Similar Posts
Belajar Memahami Model Pembelajaran IPS Terpadu
Sinopsis Pada video ini memperlihatkan peran guru sebagai fasilitator. Guru berupaya melibatkan siswa pada setiap momen tertentu sehingga disamping merasakan dalam proses pembelajaran sebagai pengalaman langsung siswa, juga pengetahuan yang didapat tidak terpilah-pilah namun merupakan satu kesatuan utuh atau terpadu. Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mencoba dalam pembelajaran IPS…
Apakah Metode Role Playing Dapat Meningkatkan Peran Aktif Siswa Dalam Model Pembelajaran Sejarah
Sinopsis Program ini membahas tentang bagaimana seorang guru IPS di SMP melaksanakan pembelajaran sejarah perjuangan Diponegoro dengan cara bermain peran (role playing) yang dilaksanakan di luar kelas, dengan melibatkan siswa bermain perang-perangan antara pangeran diponegoro dengan jendral the kocle. Ary Purwatiningsih Pakar Dosen 1. Video ini dimaksudkan untuk membantu proses pembelajaran tentang kemampuan siswa dalam…
Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau
Sinopsis Didalam ruangan laboratorium IPA suatu SMP tampak beberapa kelompok siswa sedang melakukan percobaan, sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan. Bagaimana Seorang guru dapat mengaktifkan siswanya? Agar selama kegiatan praktikum berjalan dengan baik dan semua aktif, Guru tersebut…
Ayo Cintailah Lingkungan
Sinopsis Video ini memperlihatkan tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran demokrasi dan pelestarian lingkungan di SMP. Video ini menggambarkan kegiatan ektrakuler siswa dengan tema “Aku Cinta Lingkungan’, berbagai kegiatan siswa dalam kelompok melakukan kegiatan di sekitar lingkungan sekolah yang berkaitan dengan kegiatan kebersihan lingkungan, perawatan tanaman dan penghijauan lingkungan, dengan cara mereka melakukan diskusi dan…
Ayo Belajar dari Tokoh Idola
Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang…
Model Guided Discovey Learning pada Materi Getaran dan Gelombang
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Keaktifan dan kemandirian siswa adalah salah satu kunci dalam meningkatkan berpikir tingkat tinggi dan rasa keingintahuannya, salah satunya dengan memanfaatan alat peraga ataupun laboratorium sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran. Di era teknologi, guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar memudahkan siswa…
assalamualaikum
nama : Sartinah, S.Pd
Prodi : MPDr
NIM : 501152989
UT. Pekanbaru
izinkan saya memberi tanggapan dari video diatas dengan tema :Sering mengejek
Seorang guru harus faham betul dengan karakter siswanya dan lingkungannya serta kebutuhan siswa tersebut.
Untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan berbudaya positif perlu adanya pembiasaan nilai-nilai positif baik dalam pembelajaran maupun diluar jam pelajaran, hal ini tak lepas dari dukungan semua lingkungan pendidikan , orang tua, dan masyarakat.
Dengan demikian salah satu cara mengkondisikan kelas yang kondusif dengan nilai-nilai positif, maka guru bersama siswa terlebih dahulu bersama-sama berdiskusi membuat kesepakatan kelas, hal ini sangat membantu dan menjadi pembiasaan dan pedoman yang baik bagi siswa dan guru dalam menerapkan budaya positif dan anti kekerasan, sebab mengejek ini salah satu tindakan kekerasan berupa verbal, dan sangat tidak baik bagi lingkungan sosial siswa tersebut.
jika terjadi kesalahan yang sering mengejek apapun itu situasinya kepada siapapun dan apapun objek yang di ejeknya, maka ada strategi yang bisa guru terapkan yaitu
1. guru boleh membri teguran dan peringatan langsung kepada siswa, dan mengingatkan kepada keyakinan kelas yang telah disepakati bersama, tetapi dalam hal ini dari aspek psikologisnya guru tidak boleh sampai memalukan siswa.
