silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Uttita Na’ma
    NIM : 858821491
    Prodi : PGSD

    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, pada awal pembelajaran terlihat siswa siswi kurang kondusif karena Pak Guru tidak melakukan apersepsi dengan baik. Cara penyampaian yang masih monoton membuat siswa-siswi merasa mudah bosan. Namun, ketika Pak guru mengubah strategi pembelajaran dengan menyanyi dan mengubah lirik menjadi rumus luas bangun datar membuat siswa-siswi antusias dan semangat belajar menghafal rumus-rumus matematika.

  2. Nama : BUDI MULIANA
    Nim : 857425677

    Berdasarkan video tersebut, dapat dianalisis bahwa pada awal pembelajaran terlihat para peserta didik tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran, banyak siswa yang gaduh, sibuk sendiri, dan ada juga yang tiduran. Namun karna guru tersebut yang sangat hebat dan mampu mengelola kelas sehingga dengan cepat guru tesebut dapat mengkondisikan siswa dengan baik serta menggunakan metode dan media belajar yang sangat baik sehingga para peserta didik dapat kembali fokus pada pembelajaan dan sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini terlihat jelas karena anak-anak semua ikut bernyanyi sambil menghafalkan rumus-rumus yang berkaitan dengan bangun datar.

  3. Nama : Zulkifli
    Nim. : 825565923

    Setelah saya menyimak vidio tentnag seorang guru sedang mengajarkan pembelajaran rumus matematika,saya melihat bahwasnnya guru tersebut terlalu monoton mengajar siswanya. Hal tersebut berdampak siswa tidak fokus memperhatikan pelajaran. Namun setelah itu guru tersebut membuat teknik mengajar yang berbeda, yaitu dengan cara mengubah lirik lagu dengan rumus matematika. Hal tersebut membuat siswa menjadi senang dan tertuju dengan pelajaran matematika tersebut.

  4. Nama : Tatya dinda m
    NIM : 858810546

    Setelah mengamati video tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya dengan metode pembelajaran ceramah yang digunakan tersebut kurang efektif sehingga siswa-siswi tersebut tidak memperhatikan penjelasan guru, membuat kelas tidak kondusif. Namun dengan diubahnya menjadi metode pembelajaran yang melafalkan rumus menggunakan syair nyanyian membuat ketertarikan siswa sehingga mereka mengikuti pembelajaran dengan baik. Pembelajaran yang dilakukan jadi menarik.

  5. Nama : Sonia Yuliani A
    NIM : 856073713

    Berdasarkan pengamatan melalui video tersebut, yang dapat saya analisis adalah guru kesulitan dalam mengajarkan anak dalam menghafal rumus-rumus matematika. cara yang dilakukan guru tersebut agar anak mudah mengingat rumus-rumus matematika tersebut dengan menyanyikan lagu yang liriknya diganti dengan rumus-rumus matematika. Metode yang digunakan guru tersebut sangat baik untuk diterapkan di kelas rendah. Dengan metode pembelajaran yang bervariatif, anak tidak mudah bosan dan memperhatikan pembelajaran. Dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik

  6. Nama : Erlita Syam
    NIM : 858423382
    PGSD 118 Semester 6 KOTA BALIKPAPAN

    Setelah melihat video pembelajaran di atas,dapat di simpulkan bahwa metode pembelajaran yang tidak menggunakan bantuan media seperti alat peraga ataupun berupa nyanyian hanya berpatokan pada materi yang di sampaikan di papan tulis menimbulkan pembelajaran yang sangat monoton .siswa tidak fokus terhadap penyampaian materi tersebut karena tidak adanya daya tarik yang membuat mereka bersemangat untuk belajar . Siswa pun ada yang mengalihkan pandangan seperti mengobrol,tidur ,dan bahkan lebih memilih bermain .
    Oleh karena itu,guru tersebut mempunyai solusi agar semua siswa nya berkonsentrasi dan terpikat pada pelajaran tersebut, yaitu merubah strategi pembelajaran dengan cara siswa di berikan nyanyian yang liriknya di ubah menjadi rumus matematika.siswa pun terpikat dan bersemangat serta dapat menghapal rumus – rumus bangun datar tersebut.dengan sangat baik, pembelajaran matematika pun dapat berjalan dengan lancar dan mudah di pahami oleh semua siswa .

    Sekian terimakasih.

  7. Nama: Nisa Lutfiana
    NIM: 857600939
    Prodi: PGSD-BI
    Setelah saya menonton video pembelajaran diatas, saya mengamati bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika, pembelajarannya juga terkesan monoton maka dari itu siswa lebih mudah bosan dan tidak bersemangat. namun, untungnya sang guru segera menyadari permasalahannya, lalu ia mencari strategi yang tepat supaya siswa dapat dengan mudah menghafal rumus matematika, kemudian guru mulai menemukan cara agar siswa mudah menghafal rumus matematika yaitu dengan cara bernyanyi bersama dengan lagu “Burung Kakak Tua” namun liriknya diganti dengan rumus matematika. dengan begitu siswa mudah menghafalkannya.

  8. Aisyah
    NIM : 857504869
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ Bandung

    pada hari pertama guru menyampaikan materi dengan metode ceramah sehingga anak merasa jenuh dan membosankan. Pada hari kedua, guru menyampaikan materi rumus matematika dengan metode bernyanyi dengan merubah syair lagu. anak merasa senang dalam pembelajaran matematika

  9. Nama : Fifiola
    NIM : 856456163
    Semester : 6

    Guru seharusnya melihat keadaan siswa terlebih dahulu, jika ribut jangan langsung mulai pelajaran. alangkah lebih baiknya memperbaiki bagian pembuka pelajaran ahar anak siap untuk belajar. lalu rumus penjumlahan pecahan sudah jadi, tanpa dibuatkan tahapan yang diambil dari kesimpulan berupa rumus dan siswa tidak dilibatkan secara aktif.

  10. Nama : Winda Tri Khulaida
    Nim : 856456339
    UPBJJ : Pekanbaru
    Setelah saya melihat video di atas maka saya dapat menganalisis kesulitan menghafal rumus matematika.
    Dalam video tersebut siswa sangat kesulitan dalam menghafal rumus matematika. Dalam pembelajarannya juga sangat monoton atau sangat tidak menarik sehingga siswa sulit untuk memahami rumus matematika tersebut. Alhamdulillahnya guru tersebut cepat tanggap saat adanya permasalahan tersebut sehingga guru dapat mencari solusi bagaimana cara cepat untuk dapat menghafal rumus matematika. Guru tersebut juga telah menemui bagaimana caranya sehingga mereka diajak bernyanyi bersama menyanyikan burung kakak tua dengan mengganti liriknya dengan rumus matematika kemudian dengan begitu siswa dapat sangat mudah untuk menghafal rumus tersebut .

Leave a Reply