disorot adalah kesulitan yang dialami oleh seorang guru dalam mengucapkan kosa kata terkait buah dan sayuran. Dalam mengatasi masalah ini, guru melakukan persiapan dengan serius, termasuk berlatih pengucapan secara khusus dan memanfaatkan sumber daya tambahan seperti rekaman suara native speaker dan penayangan audio visual. Saya menyadari bahwa metode pengajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama dalam hal pengucapan. Dari pembelajaran ini, saya percaya bahwa mengintegrasikan sumber daya tambahan dan memfasilitasi latihan interaktif serta memberikan umpan balik secara berkala dapat menjadi langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pengucapan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama.

  8. Nama : Firlyan Anugerah Nduru
    NIM : 501332662
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Malang

    Saya belajar dari video tersebut bahwa guru memiliki tiga opsi untuk pembelajaran bahasa Inggris: pengucapan langsung guru, penggunaan media audio, dan media visual. Karena guru berfungsi sebagai contoh bagi siswa, video tersebut menekankan pentingnya guru mempersiapkan diri sebelum mengajar. Karena guru cenderung meniru siswa, kesalahan pengucapan oleh mereka dapat berdampak buruk. Oleh karena itu, guru harus melakukan latihan pengucapan kosa kata bahasa Inggris, seperti berbicara di depan cermin.
    Siswa juga dapat memperbaiki pengucapan mereka dengan mendengarkan suara penutur asli atau media audio-visual yang menampilkan penutur asli. Video ini bermanfaat karena menawarkan pendekatan pengajaran bahasa Inggris yang berbeda dan menekankan pentingnya persiapan yang matang. Selain itu, video ini sangat baik dalam menyampaikan informasi dengan cara yang mudah dipahami dan singkat. Saya berharap UT dapat menyediakan lebih banyak video seperti ini agar kami dapat memperluas pengetahuan kami.

Leave a Reply