Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut.
Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.
–
Pakar Dosen
Video ini memberikan pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah terkait kesulitan guru dalam pronunciation beberapa kosa kata.
Permasalahan ditampilkan pada awal video dan dilanjutkan dengan saran tentang bagaimana guru mempersiapkan diri dengan berlatih terlebih dahulu.
Juga ditampilkan bagaimana guru dapat memanfaatkan rekaman audio/audio video penutur Bahasa Inggris mengucapkan kosa kata dengan benar.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Nama : OKNITA
NIM : 501132955
Setelah saya mengamati vidio ini menurut pendapat saya, dari video tersebut Sebelum memulai pelajaran, seorang guru harus mempersiapkan diri untuk dapat tampil maksimal dalam mengajar di kelas. Karena dalam pembelajaran di awal guru harus bisa dulu menyapa dan mengontrol kelasnya dan barulah Seorang guru harus menguasai materi serta dapat memberikan contoh terbaik kepada siswanya.
Dari video tersebut, dijelaskan bahwa, seorang guru tampak melakukan kesalahan dalam memberikan contoh pengucapan bahasa Inggris kepada siswa. Namun setelah KBM berakhir, guru tersebut menyadari akan kesalahannya, dia melakukan perbaikan untuk pertemuan berikutnya yaitu dengan berlatih sendiri pronunciation yang baik dan benar. Hal ini dia lakukan untuk dapat memberikan contoh pengucapan yang baik dan benar pada pertemuan berikutnya. Selain itu dia juga memberikan contoh pengucapan dari sumber lain yaitu dari native speaker sehingga siswa dapat memahami serta mempraktekkan pengucapan bahasa Inggris yang baik dan benar dan juga guru harus bisa melibatkan siswa dalam peran-peran bermain di mana mereka harus menggunakan kosakata dalam dialog atau situasi tertentu. Ini dapat membantu siswa mempraktikkan pengucapan secara kontekstual dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris.
kemudian dalam pembelajaran kelompok Libatkan siswa dalam permainan dan aktivitas kelompok yang melibatkan pengucapan kosakata bahasa Inggris. Misalnya, Anda dapat menggunakan permainan berbasis tim seperti “Pictionary” di mana siswa harus menggambar kata yang telah dipelajari dan siswa lain harus menebak kata tersebut dan mengucapkannya dengan benar.
Oleh karena itu video tersebut sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai seorang guru untuk selalu menyiapkan segala sesuatunya sebelum kita mengajar di kelas.
Menurut pendapat saya, sebelum mengajar sebaiknya guru lebih dahulu mempersiapkan diri terutama dalam hal penguasaan materi yang akan di belajar kan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan hasil pembelajaran juga bermakna bagi siswa. Khususnya dalam hal pengucapan kata dalam bahasa Inggris, guru juga perlu berlatih untuk menguasai sebelum menguslcapkannya didepan siswa.
NAMA : Reni Angraini
NIM : 501133205
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Pada tayangan video terlihat bahwa guru dengan percaya diri menjadi model dalam pronunciation. Namun percaya diri saja tidak cukup dalam menjadi model di pembelajaran, karena jika pengucapan kata- kata dalam bahasa Inggris, akan membuat artinya juga berbeda.
Pembelajaran menggunakan native speaker lebih bagus, karena akan membantu siswa dalam pengucapannya. Jika siswa terbiasa dengan pengucapan yang salah, maka akan menjadi kebiasaan bagi mereka sehingga sulit diperbaiki.
Nama : RUSLI FAHMI
NIM : 501223263
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bogor
Setelah melihat tayangan video tersebut saya semakin yakin bahwa persiapan guru sebelum menyampaikan pembelajaran betul-betul hal utama. Persiapan guru sebelum menyampaikan pembelajaran seperti pembuatan RPP, desain pembelajaran, penggunaan media dan alat peraga, serta hal lainnya sangat menentukan keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Dalam kasus seperti dalam video tersebut terlihat bahwa ada perbedaan pencapaian peserta didik antara guru yang mempunyai persiapan matang dalam pembelajaran dengan yang tidak. Sebelumnya guru tidak melatih pengucapan kosa kata dalam bahasa Inggris karena latihan dan persiapan yang kurang sehingga performa dalam penyampaian materi ajar tidak begitu baik. Setelah guru melatih dan bersiap penuh saat akan menyampaikan pembelajaran maka pembelajaran menjadi optimal dan dan ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik bisa lebih baik. Manfaat yang saya dapat setelah melihat video tersebut adalah saya lebih meyakini bahwa persiapan matang seorang guru wajib dilakukan agar pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan tujuannya. Video yang sangat menginspirasi.
