Similar Posts
Mengenal Bentuk Segitiga Berdasarkan Sisi dan Besaran Sudut
Sinopsis Video ini memperlihatkan strategi pembelajaran untuk mempermudah siswa SMP belajar mengenal berbagai bentuk segitiga. Strategi pembelajaran berbasis lembar kerja berupa kertas yang sudah berisi gambar berbagai berbentuk segitiga yang dipersiapkan oleh guru untuk masing-masing siswa. Gambar segitiga berwarna dalam bentuk kerangka maupun masif. Lembar kerja ini dijadikan objek oleh guru dan siswa untuk menjelaskan…
Pembelajaran Materi Organ Sel
Pakar Dosen Program video berisi strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk pembelajaran Organel Sel. Di awal, program menampilkan suasana kelas yang sedang melaksanakan ulangan menggunakan tes tertulis dan pelaksanaan ulangan dilakukan secara bersama-sama. Cara ulangan tersebut bila tidak diawasi dengan benar akan memberi peluang kepada siswa untuk melakukan kecurangan. Solusi yang…
Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan Alam
Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 7 sekolah menengah pertama. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah bahasa Indonesia, dengan materi “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan.” Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan sedikit mengenai materi tersebut, disertai contoh sebuah lukisan pemandangan yang terpajang di…
Puzzle Organel Sel, Temukan dan Satukan
Sinopsis Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di awal, program menunjukkan siswa-siswa yang tampak mengalami kesulitan mempelajari Organel Sel yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi. Solusinya adalah menunjukkan contoh penggunaan alat bantu sederhana berupa Puzzle Organel Sel. Dalam pembelajaran, siswa menyusun puzzle sehingga terbentuk gambar…
Membuat Slogan Lebih Bermakna
https://www.youtube.com/watch?=XHOmBV4js_E Sinopsis Video ini membahas permasalahan strategi pembelajaran bahas Indonesia dengan topik membuat slogan di kelas VIII. Pada video ini akan ditampilkan proses pembelajaran membuat slogan yang kurang berhasil. Strategi apa yang seharusnya digunakan guru agar tujuan pembelajaran dapat berhasil? Dalam video ini akan ditampilkan juga alternative pembelajarannya. Anda ingin tahu bagaimana alternatif pembelajarannya? Simaklah…
Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Pendek Dengan Kerja Kelompok
https://www.youtube.com/watch?=XHOmBV4js_E Sinopsis Program ini berisi cuplikan pembelajaran dengan pokok bahasan Unsur Intrinsik Cerita Pendek (cerpen). Dalam tayangan pertama, guru terjebak dalam pembelajaran “klasik” dengan model ceramah. Saat menjelaskan unsur intrinsik, guru hanya menjelaskan secara searah tentang definisi unsur intrinsik, seperti tema, alur, penokohan, dan latar. Saat akhir pembelajaran dan guru harus melakukan evaluasi, semua siswa…
assalamualaikum
nama : Sartinah, S.Pd
Prodi : MPDr
NIM : 501152989
UT. Pekanbaru
izinkan saya memberi tanggapan dari video diatas dengan tema :Sering mengejek
Seorang guru harus faham betul dengan karakter siswanya dan lingkungannya serta kebutuhan siswa tersebut.
Untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan berbudaya positif perlu adanya pembiasaan nilai-nilai positif baik dalam pembelajaran maupun diluar jam pelajaran, hal ini tak lepas dari dukungan semua lingkungan pendidikan , orang tua, dan masyarakat.
Dengan demikian salah satu cara mengkondisikan kelas yang kondusif dengan nilai-nilai positif, maka guru bersama siswa terlebih dahulu bersama-sama berdiskusi membuat kesepakatan kelas, hal ini sangat membantu dan menjadi pembiasaan dan pedoman yang baik bagi siswa dan guru dalam menerapkan budaya positif dan anti kekerasan, sebab mengejek ini salah satu tindakan kekerasan berupa verbal, dan sangat tidak baik bagi lingkungan sosial siswa tersebut.
jika terjadi kesalahan yang sering mengejek apapun itu situasinya kepada siapapun dan apapun objek yang di ejeknya, maka ada strategi yang bisa guru terapkan yaitu
1. guru boleh membri teguran dan peringatan langsung kepada siswa, dan mengingatkan kepada keyakinan kelas yang telah disepakati bersama, tetapi dalam hal ini dari aspek psikologisnya guru tidak boleh sampai memalukan siswa.
