Sinopsis
Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di awal, program menunjukkan siswa-siswa yang tampak mengalami kesulitan mempelajari Organel Sel yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi. Solusinya adalah menunjukkan contoh penggunaan alat bantu sederhana berupa Puzzle Organel Sel. Dalam pembelajaran, siswa menyusun puzzle sehingga terbentuk gambar utuh organel sel, kemudian mendiskusikan karakteristik organel tersebut. Pada pertemuan selanjutnya, siswa mempresentasikan hasil temuannya di depan kelas. Strategi ini melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran materi Organel Sel dan diharapkan pengalaman siswa tersebut membantu siswa untuk mengingat pelajaran yang membutuhkan kemampuan daya ingat tinggi, seperti Organel Sel.
–
Pakar Dosen
Tayangan video pembelajaran yang terkait dengan tujuan dalam proses pembelajaran yang dinarasikan oleh presenter, sesuai dengan judul dari video yang ditayangkan, yaitu bagaimana cara membelajarkan mengenai materi organel sel. Hal ini tampak pada 2 tayangan pembelajaran yang berbeda.
Pada pembelajaran tayangan pertama, saat membuka pembelajaran, guru cukup baik menyampaikan materinya, akan tetapi strategi dan metode yang diberikan belum begitu memberikan penguatan dalam pemahaman siswa mengenai materi yang diberikan. Sehingga siswa hanya berusaha membayangkan, mengingat, dan menyebutkan jenis organelnya. Tampak mereka berbisik saling bertanya dengan temannya. Pada tayangan ini tidak tampak ditayangkan bagaimana penutupan dan evaluasi pembelajarannyanya.
Pada tayangan kedua, pembelajaran sudah lebih baik dalam hal membuka pembelajaran, melakukan strategi, memberikan metode, media, dan evaluasi, yaitu untuk menggali pemahaman siswa digunakan metode dengan menggunakan alat peraga berupa puzzle. Sehingga murid lebih semangat dan lebih mudah memahami materi organel sel tersebut. Demikian pula pada saat menutup pembelajaran, guru cukup baik melakukannya dengan mengevaluasi, sehingga dapat mengeksplor pemahaman siswa mengenai organel sel dengan cara memberikanbeberapa pertanyaan yang harus diisi pada kertas kerja dan didiskusikan secara kelompok.
Ditinjau dari kesesuaian materi yang diberikan dengan tingkat perkembangan peserta didik sudah baik dan mudah untuk dilaksanakan, sertasudah sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SMP terhadap bahan dan cara kerja yang harus dilakukan.
Materi yang diberikan pada pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum yang berlangsung pada saat ini karena pada kurikulum 2013 yang direvisi tahun 2017 kelas VII, terdapat pembelajaran mengenai sel (organisasi sistem kehidupan) yaitu membuat model struktur sel.
Tayangan kedua pembelajaran ini cukup baik dan sesuai untuk diberikan kepada peserta didik timgkat SMP. Namun pada sinopsis dikatakan bahwa siswa mempresentasikan hasil diskusinya, akan tetapi pada tayangan, diakhir pembelajaran guru tidak mengatakannya.
Disarankan pada pembelajaran diberikan beberapa jenis puzzle untuk membedakan bagian dan orgen yang terdapat pada sel hewan dan tumbuhan.
Dra. Krisna Iryani, M.Si.
1. Analisis Hasil Pengamatan Video di GPO
a. Judul Video Pembelajaran yang diamati
Puzzle Organel sel, Temukan dan Satukan zzle Organel emukan dan Satukan
b. Metode/Model/Media yang digunakan.
Metode yang digunakan adalah cooperative learning
c. Tuliskan sintak/urutan langkah-langkah pembelajarannya (Kegiatan Awal, Kegiatan Inti, danKegiatan Penutup).
Kegiatan awal :
Guru sudah mengkodisikan duduk peserta didik dan sudah mendistribusikan media pembelajaran.
Kegiatan Inti :
Penugasan dengan cara bermain dengan puzzle dalam pembelajaran. Sehingga peserta didik tertarik dan semangat dalam kegiatan pemebelajaran.
Kegiatan Penutup :
Melakukan evaluasi
SEMOGA SARANA INI MENJADI TEMPAT KITA MEMPEROLEH PENGETAHUAN DAN SHARING MENGENAI CARA MENGAJAR YG BAIK SEHINGGA SISWA DAPAT CEPAT MEMAHAMI MATERI PELAJARAN YG KITA SAMPAIKAN
Tugas analisis pengamatan video GPO
1. Judul :
Puzzel Organel Sel , Temukan dan Satukan
2. Ringkasan isi video :
Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran yaitu berupa alat peraga puzzle pada mata pelajaran IPA materi tentang Organel Sel
3. Pengamatan pada Guru :
– Menginformaskan Tujuan Pembelajaran
– Apersepsi
– Memberikan Pekerjaan Siswa
– Memberikan Umpan Balik ( Sesi Tanya Jawab )
– Menyimpulkan pelajaran
– Evaluasi
Pengamatan pada siswa :
– Siswa mengerjakan Tugas Pembelajaran
– Siswa aktif bertanya
– Siswa aktif menjawab
– Siswa bekerjasama dengan teman sekelompoknya
Izin menanggapi video di atas
Menurut saya, pada video tayangan pertama belum menggunakan alat peraga (puzzle) sehingga siswa hanya membayangkan ataupun mengingat organel-organel sel.
