silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama :Elda Salwa Habibah
    Nim : 858906731
    Program study : PGSD

    “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika”

    Dalam vidio yang saya tonton pada tahap awal keadaan siswa dalam proses belajar merasa jenuh karena guru menyampaikan materi yang akan dipelajari adalah tentang rumus matematika(rumus bangundatar) .Hal ini pasti sering terjadi dalam kelas dikarenakan kebanyakan siswa sulit menghafal rumus matematika yang dianggap adalah hal yang membosankan,sulit dihafal atau malas menghafal karena metode pembelajarannya membosankan. Karena siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika (bangun datar) dengan cara pembelajaran yang monoton .
    Kelebihan yang saya dapat dari vidio ini adalah solusi yang diberikan oleh guru dalam menyikapi permasalahan yang ada dikelas yaitu dengan mengubah metode pembelajaran cara menghafal rumus matematika dengan cara bernyanyi bersama artinya lagu lagu yang sering mereka temui atau tidak asing siswa dengar bisa dijadikan cara untuk menghafal sebuah rumus matematika dengan mengubah sairnya menggunakan rumus matematika .Dan solusi ini jelas membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah menghafal rumus rumus bangun datar.
    Saran atau tambahan dari saya mengenai vidio tadi yaitu guru hendaknya melakukan latihan atau pembealajaran seperti game yaitu melanjutkan setiap lirik dari nyanyian tadi yang berkaitan dengan rumus matematika (bangun datar ) pada setiap siswa guna menambah pemahaman siswa dalam menghafal dan memahami rumus tersebut .Bagi siswa yang berhasil guru harus memberikan apresiasi kepada siswa seperti hadiah kecil,seperti tepuk tangan kemudian komentar yang membangun atau hadiah berupa barang .Guna menambah semangat siswa dalam belajar.Jika pembelajaran dilaksanakan seperti ini insyaallah proses pembelajaran agar terlaksana dengan efektif.

  2. Nama : Syahda Septiana Rizqi Ananda
    NIM : 858783829
    Pada video pembelajaran Menurut saya strategi yang digunakan guru untuk mengatasi masalah siswa yang kesulitan mengingat rumus matematika sudah tepat yaitu dengan menggunakan lagu sebagai alat pembelajaran. Selain itu strategi ini berhasil menarik perhatian siswa dimana siswa pada awalnya terlihat kurang bersemangat dan tidak memperhatikan guru. Namun penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya cocok untuk hafalan jangka pendek.
    Rumus luas bangun ruang merupakan salah satu materi yang perlu dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui hafalan melainkan melalui pemahaman dan penguasaan konsep.
    Agar siswa menguasai dan memahami konsep-konsep matematika, alangkah baiknya jika guru tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi juga metode diskusi atau tanya jawab untuk membantu siswa lebih memahami dan menguasai mata pelajaran.
    untuk anak anak apalagi jaman sekarang metode ini membantu untuk menghafal rumus anak anak akan lebih mudan untuk mengingat dan mudan untuk diulang setiap hari karena menggunakan lagu atau nada yang sering mereka dengar
    Terima kasih 

  3. Nama : NUR RIFDA ZAIRINA
    NIM : 858734367
    Prodi : S1 – PGSD BI / Kelas 2B
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional / PDGK4501
    Seri : Pembelajaran Matematika SD
    Judul Video : Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika

    Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menganalisis bahwa terdapat kekurangan di awal video, yaitu :
    -Pada awal pembelajaran, tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika.
    -Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
    Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
    -Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tercantum pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan minggu lalu tetapi tidak ada siswa yang mengingatnya.

    Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya, yakni :
    -Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
    -Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.

  4. NAMA : FITRI NURHANDAYANI
    NIM :856813782

    Setelah saya mengamati video pembelajaran di atas. Saya menemukan sebuah permasalahan ketika proses belajar yaitu mengenai pembelajaran matematika menggunakan rumus jadi, siswa siswa didalam kelas itu sedikit kesulitan dalam menghafal atau mengingat rumus dan juga dari penyampaian pembelajaran oleh pak guru tersebut terlalu monoton sehingga membuat para siswa itu kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh pak guru tersebut. Sehingga proses pembelajaran matematika kurang efektif tetapi guru tersebut mempunyai metode yang bisa menarik perhatian siswa dengan cara menghafalkan rumus menggunakan metode bernyanyi dengan nada “burung kakak tua” sehingga dengan metode ini anak anak lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran karena bagi siswa menghafal sambil bernyanyi itu mengasyikkan.

