Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut.

Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.

Video ini memberikan pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah terkait kesulitan guru dalam pronunciation beberapa kosa kata.

Permasalahan ditampilkan pada awal video dan dilanjutkan dengan saran tentang bagaimana guru mempersiapkan diri dengan berlatih terlebih dahulu.

Juga ditampilkan bagaimana guru dapat memanfaatkan rekaman audio/audio video penutur Bahasa Inggris mengucapkan kosa kata dengan benar.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

68 Comments

  1. Nama : Mia Kurniasih
    NIM : 501223217
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bogor

    berdasarkan video di atas, dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang guru kita harus menyiapkan materi yang benar sebelum memulai sebuah kelas. kita sebagai seorang guru adalah sosok penting dalam melatih seorang siswa untuk menghafal atau mengingat kosakata dalam bahasa inggris. kita bukan seorang native speaker, tapi alangkah baiknya kita memperhatikan pengucapan kita terlebih dahulu sebelum mengucapkan langsung kepada siswa.

  2. Nama : Nurul Nisa
    NIM : 501233074
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bandung
    Video pembelajaran ini bermanfaat dalam pembelajaran Bahasa inggris dengan mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan, membantu meningkatkan daya ingat dan pemahaman vocabulary secara lebih efektif. Pembelajaran Bahasa inggris dengan metode ini pun dapat membantu dalam pengembangan pronounciation, mempelajari budaya asing, menambah kosakata serta dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa
    saran : alangkah baiknya seorang guru mempersiapkan pembelajaran terlebih dahulu.

  3. Nama : Adinda Khoerunnisa
    NIM : 501233153
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Video ini memiliki fokus pada pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah. Penggalan pertama video menunjukkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata terkait dengan buah dan sayuran. Hal ini menunjukkan bahwa guru juga dapat menghadapi tantangan dalam pembelajaran bahasa Inggris, termasuk dalam hal pengucapan kata-kata yang mungkin baru atau sulit.

    Pada penggalan berikutnya, video menunjukkan bagaimana guru tersebut mempersiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih pengucapan. Ini adalah langkah yang baik, karena guru yang menguasai pengucapan yang benar dapat memberikan contoh yang baik kepada siswa. Latihan pengucapan dapat membantu guru memperbaiki kekurangan mereka dalam mengucapkan kata-kata yang sulit dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar kosa kata kepada siswa.

    Selain itu, video juga menyoroti cara lain dalam mengajarkan pengucapan kosa kata, seperti menggunakan rekaman suara native speaker atau menayangkan audio visual. Pendekatan ini dapat memberikan siswa contoh yang autentik dan mendengarkan pengucapan yang benar dari penutur asli, yang dapat membantu mereka memperbaiki pengucapan mereka sendiri. Menggunakan media seperti rekaman suara atau audio visual dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan membantu siswa terbiasa dengan variasi intonasi dan aksen yang berbeda.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh nyata dari pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah. Guru yang menghadapi kesulitan dengan pengucapan kata-kata dapat mencari cara untuk meningkatkan kemampuan mereka melalui latihan dan memanfaatkan sumber daya seperti rekaman suara native speaker atau audio visual. Dengan pendekatan ini, diharapkan guru dapat memberikan contoh yang baik dan membantu siswa meningkatkan kemampuan pengucapan dan pemahaman mereka dalam bahasa Inggris.

  4. Nama : Tri Suranto
    NIM : 501253123
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Setelah menonton video tersebut, sebelum pembelajaran guru perlu melakukan persiapan. Contohnya sebagai guru bahasa inggris harus bisa melafalkan kata dengan benar karena sebagai guru bahasa Inggris adalah orang pertama yang dapat dijadikan model untuk mengembangkan kompetensi komunikasi baik lisan maupun tulisan. Oleh sebab itu guru harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh agar dapat dijadikan model oleh para siswanya untuk mengembangkan keterampilan berbahasa secara maksimal. Sebelum memulai pengajaran guru harus melakukan persiapan dengan baik latihan cara pengucapan kata-kata yang akan diajarkan kepada murid sebelum memulai pengajaran, hal tersebut dapat dilakukan di depan cermin sambil memperhatikan bentuk mulut dan lidah ketika mengucapkan kata-kata.

    Media audio visual dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris kepada siswa. Dengan mendengarkan dan melihat langsung pengucapan kata-kata yang dipelajari maka siswa akan lebih mengerti bagaimana cara mengucapkan kata-kata tersebut .
    Terima kasih

  5. Nama : Tri Suranto
    NIM : 501253123
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Setelah menonton video tersebut, sebelum pembelajaran guru perlu melakukan persiapan. Contohnya sebagai guru bahasa inggris harus bisa melafalkan kata dengan benar karena sebagai guru bahasa Inggris adalah orang pertama yang dapat dijadikan model untuk mengembangkan kompetensi komunikasi baik lisan maupun tulisan. Oleh sebab itu guru harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh agar dapat dijadikan model oleh para siswanya untuk mengembangkan keterampilan berbahasa secara maksimal. Sebelum memulai pengajaran guru harus melakukan persiapan dengan baik latihan cara pengucapan kata-kata yang akan diajarkan kepada murid sebelum memulai pengajaran, hal tersebut dapat dilakukan di depan cermin sambil memperhatikan bentuk mulut dan lidah ketika mengucapkan kata-kata.
    Media audio visual dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris kepada siswa. Dengan mendengarkan dan melihat langsung pengucapan kata-kata yang dipelajari maka siswa akan lebih mengerti bagaimana cara mengucapkan kata-kata tersebut .
    Terima kasih