pada video tayangan kedua menggunakan puzzle organel sel. Setiap siswa mendapat potongan Puzzle untuk disatukan sehingga terbentuk beberapa kelompok. Kegiatan pembelajaran tersebut terlihat menyenangkan karena didukung oleh alat peraga sederhana sehingga dapat membantu siswa mengingat materi yang dipelajarinya.
Pada sinopsis dikatakan bahwa siswa mempresentasikan hasil diskusinya, akan tetapi pada tayangan, di akhir pembelajaran guru tidak mengatakannya.
Pada pmbelajaran berikutnya disarankan membuat beberapa jenis puzzle sehingga siswa mampu membedakan sel Tumbuhan dan sel Hewan.
Analisis pengamatan video di GPO
A. Judul
Pazzel organel sel
B. Metode
Cooperative learning
C.langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan awal
Guru mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya tentang organel sel, baik nama dan fungsi
2. Kegiatan inti
Guru membagikan pazzel dan meminta siswa untuk menyesun pazzel, membuat kelompok dan memecahkan informasi bersama kelompok masing2.
3. Melakukan evaluasi
ANALISIS VIDEO GPO
NAMA : RATNA SARI
NIM : 043272213
PRODI : S1 PENDIDIKAN BIOLOGI
UPBJJ : JAKARTA
A. Video Pembelajaran Tayangan ke-1:
1. Judul Video
Judul Video : Puzzle Organel Sel, Temukan dan Satukan
Sumber Video : GPO
Link Video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2022/11/17/puzzle-organel-sel-temukan-dan-satukan/
2. Ringkasan Isi Video
Identitas Video :
Nama Tokoh : Siswa SMP
Nama Sekolah : SMP Taruna Mandiri
Deskripsi Video :
Di awal tayangan menunjukkan siswa-siswa yang tampak mengalami kesulitan mempelajari Organel Sel yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi.
3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video :
– Guru tidak mengucapkan salam,
– Guru tidak melakukan absensi, tidak menyapa siswa
– Guru tidak menggunakan media pembelajaran/alat peraga
4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video :
– Guru menguasai materi
– Melakukan apersepsi
5. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan :
a. Proses Pembelajaran
– Kegiatan Pembuka : Salam, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, apersepsi, motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Kegiatan Inti : menyampaikan materi pembelajaran menggunakan media pembelajaran/ alat peraga dan metode demonstrasi.
– Kegiatan penutup : membuat kesimpulan dan penugasan.
b. Penilaian
– Pengetahuan : Tes uraian
– Keterampilan : Praktik
B. Video Pembelajaran Tayangan ke-2:
1. Judul Video
Judul Video : Puzzle Organel Sel, Temukan dan Satukan
Sumber Video : GPO
Link Video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2022/11/17/puzzle-organel-sel-temukan-dan-satukan/
2. Ringkasan Isi Video
Identitas Video :
Nama Tokoh : Siswa SMP
Nama Sekolah : SMP Taruna Mandiri
Deskripsi Video :
Guru memberi salam dan menyapa siswa. Kemudian langsung memberikan penjelasan materi terkait puzzle organel sel dan memberikan penugasan.
3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video :
– Guru tidak melakukan apersepsi
– Guru tidak mengabsen siswa
– Tidak berdo’a
4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video :
– Guru menggunakan media/alat peraga
– Guru menguasi materi
5. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan :
a. Proses Pembelajaran
– Kegiatan Pembuka : Salam, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, apersepsi, motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Kegiatan Inti : menyampaikan materi pembelajaran menggunakan media pembelajaran/ alat peraga dan metode demonstrasi dan model pembelajran Discovery Learning.
– Kegiatan penutup : membuat kesimpulan.
b. Penilaian
– Pengetahuan : Tes uraian
– Keterampilan : Praktik
Nama : Ayu Septyani
NIM : 511073248
Prodi : MPDR
Pada video tentang “Puzzle Organel Sel, Temukan dan Satukan”, guru menggunakan alat peraga / media pembelajaran berupa puzzle untuk meningkatkan ingatan siswa pada materi Biologi. Jika tidak menggunakan alat peraga, di awal pembelajaran siswa tidak ingat dengan materi. Adanya diskusi kelompok yang juga berguna bagi siswa untuk menyampaikan pendapatnya dan menemukan keputusan bersama.
