Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut.

Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.

Video ini memberikan pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah terkait kesulitan guru dalam pronunciation beberapa kosa kata.

Permasalahan ditampilkan pada awal video dan dilanjutkan dengan saran tentang bagaimana guru mempersiapkan diri dengan berlatih terlebih dahulu.

Juga ditampilkan bagaimana guru dapat memanfaatkan rekaman audio/audio video penutur Bahasa Inggris mengucapkan kosa kata dengan benar.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

68 Comments

  1. SEPTIANA KUSUMA WARDANI 501333277 MPDr

    Ditilik dari video di atas dapat diambil pelajaran dan disimpulkan bahwa persiapan yang matang sangat tidak bisa ditinggalkan oleh guru. Guru apa pun itu, selayaknya sebelum mengajar harus belajar lebih dahulu. Hal ini meminimalisir kesalahan-kesalahan yang fatal seperti yang dicontohkan dalam video tersebut.

  2. Nama : Yustika Adelina
    NIM : 501574266
    UPBJJ : Medan

    Guru merupakan model bagi peserta didiknya. Untuk itu, ada baiknya sebelum melaksanakan pembelajaran kita harus menyiapkan materi sebelumnya sehingga kita dapat memberikan yang terbaik bagi peserta didik. Ada beberapa kesalahan guru dalam pengucapan bahasa inggris. Tapi guru menyadari kesalahan tersebut sehingga pada pembelajaran berikutnya guru memperbaikinya. Sebelum guru tersebut mengajar dia melaksanakan latihan untuk pengucapan bahasa inggrisnya sehingga kesalahan tersebut tidak terulang. Hal ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita. Jadi, sebelum mengajarkan materi di depan kelas, sebaiknya kita memahami materi tersebut.

  3. Dari video dapat terlihat pentingnya persiapan dari guru sebelum memulai pelaksanaan dikelas,selain itu guru juga harus terus melakukan evaluasi diri terhadap materi yang mereka sampaikan, apabila terdapat kesalahan guru harus segera memperbaikinya sehingga tidak menyebabkan kesalahan dalam memahami konsep materi yang diajarkan.

  4. Izin menanggapi diskusi yang ada di GPO ini,
    Metode mengajar pengucapan kosa kata dengan menggunakan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa poin yang dapat membantu Anda memahami kedua metode tersebut:

    Kelebihan metode rekaman suara native speaker:

    Keaslian suara: Rekaman suara native speaker memberikan akses langsung kepada siswa untuk mendengarkan pengucapan yang benar dan autentik dari penutur asli. Hal ini membantu siswa untuk memperoleh intonasi, vokal, dan pengucapan yang tepat dalam bahasa target.
    Pengenalan variasi dialek dan aksen: Rekaman suara native speaker dapat mengekspos siswa pada berbagai variasi dialek dan aksen yang ada dalam bahasa target. Hal ini memberikan pemahaman yang lebih luas tentang variasi bahasa dan membantu siswa untuk beradaptasi dengan komunikasi sehari-hari di berbagai konteks.
    Fleksibilitas belajar: Siswa dapat mendengarkan rekaman suara native speaker kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini memberikan fleksibilitas waktu dan tempat dalam proses belajar pengucapan.
    Kekurangan metode rekaman suara native speaker:

    Kurangnya interaksi langsung: Metode ini tidak memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dan penutur asli. Hal ini dapat mengurangi kesempatan siswa untuk berlatih secara langsung dan mendapatkan umpan balik yang spesifik terhadap kesalahan mereka.
    Kurangnya variasi konteks komunikasi: Rekaman suara native speaker mungkin terbatas dalam konteks komunikasi yang dapat ditampilkan. Ini dapat membatasi eksposur siswa terhadap situasi dan topik yang berbeda dalam bahasa target.
    Kesulitan dalam meniru suara: Beberapa siswa mungkin mengalami kesulitan dalam meniru suara native speaker yang sangat berbeda dari suara mereka sendiri. Hal ini bisa menjadi tantangan dalam menghasilkan pengucapan yang akurat dan alami.
    Kelebihan metode penayangan audio visual:

    Visualisasi dan konteks: Penayangan audio visual dapat memberikan konteks visual yang membantu siswa untuk memahami pengucapan kata dalam situasi yang lebih nyata. Hal ini membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang artikulasi bibir, gerakan mulut, dan ekspresi wajah yang terkait dengan pengucapan yang tepat.
    Interaksi dan aktivitas: Beberapa video pengajaran mungkin mencakup latihan atau aktivitas yang melibatkan siswa secara aktif. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih dan mengaplikasikan pengucapan mereka dalam konteks yang interaktif.
    Stimulasi sensorik: Penayangan audio visual menggabungkan unsur visual dan audio, yang dapat meningkatkan stimulasi sensorik siswa. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan retensi informasi.

  5. Nama: Nina Herlina
    NIM : 501223184
    Magister Pendidikan Dasar

    Guru merupakan role model untuk siswa
    dalam pembelajaran bahasa inggris tentu guru harus lebih menyiapkan diri karena dalam pembelajaran bahasa inggris memiliki kesulitan yang lebih, setiap kata yang ditulis dengan yang diucapkan kadang berbeda. dan siswa lebih mudah menerima pembelajaran dengan apa yang diucapkan dibanding dengan apa yang dibaca. sehingga guru tidak boleh melakukan kesalahan dalam pengucapan kata-kata berbahasa inggris. untuk itu, berlatih dan terus berlatih memang merupakan salah satu hal yang tepat dilakukan oleh guru sebelum melakukan atau menyampaikannya kepada siswa. karena bahasa inggris itu perlu latihan-latihan sehingga mendapatkan kemampuan tersebut.

  6. Nama : Yolanda Adelia Utami
    NIM : 501202879
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional. Penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari sangat berperan untuk interaksi dengan orang lain. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah susahnya pelafalan dan artikulasi Bahasa dikarenakan banyak ejaan dalam Bahasa Inggris berbeda antara tulisan dan pengucapan. Adanya kegiatan latihan tentu menjadi salah satu cara dalam mengembangkan kemampuan berbahasa peserta didik. Sesuai dengan namanya “practice make perfect” kebiasaan seseorang mengucapkan pelafalan Bahasa Inggris bisa menjadikan guru tersebut lebih terarah dalam kemampuan berbahasa Inggrisnya. Sebagai seorang pendidik sudah kewajiban kita untuk mempelajari materi dan bahan ajar sebelum masuk kedalam kelas. Seperti pada hakikatnya seorang guru yang harus di gugu dan ditiru, hal tersebut kurang mencerminkan jika dalam pelaksanaaannya guru kurang menyiapkan materi ajar sehingga salah penyampaian kepada peserta didik.

  7. Nama : Lasri Afrioza
    NIM : 501133061
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
    Menurut pendapat saya, dari video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa;
    Sebelum memulai pelajaran, seorang guru harus mempersiapkan diri untuk dapat tampil maksimal dalam mengajar di kelas. Seorang guru harus menguasai materi serta dapat memberikan contoh terbaik kepada siswanya. Jika dikaitkan dengan prinsip dasar psikologis dan pedagogis, guru harus merancang dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, contohnya menyajikan materi pembelajaran dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok kemudian membaca kosakata secara bergantian di dalam kelompok. Salah satu siswa yang ada di dalam kelompok bisa dijadikan tutor sebaya dalam membantu anggota kelompok yang mengalami kesulitan. Kemudian jika dikaitkan dengan prinsip dasar teknologi, guru dapat memanfaatkan video pembelajaran yang ditayangkan dengan menggunakan infocus sehingga siswa dapat mengikuti cara pengucapan kosakata yang benar.

