Sinopsis

Sinopsis materi problem solving

a. Tujuan tayangan video dalam proses pembelajaran

Dalam materi ini, seorang Guru Ekonomi SMA menggunakan Cooperative Learning denga metode problem solving untuk materi Permasalahan Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi. Dengan menggunakan metode ini, siswa diajak untuk memahami apa saja permasalahan ketenagakerjaan dan merangsang siswa untuk mengatasi permasalahan tersebut.

b. Kekuatan dan Kelemahan
Membuka, mengisi dan menutup pelajaran:

Kekuatan: Ketika guru menyampaikan tujuan materi saat membuka, siswa akan mengetahui apa yang ia dapatkan dari mempelajari materi ini. Selain itu, siswa lebih banyak mengeksplorasi pengetahuan yang ia miliki. Hal itu akan berdampak dengan isi materi yang dikemukakan dan guru lebih mudah memberi kesimpulan di akhir pertemuan.

Kelemahan: Ketika guru menyampaikan materi pembuka pada awal pelajaran, siswa bisa jadi merasa bosan dengan pemberian materi yang tidak tepat oleh guru.

Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran:

Kekuatan: Dengan menggunakan pendekatan ini, siswa menjadi lebih aktif untuk mencari informasi mengenai materi yang diberikan oleh guru. Dengan begitu, siswa akan memahami materi sesuai dengan yang ia ketahui tanpa harus menghapal teori yang diberikan oleh guru.

Kelemahan: Ketika siswa menggunakan metode problem solving untuk belajar, terkadang siswa terlalu mengandalkan daya khayalnya sehingga pemecahan masalah yang sesuai.

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik:

Kekuatan: Ketika telah memasuki tingkat pendidikan SMA, model pembelajaran seperti ini dapat dikatakan sangat sesuai karena dalam keseharian mereka, karena siswa akan menggunakan metode ini ketika langsung terjun ke masyarakat atau bekerja.

Kelemahan: Kelemahan: Bagi sebagian siswa, kegiatan seperti ini cendrung dirasa kurang efektif karena bagi sebagian siswa, materi akan lebih dipahami ketika guru yang menjelaskan.

Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku:
Kekuatan: Kegiatan pembelajaran seperti ini sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku karena siswa banyak berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Kelemahan: Pengawasan yang kurang dari guru akan membuat materi yang disampaikan tidak sesuai dengan materi yang seharusnya diajarkan.

Auliadi Ahmad

Similar Posts

15 Comments

  1. Nama : Mila Suprapti
    Nim : 042730314
    Prodi : Pendidikan Ekonomi
    Setelah menyimak video pembelajaran model problem solving, hal yang unik yang dilakukan guru adalah dengan bernyanyi dan memegang spidol secara bergantian dan ketika lagu berhenti maka siswa yang terakhir memegang mendapat giliran untuk presentasi.
    Kelebihan metode problem solving ;
    1. melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan
    2. berpikir dan bertindak kreatif
    3. memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis
    4. mengidentifikasi dan melakukan penyelidikan
    5. menafsirkan dan mengevaluasi hasil pengamatan
    6. merangsang perkembangan kemajuan berpikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat
    7. dapat membuat pendidikan sekolah lebih relevan dengan kehidupan

  2. NIM : 043750548
    NAMA :TRI HARTINI
    PRODI : PENDIDIKAN EKONOMI

    Menurut saya, dalam video yang berkaitan dengan problem solving, cukup memakan Waktu. Pada Prosesnya, problem solving melibatkan langkah-langkah yang sistematis dan perlu dilakukan pengumpulan informasi sehingga waktu yang digunakan akan sia sia, jika tidak diperhatikan dengan sebaik baiknya jadi perlu di batasi waktu dan benar benar digunakan dengan baik. Meskipun begitu, menurut saya metode ini juga cocok digunakan pada materi materi yang berkenaan dengan penyelesaian masalah yang mengakibatkan konflik atau berhubungan dengan sebab akibat. Dalam metode ini peserta didik, diharapkan dapat Menyusun Langkah Langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah, berfikir lebih kritis, dan penalaran yang aktif lagi.

    terimakasih.

  3. NAMA : IPAH AGUSTIN
    NIM : 042999245
    PRODI: PENDIDIKAN EKONOMI
    Metode problem solving merupakan metode yang bagus untuk diterapkan di sekolah menengah atas, di mana peserta didik sudah mampu menganalisis, menggali informasi dan berpikir kritis. Metode ini memiliki kelebihan yaitu merangsang siswa berpikir dan bertindak kreatif, mampu memecahkan masalah secara realistis. Tetapi metode ini memiliki kelemahan juga yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menggali informasi dan menganalisisnya.
    Dapat dismpulkan juga metode ini adalah model yang memusatkan pembelajaran pada pemecahan suatu masalah sehingga siswa dapat memperkuat daya nalar dengan menyusun cara, strategi atau bebrapa teknik untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Terima kasih

  4. Nama: Sopiyanti
    Nim : 041099687
    Prodi: Pendidikan ekonomi
    Metode problem solving merupakan metode yang bagus untuk diterapkan di SMA, di mana peserta didik sudah mampu menganalisis, menggali informasi dan berpikir kritis. Metode ini memiliki kelebihan yaitu merangsang siswa berpikir dan bertindak kreatif, mampu memecahkan masalah secara realistis. Tetapi metode ini memiliki kelemahan juga yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menggali informasi dan menganalisisnya.
    Dapat dismpulkan juga metode ini adalah model yang memusatkan pembelajaran pada pemecahan suatu masalah sehingga siswa dapat memperkuat daya nalar dengan menyusun cara, strategi atau bebrapa teknik untuk menyelesaikan suatu permasalahan

  5. Assalamu’alaikum wr. wb…
    Bagus sekali metode yang d pakai, setelah saya melihat video pembelajaran di atas saya menjadi tertarik untuk mempraktikkannya karena metode pembelajaran problem solving ini lebih menekankan untuk siswa dapat aktif dalam pelajaran dan aktif untuk bisa menyelesaikan sebuah masalah jadi siswa akan lebih tau isi materi yang di sampaikan guru karena siswa berperan aktif dalam pelajaran dan penyelesaian masalah

    1
    0

Leave a Reply