silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Nurhayati
    NIM : 857078191
    prodi : S1 PGSD

    Berdasarkan video tersebut dapat ditemukan
    1. Data/fakta pembelajaran yang terjadi di kelas yaitu pertama-tama siswa tidak termotivasi dengan pembelajaran yang bersifat ceramah/monoton, siswa tidak mengingat pembelajaran sebelumnya, artinya pembelajaran yang terjadi tidak bermakna, siswa kesulitan mengingat rumus-rumus matematika. Guru langsung masuk pada materi tanpa melalukan pembukaan terlebih dahulu.

    2. Identifikasi masalah : siswa kesulitan menghapal rumus-rumus matematika dan motivasi belajar siswa kurang. Interaksi antar guru dan siswa kurang.

    3. Analisis masalah : pembelajaran yang dilakukan bersifat monoton menggunakan metode ceramah, pembelajaran berpusat pada guru. tidak ada tanya jawab antara guru dan siswa mengenai materi pembelajaran yang disampaikan.

    4. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah : penerapan media lagu matematika untuk memudahkan peserta didik mengingat kembali rumus- rumus dalam matematika.

  2. Nama : Tri Yuliana.S

    NIM : 858941704

    Menurut pendapat saya dalam video tersebut siswa sudah malas mempelajari matematika karena kesulitan dalam menghafal rumus – rumus Luas bangun datar sehingga guru mencari cara mengatasi masalah tersebut dengan bernyanyi nada burung kakak tua tetapi syairnya diganti dengan rumus Luas bangun datar dan dengan begitu siwa semakin aktif serta semangat untuk menghafal rumus matematika tersebut.

  3. Berdasarkan video tersebut, dapat dianalisiskan sebagai berikut :

    Identifikasi Masalah : Siswa kesulitan menghafal rumus luas bangun datar

    Penyebab Masalah : Guru hanya menggunakan metode ceramah

    Alternatif Pemecahan Masalah : Rumus luas bangun datar dibuat dalam bentuk lagu untuk dihafalkan dan dinyanyikan bersama

    Tujuan Perbaikan : agar siswa dapat menghafalkan rumus luas bangun datar dengan cara metode bernyanyi

    Bagi guru : meningkatnya kinerja guru dalam menerapkan strategi pembelajaran pada materi luas bangun datar

    Judul PKP : meningkatkan hasil belajar matemtika tentang rumus luas bangun datar dengan penggunaan metode bernyanyi pada siswa kelas IV SD

  4. nama : rosmala
    nim : 857078256
    Prodi : PGSD s1

    Identifikasi Masalah : Siswa kesulitan menghafal rumus luas bangun datar

    Penyebab Masalah : Guru hanya menggunakan metode ceramah

    Alternatif Pemecahan Masalah : Rumus luas bangun datar dibuat dalam bentuk lagu untuk dihafalkan dan dinyanyikan bersama

    Tujuan Perbaikan : agar siswa dapat menghafalkan rumus luas bangun datar dengan cara metode bernyanyi

    Bagi guru : meningkatnya kinerja guru dalam menerapkan strategi pembelajaran pada materi luas bangun datar

    Judul PKP : meningkatkan hasil belajar matemtika tentang rumus luas bangun datar dengan penggunaan metode bernyanyi pada siswa kelas IV SD

  5. Nama : Dinda Yunita
    Nim. : 858650936
    Prodi : S 1 PGSD

    Berdasarkan video diatas. Dapat disimpulkam bahwa .
    Siswa merasa bosan dan kurang berminat dalam pembelajaran matematika. Apalagi dalam hal menghafal rumus luas Bangun datar. Sedangkan guru hanya menggunakan metode ceramah, dimana siswa akan merasa bosan jika hanya menggunakan metode seperti itu. Dan setelah dianalisis akhirnya Guru mencari cara mengatasi masalah tersebut, dengan cara rumus luas bangun datar dibuat lagu atau nyanyian sehingga Siswa lebih mudah mencerna dan bisa lebih cepat menghafal rumus tersebut dan siswa bisa aktif kembali dalam pembelajaran matematika.

  6. Nama : Amelia Eka Putri Sitorus
    Nim : 856021611
    UPBJJ : Medan

    Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menganalisis bahwa terdapat kekurangan di awal video, yaitu :
    • Pada awal pembelajaran, tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika.
    • Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
    • Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
    • Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tercantum pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan minggu lalu tetapi tidak ada siswa yang mengingatnya.
    Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya, yakni :
    • Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
    • Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.

  7. NAMA : RIDHATUL ILMIYANTI
    NIM : 858691315
    UPBJJ UT SURABAYA

    Pada saat pembelajaran guru sudah melakukan pembelajaran dengan cara yang baik dan kreatif dengan cara memberikan pengajaran dengan cara yang asik yaitu menghafalkan rumus bangun datar dengan cara bernyanyi. hal ini lebih cepat diterima siswa daripada hanya menjelaskan tanpa adanya variasi dalam mengajarkannya jika pembelajaran dilakukan dengan cara yang kreatif dan asyik seperti itu dapat dipastikan siswa akan semakin semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika juga dapat lebih cepat menghafal rumus-rumus luas bangun datar tersebut.

  8. Nama : Lisda Manalu
    NIM : 857160708
    UPBJJ JAKARTA

    Berdasarkan video yang saya lihat,dalam melaksanakan pembelajaran matematika menghafal rumus guru tersebut hanya melakukan ceramah sehingga para siswa menjadi lebih bosan.Setelah melihat kondisi kelas seperti sangat membosankan,guru harus lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran dan harus memiliki cara untuk menarik perhatian siswa seperti yang dilakukan guru tersebut.Dan dapat di pastikan siswa akan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika dan lebih cepat menghafal rumus-rumus matematika tersebut.

  9. Nama= Nanda Alvia zahra
    Nim= 857078224
    Prodi= S1 PGSD

    1. Data/ fakta: pembelajaran dengan metode ceramah akan sangat membosankan untuk siswa. Dan tidak adanya motivasi membuat siswa cepat jenuh. Tanpa adanya awalan membuat siswa kurang aktif. Dan dengan metode ceramah siswa kesulitan mengingat rumus.
    2. Identifikasi masalah: siswa kesulitan menghafal rumus dan memahaminya dan kurangnya motivasi guru kepada siswa.
    3. Analisis masalah : pembelajaran dengan metode ceramah dengan berpusat kepada guru. Dan tidak adanya komunikasi antar siswa dan guru mengenai materi yang dipelajari.
    4. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah: penetapan media lagi untuk memudahkan peserta didik mengingat kembali rumus rumus. Dan menjadi lebih mudah di hafal.

  10. Nama : Syifa Nurseha
    Nim : 857077698
    Prodi : S1 – PGSD

    1. Mempelajari informasi/fakta yang disampaikan dalam kelas, yaitu. pertama, siswa tidak termotivasi oleh ceramah/pembelajaran yang monoton, siswa tidak mengingat pembelajaran sebelumnya, yaitu. pembelajaran yang berlangsung tidak bermakna, siswa. mengalami kesulitan mengingat rumus matematika

    2. Identifikasi masalah: siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika dan siswa kurang motivasi belajar

    3. Analisis masalah: pembelajaran berlangsung monoton melalui metode ceramah, pembelajaran guru

    4. Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah: Menerapkan Lagu Matematika untuk Memudahkan Penghafalan Rumus Matematika.

    Dari video terlihat siswa bersemangat menyanyikan lagu matematika dengan kata-kata dalam bentuk rumus matematika sehingga membuat siswa tertarik untuk menghafal rumus matematika.

Leave a Reply