silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Mutiara Tagrita
    NIM : 857311555

    Hasil pengamatan saya terhadap video tersebut suasana pembelajaran di dalam kelas sangat bergantung kepada guru. Saat guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang luas bangun datar, siswa langsung bersorak gaduh. Suasana kelas langsung tidak kondusif dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik. Saat ditanya mengenai rumus luas bangun datar, siswa tidak ada yang menjawab. Saat guru bertanya kepada siswa apakah sudah memahami materi yang dijelaskan, siswa pun kompak menjawab “tidak.”. Melihat hal tersebut, Pak guru langsung berinisiatif mengganti metode belajar menjadi pembelajaran yang melafalkan rumus menggunakan lagu sehingga membuat siswa menjadi antusias dalam belajar, fokus mereka kembali tertuju kepada Pak guru karena tertarik dengan lagu yang akan dinyanyikan. Setelah Pak guru mengeluarkan media ajar berupa lirik lagu dan mengajak siswa untuk bernyanyi bersama-sama, siswa jadi bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan pembelajaran yang dilakukan jadi lebih menarik.

  2. setelah memperhatikan videp pembelajaran diatas, dapat disimpulkan kendala yang dialami oleh guru dalam proses pembelajaran :

    1) Kurangnya ketertarikan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran karena kesan pertama yang diberikan oleh guru kurang menarik perhatian siswa dan secara tidak langsung membangun konsep pemikiran siswa yang negatif terhdapa materi yang akan diajarkan seperti materi yang membosankan ataupun materi yang sulit.

    Setelah beberapa saat guru memiliki metode lain, yaitu menggunakan sarana lagu untuk menyampaikan pembelajaran rumus matematika. Hal ini sedikit meningkatkan ketertarikan siswa pada proses pembelajaran, sehingga siswa mulai mampu menghafal rumus matemetika tersebut.

    2)

  3. Nama : Nur Avivah
    NIM : 857153931
    PRIODI: S1 PGSD Masukan Sarjana
    UPBJJ : Jakarta
    Asalamualaikum Wr.Wb
    Setelah saya menonton vidio ” Siswa kesulitan Mengahafal Rumus Matematika” ada beberapa hal yang saya pelajari dan di terapkan di kelas:
    1.Metode Ceramah dalam belajar Matematika secara tidak langsung tidak menarik siswa untuk semangat belajar matematika.
    2.Metode Pembelajaran untuk belajar Matematika lebih baik menggunakan beberapa alat peraga terutama dalam hal hal mengenai materi tentang bangun datar agar siswa mengetahui apa itu bangun datar tersebut
    3.Setelah siswa mengetahui benda apa saja yang termasuk benda bangun datar siswa baru di ajarkan menghafalkan rumus dengan bernyanyi salah satunya yakni seperti vidio di atas agar siswa cepat menghafal rumus-rumus bangun datar.

    Wasalamualaikum Wr.Wb

  4. Nama : NUR RIFDA ZAIRINA
    NIM : 858734367
    Prodi : S1 – PGSD BI
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional / PDGK4501
    Seri : Pembelajaran Matematika SD
    Judul Video : Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika

    Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menganalisis bahwa terdapat kekurangan di awal video, yaitu :
    • Pada awal pembelajaran, tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika.
    • Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
    • Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
    • Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tercantum pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan minggu lalu tetapi tidak ada siswa yang mengingatnya.
    Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya, yakni :
    • Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
    • Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.

  5. Nama : NUR RIFDA ZAIRINA
    NIM : 858734367
    Prodi : S1 – PGSD BI
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional / PDGK4501
    Seri : Pembelajaran Matematika SD
    Judul Video : Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika

    Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menganalisis bahwa terdapat kekurangan di awal video, yaitu :
    • Pada awal pembelajaran, tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika.
    • Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
    • Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
    • Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tercantum pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan minggu lalu tetapi tidak ada siswa yang mengingatnya.

    Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya, yakni :
    • Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
    • Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.

  6. Nama : NUR RIFDA ZAIRINA
    NIM : 858734367
    Prodi : S1 – PGSD BI
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional / PDGK4501
    Seri : Pembelajaran Matematika SD
    Judul Video : Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika

    Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menganalisis bahwa terdapat kekurangan di awal video, yaitu :
    • Pada awal pembelajaran, tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika.
    • Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
    • Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
    • Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tercantum pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan minggu lalu tetapi tidak ada siswa yang mengingatnya.

    Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya, yakni :
    • Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
    • Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.

  7. Nama : anak agung Ngurah bija putra
    Nim : 859010918

    pemelajaran diatas pak guru mengalami kesulitan bagaimana mengajarkan siswa agar mampu mengingat rumus matematika sehingga memudahkan pak guru mengajarkan pelajaran matematika.
    pak guru menyadari akan kelamahannya tersebut . hal yang dilakukan pak guru untuk memperbaiki kendalam yang dialaminya adalah dengan memodifikasi sebuah nyanyian untuk membantu siswa menghafal dan mengingat sebuah

  8. Nama : Faradilla Cholilah Maharani
    NIM : 858851527
    Prodi : PGSD-BI

    Setelah saya mengamati video diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran. Di awal guru hanya menjelaskan secara konvensional sehingga siswa tidak paham tentang materi yang sedang dipelajarinya. Akhirnya guru menggunakan cara dengan bernyanyi lagu yang dikenal oleh anak-anak dengan mengubah lirik lagunya sesuai dengan materi yang di sampaikan. Terlihat siswa lebih tertarik dan paham dengan materi yang disampaikan.

  9. Nama : Septa Rizka
    Nim : 856 336 395
    Prodi : PGSD BI
    Pendapat saya setelah menonton video tersebut adalah saya menemukan sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika. Penyebabnya adalah dikarenakan proses pembelajarab yang kurang menarik atau monoton dan juga tidak adanya penanaman konsep rumus matematika yang mudah dipahami siswa. Dari video yang saya simak, guru tersebut memberikan trik supaya siswa mudah menghafal rumus matematika dengan cara menggunakan sebuah lagu yang liriknya berisi rumus luas bangun datar. Menurut saya, trik tersebut sepertinya kurang tepat diberikan kepada siswa, karena dengan sebuah lagu juga sifatnya menghafal bukan memahami konsep rumus luas bangun datar. Karena untuk membuat siswa paham dengan konsep luas bangun datar, sebaiknya bukan melalui metode menghafal tetapi memahami. Gunakan metode yang menghubungkan dengan kehidupan sehari – hari atau nyata. contohnya, guru tersebut bisa menggunakan media benda benda konkrit yang berbentuk bangun datar lalu diterapkan ke anak – anak yang mana panjang, yang mana lebar dan luas. Berikan trik rumus luasnya. Trims

  10. Nama : Meri agustin
    Nim : 856991466
    Kelas : 6 (b)
    Prodi : 118/PGSD-S1

    Judul Vidio : siswa kesulitan menghafal rumus matematika

    Kelemahan
    1. Guru tidak memperhatikan siswa apakah siswa siap untuk belajar.
    2. Siswa tidak fokus untuk belajar
    3. Guru tidak menguasai kelas sehingga mengakibatkan keributan di dalam kelas.
    4. Guru juga tidak memberikan rangsangan stimulus terlebih dahulu, tiba-tiba langsung memberikan materi.
    5. Guru tidak menggunakan media belajar yang baik untuk mempermudah siswa dalam menerima pelajaran

    Kelebihan
    1. Guru tersebut mampu menciptakan lagu yang syairnya diubah menjadi rumus bangun datar.
    2. Guru memberikan cara mudah dalam menjelaskan perkalian.
    3. Guru melakukan sesi tanya jawab kepada siswa dengan tujuan apakah siswa paham perkalian dasar .

Leave a Reply