Nama : WAHYU WIDYAWATI
NIM : 501333206
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Tayangan video yang berjudul ” Practices make Perfect ” memberikan pengetahuan bahwa diperlukan persiapan guru dan penggunaan media yang bermacam- macam dalam mengajarkan vocab kepada siswa. Dari video tersebut terlihat Guru salah mengucapkan beberapa kata dalam bahasa inggris. Guru merupakan sumber belajar pertama yang akan diikuti oleh murid dalam pengucapan vocab, maka guru harus menyiapkan diri yaitu dengan cara :
1. Belajar pengucapan kata yang benar, dengan cara Berdiri di depan cermin sambil memperhatikan bentuk mulut dan lidah ketika mengucapkan kata-kata.
2. Menggunakan media audio menggunakan native speaker.
3 menggunakan video visual, sehingga siswa dapat mendengar dan melihat langsung pengucapan kata.
Dengan persiapan yang matang akan lebih efektif proses pembelajaran dan murid akan mendapatkan pembelajaran yang benar dalam pengucapan kata bahasa inggris.
Nama : Novia Listiani
NIM : 501202808
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
pada hakikatnya sebelum guru mengajar khususnya tentang pronounciation, guru harus memiliki kecakapan yang bagus juga agar dapat menyampaikan kepada siswa benar bagaimana cara pengucapannya. karena ini bahasa asing tentunya latihan yang berulang memang dibutuhkan, misalnya dengan listening, reading, and speaking. sehingga nantinya tidak ada kesalahan ucap yang berujung pada kesalahan pengartian.
Nama : Susi Yanti
NIM : 501123994
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Seharusnya selaku guru Bahasa Inggris, Bapak tersebut dapat memberikan contoh pelafalan yang tepat dan benar terhadap mapel yang di ampunya. Disini terlihat sekali jika beliau tidak memiliki persiapan yang matang sebelum mengajar. Seharusnya sebelum mengajar Bapak ini sudah membuat perencanaan dengan langkah – langkah pembelajaran dan menyiapkan media penunjang jika memang disadari bahwa dia tidak bisa mencontohkan pelafalan yang benar. Kita sebagai guru merupakan contoh yang ditiru oleh siswa jadi kasihan jika siswa dicontohkan yang salah kemudian juga melakukan kesalahan. Kesalahan pada pengucapan bahasa inggris sangat besar pengaruhnya dalam kemampuan speaking maupun listening jika salah mengajarkannya maka akan kesulitan ktika digunakan dalan kehidupan nyata.
Saran saya sebaiknya siBapak menggunakan media you tube atau audio untuk pelafalan yang tepat dan benar. siswa juga mendapatkan pengajaran yang tepat dan benar, karena bahasa inggris sangat dibutuhkan dalam sosialisi kehidupan pad era digital dan terhadap perkebangan zaman. Bahasa inggris menjadi pengetahuan dasar yang sangat dibutuhkan
Nama : Rizkia Khairunnisa
NIM : 501574234
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Medan
Dari video pembelajaran yang telah disajikan, penting bagi kita sebagai seorang guru mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran di kelas. Karena sesungguhnya peserta didik percaya sepenuhnya kepada kita seorang guru. Jika dalam memberikan pelajaran kita sebagai seorang guru sudah salah, maka akan salah juga kepada peserta didik kita. Dalam contoh video ini adalah bagaimana cara guru salah dalam pengucapan vocabulary dalam bahasa Inggris. Namun, cara yang digunakan oleh guru sudah tepat dengan menggunakan media pembelajaran audio visual sehingga siswa dapat menirukannya secara langsung melalui media audio visual tersebut.
Nama : Ana Maharani Keban
NIM : 501202704
Prodi : MPDr
UPBJJ : Jakarta
Video pembelajaran ini memberikan pemahaman kepada saya tentang kesulitan yang dihadapai oleh guru dalam mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris secara tepat. Hal seperti ini mungkin juga dihadapi oleh rekan-rekan guru lainnya jika kurangnya persiapan sebelum pembelajaran. Dari video ini saya belajar bahwa seorang guru harus mempersiapkan dirinya dengan baik sebelum mengajar dan kesadaran untuk terus berlatih meningkatkan kompetensi dan keterampilan. Guru di video tersebut juga dapat memberikan banyak variasi metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan pengucapan seperti bermain peran, dialog percakapan, dan latihan melalui permainan. Dengan demikian, pembelajaran akan lebih menarik dan efektif.
Nama: SYOFRIADI
NIM: 501133022
Prodi: Magister Pendas
Manfaat yag saya dapt setelah menyaksikan video yaitu bahwa seorang guru harus memiliki persiapan yang matang sebelum memulai pembelajaran baik itu tentang strategi yang akan digunakan, media pembelajarn yang akan dipakai dan lain sebagainya, serta yang terpenting adalah guru harus menguasai materi yang akan disampaikannya. Selain itu untuk meminimalisisr kesalahan dalam pelafalan kata dalam bahasa inggris, guru bisa menggunakan alat bantu tape recorder atau menggunakan video pembelajaran.