2. ajarkan empati dan penghargaan, sayang menyayangi dan saling menghormati
3. bersama-sama mengingatkan aturan atau keyakina kelas yang telah dibuat bersama
4. guru boleh bersama-sama siswa berdiskusi mengenai sanksi yang sesuai jika melakukan pelanggran terhadap keyakinan tersebut
5. Membuat poster dan keyakinan kelas dan di tempel di dinding kelas, serta pembiasaan tentang budaya positif
Demikian tanggapan dari saya,,Trimks,,, salam santun ,wassalam
Nama ; Yuni Kartika
Nim : 501152957
Menurut saya yang dilakukan oleh guru tersebut sudah lah benar.Dengan menasehatinya diharapkan agar siswa anto dapat memahaminya bahwa sikap mengejek itu tidaklah tepat.jikalau cara itu tidak berhasil barulah diberikan sebuah pertanyaan yang cukup sulit membuat siswa anto mendapatkan efek jera agar tidak lagi mengejek temannya disaat salah menyampaikan jawaban .
Video tersebut pembelajaran tentang prilaku siswa yang kurang baik ketika ada salah satu siswa yang menjawab pertanyaan dengan jawaban salah terkadang ditertawakan hal ini adalah tindakan yang tidak terpuji dan harus di beritahukan kepada anak dari sedini mungkin karena ini sudah termasuk tindakan bullying yang berdampak buruk bagi seseorang anak yang sebagai korban.
Solusinya perlu sikap para guru untuk menangani nya langsung. Dengan memberikan pemahaman bahwa sikap mengejek adalah sikap yang tidak baik, dan guru harus melakukan pendekatan kepada si pelaku agar dia tidak merasa di rendahkan juga atas tindakannya. Agar ketika kita menasehati anak tersebut bisa menerima dan tidak memberontak.
1. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru memiliki karakter nya masing masing,termasuk siswa yang sering mengejek atau menertawakan teman nya saat menjawab salah .
2. secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran yang ada dividio tersebut menurut saya ialah tidak dapat memaksakan kebiasaan anak yang memiliki karakter tidak terpuji tersebut untuk berhenti mengejek teman saat menjawab salah.
3. dan secara keseluruhan juga kelebihan guru juga ada pada kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi anak didik yang masyaallah unik unik sekali, dan pengembangan karakter siswa harus dilakuakn terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan.
4. hal hal unik yang ditemukan guru saat melakukan pembelajaran ialah menertawakan teman saat menjawab salah .
guru telah memeberikan pemahaman bahawa mengejek tersebut akan memberi dapak tidak baik bagi yang di ejek maupun yang mengejek.dan telah mengajak siswa yang mengejek berdialog.seteleh dipantau siswa tersebut tidak memiliki perubahan sikap. guru pun memberikan pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
5. upaya yang dapat meningkatkan kualitas belajar berikutnya ialah guru mesti terus memperhatikan pengembangan karakter siswa harus dilakukan terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan .guru perlu mengarahkan karakter yang kuat agar siswa menjadi orang sukses kelak.
nama : rapipin
nim : 857228901
1. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelejaran yang dilakukan guru yang ada dividio tersebut memiliki reaksi dan sikap yang berbeda beda ,setiap siswa memiliki karakter masing masing termasuk yang menertawakan temannya saat menjawab salah.
2.kelemahan guru dalam mengajar sendiri ialah guru tidak dapat memaksakan sikap anak didik atau siswa nya untuk tidak memiliki sikap kurang terpuji seperti sering mengejek
3. tetapi ada juga kelebihan seorang guru ialah, memiliki sikap yang masyaallah super harus sabar untuk menhadapi karakter siswa yang unik unik tersebut.dengan berdialog dan memberi pemahan dengan kata yang sederhana dan dapat dipahami oleh setiap siswa.
4.hal unik yang ada didalam vidio dari guru saat melaksanakan pembelajaran ialah ada siswa yang yang menertawakan temennya saat menjawab salah. dan guru mencoba memberi pemahaman terhadap siswa nya bahwa sikap mengejek akan memeberi dampak tidak baik bagi yang di ejek maupun yang mengejek,guru juga mengajak berdialog siswa yang mengek
tetapi siswa yang mengejek tidak memiliki perubahan sikap ,guru pun dapat memebrikan pertanyaan yang sulit .
5.upaya untuk meningkatkan kualitas belajar ialah guru terus memperhatikan pengembangan karakter siswa harus dilakukan terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan . guru perlu terapkan karakter yang kuat agar menjadi orang yang sukses.