  6. Nama : Mohamad Saerofi
    NIM : 501343199
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Hal yang saya pelajari adalah guru harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh agar dapat dijadikan model oleh siswanya untuk mengembangkan keterampilan berbahasa secara maksimal. Berlatih mengucapkan kata-kata yang akan diajarkan kepada murid. Dapat pula mengunkaan media audio dalam mengajarkan kata-kata dalam Bahasa inggris. Media audio visual dapat digunakan dalam mengajarkan Bahasa inggris kepada siswa, siswa akan lebih mengerti kata-kata tersebut.
    Manfaat dari mempelajari video ini adalah kita sebagai guru harus menyiapkan diri secara sungguh-sungguh sebelum kegiatan pembelajaran, dan melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran seperti yang ditunjukkan pada video ini dengan menggunakan media audio visual dengan tujuan agar siswa dapat secara maksimal dalam belajar.
    Terimakasih

  7. Nama : Imania Ragasanti
    NIM : 501313268
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ: Samarinda

    Dalam video tersebut guru salah mengucapkan beberapa kata Bahasa inggris. Sebagian siswa guru adalah orang yang dijadikan model dalam mengembangkan kompetensi baik lisan maupun tulisan. Guru harus mempersiapkan diri sungguh-sungguh untuk dijadikan model oleh siswanya dalam keterampilan berbahasa Inggris secara maksimal.Sebelum memulai pembelajaran guru dapat mempersiapkan dengan melatih cara pengucapan kata-kata yang akan diajarkan kepada murid. Dapat pula menggunakan media audio dalam pengucapan bahasa Inggris, lewat rekaman asli dari Native Speaker sangat baik digunakan atau menggunakan media audio visual dengan mendengarkan dan melihat secara langsung siswa dapat lebih mengerti bagaimana mengucapkan kata-kata tersebut.

  8. Nama : Magdalena Seku Laka
    NIM : 501373073
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ: Kupang

    Setelah menyaksikan video diatas, dapat disimpulkan bahwa guru sebelum memulai kegiatan belajar mengajar perlu mempersiapkan diri secara matang. Bagi guru bahasa inggris jika salah dalam pengucapan maka akan berdampak langsung pada siswa. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan guru sebelum memulai pembelajaran yakni:
    1. Guru perlu merencanakan dengan cermat aktivitas pembelajaran, materi yang akan diajarkan dan strategi yang efektif
    2. Guru perlu menyesuaikan materi dan pendekatan pengajaran dengan tingkat pemahaman siswa
    3. Guru perlu membuat tujuan pembelajaran yang jelas dan terarah sehingga siswa memiliki pemahaman yang jelas setelah pembelajaran selesai

  9. NATALIA IDA ROHANA G
    501202009
    MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    JAKARTA
    Dari video tersebut saya belajar untuk mempersiapkan kemampuan dari materi yang akan saya ajarkan, mencari kebenaran dari pengucapan kata-kata yang akan saya ucapkan di depan siswa, jika kita memiliki kendala kurang yakin maka kita bisa menggunakan bantuan audio dari native speaker, jadi guru dan murid sama-sama belajar. Guru jangan ragu untuk memastikan kebenaran dalam pengucapan bahasa inggris karena akan fata akibatnya jika salah pengucapan.

  10. NAMA : FITRIYA DWI RAHAYU
    NIM : 501332845
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR

    Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengamati video pembelajaran “Practices Make Perfect”:
    1. Memahami pentingnya persiapan yang matang sebelum memulai pembelajaran, termasuk strategi yang akan digunakan, media pembelajaran yang akan dipakai, dan penguasaan materi yang akan disampaikan
    2. Mengetahui cara guru dapat memanfaatkan rekaman audio atau video penutur asli Bahasa Inggris untuk membantu dalam pengucapan kata-kata dengan benar
    3. Memahami pentingnya keterlibatan aktif guru dalam memastikan apakah siswa mengerti cara membaca atau mengucapkan kata-kata dengan benar
    4. Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kebanggaan siswa ketika mereka mengungkapkan pendapat mereka
    5. Memahami bahwa guru harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan siswa, yang merupakan salah satu tugas penting seorang guru

    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh nyata dari pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah, serta memberikan wawasan yang berguna bagi para pendidik dalam mempersiapkan dan menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih efektif

    Masukan dan saran terkait video pembelajaran “Practices Make Perfect” dari portal Guru Pintar:
    1. Kualitas gambar video perlu ditingkatkan, sehingga pengalaman menontonnya dapat lebih baik dan lebih menarik bagi para pengguna
    2. Memperhatikan pentingnya persiapan sebelum pembelajaran, termasuk latihan pengucapan dan penguasaan materi yang akan disampaikan, dapat menjadi fokus yang lebih ditekankan dalam video pembelajaran
    3. Memperluas cakupan materi dengan memberikan contoh konkret dan beragam terkait dengan pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah, sehingga video dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif bagi para pendidik
    4. Memperhatikan kebutuhan akan teknologi yang mendukung pembelajaran, seperti penggunaan infocus untuk menayangkan video pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih mudah mengikuti cara pengucapan kosakata yang benar.
    5. Menyediakan forum diskusi atau ruang bagi pengguna untuk berbagi pengalaman, pertanyaan, atau saran terkait dengan video pembelajaran, sehingga tercipta interaksi antara pengguna dan penyedia konten

Leave a Reply