Media pembelajaran tidak harus yang mahal, jika ada media yang sederhana bisa dikembangkan oleh guru. Media pembelajaran yang inovatif dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Sebaiknya dalam kegiatan pembelajaran, guru tidak hanya mengajarkan siswa secara konvensional tetapi kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran, model pembelajaran, ataupun media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran serta kebutuhan siswa agar bisa tercapai pembelajaran.
Gunakan langkah-langkah pembelajaran dengan baik, jangan langsung ke inti pembelajaran tanpa kegiatan pendahuluan.
Nama: Nina Herlina
NIM: 501223184
Prodi: Magister Pendidikan dasar
asalamualaikum wr wb
isisn menanggapi video tersebut,
proses mengingat perlu adanya penguatan. pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa akan meningkatkan daya ingat siswa akan materi yang kita pelajari, sehingga kualitas proses pembelajaran akan meningkat.
penguatan dapat kita lakukan dengan menggunakan alat peraga dala kegiatan pembelajaran. Dengan penggunaan alat peraga, siswa ikut andil dalam kegiatan pembelajaran tersebut sehingga siswa tidak hanya menerima informasi yang diberikan oleh guru saja melainkan mereka juga mampu mengembangkan kemampuan mereka.
alat peraga tidaklah harus mahal, kita dapat membuat alat peraga sederhana contohnya seperti pada video tersbut yaitu dengan menggunakan puzzle. siswa mampu menemukan dan menyatukan puzzle yang dimiliki oleh setiap siswa yang kemudian dapat menjelaskan keterangan dari gambar yang mereka miliki.
dengan pembelajaran yang menyenangkan seperti ini, daya ingat siswa akan meningkat dan juga kualitas proses pembelajaran akan meningkat.
terimakasih.
Nama : DEVY RUSELVI
NIM : 501132851
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Padang
Manfaat yang saya dapat dari mengamati video pembelajaran “Puzzle Organel Sel, Temukan dan Satukan”, yaitu: Program video tersebut merupakan sebuah solusi untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mempelajari materi IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP), terutama dalam mempelajari Organel Sel yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi. Program video ini menunjukkan bagaimana sebuah alat bantu sederhana berupa Puzzle Organel Sel dapat membantu siswa memahami dan mengingat materi tersebut dengan lebih baik. Dalam video tersebut, siswa diajarkan untuk menyusun puzzle Organel Sel sehingga terbentuk gambar utuh organel tersebut, lalu mendiskusikan karakteristik organel tersebut. Dalam pertemuan selanjutnya, siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil temuannya di depan kelas. Dengan cara ini, siswa secara aktif terlibat dalam pembelajaran materi Organel Sel, dan diharapkan pengalaman tersebut membantu siswa untuk mengingat materi yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi, seperti Organel Sel. Program video tersebut memberikan ide yang inovatif dan kreatif dalam pembelajaran IPA (Biologi) di SMP. Strategi pembelajaran yang diusulkan dalam video tersebut melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami dan mengingat materi dengan lebih baik. Manfaat yang saya dapat, program video ini memberikan solusi yang baik untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mempelajari materi IPA, terutama dalam mempelajari materi yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi. Program video ini menunjukkan bagaimana sebuah alat bantu sederhana dapat membantu siswa memahami dan mengingat materi dengan lebih baik, dan memberikan ide yang inovatif dan kreatif dalam pembelajaran IPA.
Nama : Helen Ramona
NIM : 501133086
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Padang
Cara yang diusulkan dalam program video tersebut, yaitu menggunakan alat bantu sederhana berupa Puzzle Organ Sel untuk membantu siswa mempelajari Organ Sel dalam mata pelajaran Biologi di SMP, memiliki potensi untuk menjadi metode pembelajaran yang efektif. Berikut adalah beberapa alasan mengapa strategi ini dapat dianggap efektif:
Keterlibatan aktif siswa: Dalam pembelajaran ini, siswa aktif terlibat dalam menyusun puzzle dan berdiskusi tentang karakteristik organel sel. Dengan terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran, siswa memiliki kesempatan untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang topik tersebut.
Pembelajaran visual dan kinestetik: Penggunaan alat bantu seperti puzzle memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman visual dan kinestetik. Dengan menyusun puzzle, siswa dapat melihat secara konkret bagaimana organel-organel sel saling berhubungan dan membentuk gambaran utuh. Hal ini dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik dan memperkuat pengingatan mereka terkait materi tersebut.
Kolaborasi dan presentasi: Melalui presentasi hasil temuan di depan kelas, siswa memiliki kesempatan untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan memperkuat pemahaman mereka. Dengan berdiskusi dan berpresentasi, siswa dapat memperluas wawasan mereka dan memperkuat keterampilan komunikasi mereka.
Peningkatan daya ingat: Dalam strategi ini, fokus diberikan pada materi yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi, seperti mempelajari Organel Sel. Dengan menggunakan alat bantu visual seperti puzzle, siswa dapat mengasah kemampuan daya ingat mereka melalui pengalaman langsung dalam membangun dan menyusun bagian-bagian organel sel.