2. ajarkan empati dan penghargaan, sayang menyayangi dan saling menghormati
3. bersama-sama mengingatkan aturan atau keyakina kelas yang telah dibuat bersama
4. guru boleh bersama-sama siswa berdiskusi mengenai sanksi yang sesuai jika melakukan pelanggran terhadap keyakinan tersebut
5. Membuat poster dan keyakinan kelas dan di tempel di dinding kelas, serta pembiasaan tentang budaya positif
Demikian tanggapan dari saya,,Trimks,,, salam santun ,wassalam
Nama ; Yuni Kartika
Nim : 501152957
Menurut saya yang dilakukan oleh guru tersebut sudah lah benar.Dengan menasehatinya diharapkan agar siswa anto dapat memahaminya bahwa sikap mengejek itu tidaklah tepat.jikalau cara itu tidak berhasil barulah diberikan sebuah pertanyaan yang cukup sulit membuat siswa anto mendapatkan efek jera agar tidak lagi mengejek temannya disaat salah menyampaikan jawaban .
Video tersebut pembelajaran tentang prilaku siswa yang kurang baik ketika ada salah satu siswa yang menjawab pertanyaan dengan jawaban salah terkadang ditertawakan hal ini adalah tindakan yang tidak terpuji dan harus di beritahukan kepada anak dari sedini mungkin karena ini sudah termasuk tindakan bullying yang berdampak buruk bagi seseorang anak yang sebagai korban.
Solusinya perlu sikap para guru untuk menangani nya langsung. Dengan memberikan pemahaman bahwa sikap mengejek adalah sikap yang tidak baik, dan guru harus melakukan pendekatan kepada si pelaku agar dia tidak merasa di rendahkan juga atas tindakannya. Agar ketika kita menasehati anak tersebut bisa menerima dan tidak memberontak.
1. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru memiliki karakter nya masing masing,termasuk siswa yang sering mengejek atau menertawakan teman nya saat menjawab salah .
2. secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran yang ada dividio tersebut menurut saya ialah tidak dapat memaksakan kebiasaan anak yang memiliki karakter tidak terpuji tersebut untuk berhenti mengejek teman saat menjawab salah.
3. dan secara keseluruhan juga kelebihan guru juga ada pada kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi anak didik yang masyaallah unik unik sekali, dan pengembangan karakter siswa harus dilakuakn terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan.
4. hal hal unik yang ditemukan guru saat melakukan pembelajaran ialah menertawakan teman saat menjawab salah .
guru telah memeberikan pemahaman bahawa mengejek tersebut akan memberi dapak tidak baik bagi yang di ejek maupun yang mengejek.dan telah mengajak siswa yang mengejek berdialog.seteleh dipantau siswa tersebut tidak memiliki perubahan sikap. guru pun memberikan pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
5. upaya yang dapat meningkatkan kualitas belajar berikutnya ialah guru mesti terus memperhatikan pengembangan karakter siswa harus dilakukan terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan .guru perlu mengarahkan karakter yang kuat agar siswa menjadi orang sukses kelak.
nama : rapipin
nim : 857228901
1. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelejaran yang dilakukan guru yang ada dividio tersebut memiliki reaksi dan sikap yang berbeda beda ,setiap siswa memiliki karakter masing masing termasuk yang menertawakan temannya saat menjawab salah.
2.kelemahan guru dalam mengajar sendiri ialah guru tidak dapat memaksakan sikap anak didik atau siswa nya untuk tidak memiliki sikap kurang terpuji seperti sering mengejek
3. tetapi ada juga kelebihan seorang guru ialah, memiliki sikap yang masyaallah super harus sabar untuk menhadapi karakter siswa yang unik unik tersebut.dengan berdialog dan memberi pemahan dengan kata yang sederhana dan dapat dipahami oleh setiap siswa.
4.hal unik yang ada didalam vidio dari guru saat melaksanakan pembelajaran ialah ada siswa yang yang menertawakan temennya saat menjawab salah. dan guru mencoba memberi pemahaman terhadap siswa nya bahwa sikap mengejek akan memeberi dampak tidak baik bagi yang di ejek maupun yang mengejek,guru juga mengajak berdialog siswa yang mengek
tetapi siswa yang mengejek tidak memiliki perubahan sikap ,guru pun dapat memebrikan pertanyaan yang sulit .
5.upaya untuk meningkatkan kualitas belajar ialah guru terus memperhatikan pengembangan karakter siswa harus dilakukan terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan . guru perlu terapkan karakter yang kuat agar menjadi orang yang sukses.