  8. Nama : Tri Listiyani
    NIM : 501223152
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bogor
    Manfaat dari mengamati video antara lain saya dapat mengetahui adanya kesalahan guru dalam pengucapan dalam Bahasa inggris. Guru kurang melakukan persiapan pembelajaran. Oleh karena itu sebaiknya seorang guru selalu melakukan persiapan pembelajaran karena guru merupakan model bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan bahasa secara maksimal. Dalam video kita dapat mengetahui variasi media pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan keterampilan berbahasa.
    Masukan dan Saran dari video antara lain guru harus melakukan persiapan dalam pembelajaran antara lain melakukan Latihan secara continue, menggunakan media audio misalnya mendengarkan rekaman native speaker, menggunakan media audio visual sehingga mempermudah siswa dalam pemahaman pembelajaran Bahasa Inggris. Variasi media pembelajaran dan metode pembelajaran yang dilakukan guru dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam meningkatkan keterampilan berbahasa inggris. Tidak hanya guru, siswa juga harus selalu berlatih dalam meningkatkan keterampilan berbahasa sehingga mempermudah komunikasi dalam berbahasa Inggris.

  9. Kanthi Asri
    UBPJJ Semarang

    Guru harus mempersiapkan segala sesuatunya, terutama banyak berlatih pronounciation/pengucapan agar anak tidak ikut salah. Dalam video tadi guru sudah menggunakan media audio visual, rekaman native speaker.

    cara lain dengan menggunakan cara sebagai berikut:

    1. Permainan dan Aktivitas Kelompok: Libatkan siswa dalam permainan dan aktivitas kelompok yang melibatkan pengucapan kosakata bahasa Inggris. Misalnya, Anda dapat menggunakan permainan berbasis tim seperti “Pictionary” di mana siswa harus menggambar kata yang telah dipelajari dan siswa lain harus menebak kata tersebut dan mengucapkannya dengan benar.

    2. Tongkat Ucapan: Gunakan tongkat ucapan atau papan tulis interaktif yang memungkinkan siswa melihat dan mempraktikkan pengucapan kosakata. Anda dapat menulis kosakata pada papan tulis dan meminta siswa untuk mengucapkannya dengan jelas menggunakan tongkat ucapan.

    3. Rekaman Siswa: Ajak siswa untuk merekam diri mereka sendiri saat mengucapkan kosakata bahasa Inggris. Kemudian, beri mereka kesempatan untuk mendengarkan kembali rekaman mereka sendiri dan memperbaiki pengucapan mereka berdasarkan umpan balik yang Anda berikan.

    4. Aplikasi dan Perangkat Lunak: Gunakan aplikasi atau perangkat lunak interaktif yang dirancang khusus untuk melatih pengucapan kosakata bahasa Inggris. Beberapa aplikasi populer termasuk “Duolingo,” “Rosetta Stone,” dan “Elsa Speak.”

    5. Role-Playing: Libatkan siswa dalam peran-peran bermain di mana mereka harus menggunakan kosakata dalam dialog atau situasi tertentu. Ini dapat membantu siswa mempraktikkan pengucapan secara kontekstual dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris.

  10. Kanthi Asri
    UBPJJ Semarang

    Guru harus mempersiapkan segala sesuatunya, terutama banyak berlatih pronounciation/pengucapan agar anak tidak ikut salah. Dalam video tadi guru sudah menggunakan media audio visual, rekaman native speaker.

    cara lain dengan menggunakan cara sebagai berikut:
    1. mengguanakan papan tulis interaktif yang memungkinkan siswa melihat dan mempraktikkan pengucapan kosakata. Anda dapat menulis kosakata pada papan tulis dan meminta siswa untuk mengucapkannya dengan jelas menggunakan tongkat ucapan.

    2. Ajak siswa untuk merekam diri mereka sendiri saat mengucapkan kosakata bahasa Inggris. Kemudian, beri mereka kesempatan untuk mendengarkan kembali rekaman mereka sendiri dan memperbaiki pengucapan mereka berdasarkan umpan balik yang Anda berikan.

    3. Gunakan aplikasi atau perangkat lunak interaktif yang dirancang khusus untuk melatih pengucapan kosakata bahasa Inggris. Beberapa aplikasi populer termasuk “Duolingo,” “Rosetta Stone,” dan “Elsa Speak.”

    4. Role-Playing: Libatkan siswa dalam peran-peran bermain di mana mereka harus menggunakan kosakata dalam dialog atau situasi tertentu. Ini dapat membantu siswa mempraktikkan pengucapan secara kontekstual dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris.

Leave a Reply