  5. Nama: Putri Yuni Pratiwi
    Nim: 857498432
    Prodi: PGSD
    Pokjar Cicalengka, Bandung
    Pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas adalah pada awal pembelajaran guru tidak menyapa siswa dan tidak mengucapkan salam, kemudian tidak menyuruh siswa untuk melakukan do’a sesuai agama yang dianutnya masing-masing sehingga kegiatan awal pembelajaran kurang khidmat serta guru tersebut tidak mengecek kehadiran siswa siswi yang ada dikelasnya. Selain itu apersepsi yang dilakukan guru tersebut hanya sedikit maka kegiatan guru dengan siswa kurang berjalan dengan baik. Pada saat menjelaskan materi mengenai rumus luas bangun datar guru tersebut cenderung hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa siswi kesulitan dalam menghafal rumus matematika dan membuat siswa jenuh, bosan, mengantuk dan tidak ada semangat belajar. Namun ditengah pembelajaran guru menyadari permasalahannya dia dalam mengajar. Guru tersebut kemudian mengubah metode belajar dengan cara bernyanyi bersama agar siswa mudah menghafal rumus luas bangun datar dengan judul “Burung Kakak Tua”. Siswa pun mulai bersemangat dan bernyanyi bersama selama proses pembelajaran berlangsung sampai dengan selesai.

  6. Nama: Putri Yuni Pratiwi
    Nim: 857498432
    Prodi: PGSD
    Pokjar Cicalengka, Bandung
    Pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas adalah pada awal pembelajaran guru tidak menyapa siswa dan tidak mengucapkan salam, kemudian tidak menyuruh siswa untuk melakukan do’a sesuai agama nya masing-masing sehingga kegiatan awal pembelajaran kurang khidmat serta guru tersebut tidak mengecek kehadiran siswa siswi yang ada dikelasnya. Selain itu apersepsi yang dilakukan guru tersebut hanya sedikit maka kegiatan guru dengan siswa kurang berjalan dengan baik. Pada saat menjelaskan materi mengenai rumus luas bangun datar guru tersebut cenderung hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa siswi kesulitan dalam menghafal rumus matematika dan membuat siswa jenuh, bosan, mengantuk dan tidak ada semangat belajar matematika. Namun ditengah pembelajaran guru menyadari permasalahannya dia dalam mengajar. Guru tersebut kemudian mengubah metode belajar dengan cara bernyanyi bersama agar siswa mudah menghafal rumus luas bangun datar dengan cara mengganti lirik lagu yang berjudul “Burung Kakak Tua” menjadi rumus matematika tentang luas bangun datar. Siswa pun mulai bersemangat dan bernyanyi bersama selama proses pembelajaran berlangsung sampai dengan selesai.

  7. Nama: Putri Yuni Pratiwi
    Nim: 857498432
    Prodi: PGSD
    Pokjar Cicalengka, Bandung
    Pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas adalah pada awal pembelajaran guru tidak menyapa siswa dan tidak mengucapkan salam, kemudian tidak menyuruh siswa untuk melakukan do’a sesuai agama nya masing-masing sehingga kegiatan awal pembelajaran kurang khidmat serta guru tersebut tidak mengecek kehadiran siswa siswi yang ada dikelasnya. Selain itu apersepsi yang dilakukan guru tersebut hanya sedikit maka kegiatan guru dengan siswa kurang berjalan dengan baik. Pada saat menjelaskan materi mengenai rumus luas bangun datar guru tersebut cenderung hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa siswi kesulitan dalam menghafal rumus matematika dan membuat siswa jenuh, bosan, mengantuk dan tidak ada semangat belajar matematika. Namun ditengah pembelajaran guru menyadari permasalahannya dia dalam mengajar. Guru tersebut kemudian mengubah metode belajar dengan cara bernyanyi bersama agar siswa mudah menghafal rumus luas bangun datar dengan cara mengganti lirik lagu yang berjudul “Burung Kakak Tua” menjadi rumus matematika tentang luas bangun datar. Siswa pun mulai bersemangat dan bernyanyi bersama selama proses pembelajaran berlangsung sampai dengan selesai.

  8. Nama : Sella Awalia
    Nim : 855993886
    Pokjar : Serdang Bedagai

    Setelah mengamati video tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya dengan metode yang dilakukan guru di awal pembelajaran tersebut kurang efektif sehingga siswa-siswa tersebut tidak memperhatikan penjelasan guru dan membuat kelas menjadi tidak kondusif, guru menyampaikan pembelajaran terlalu monoton sehingga siswa merasa bosan dan tidak semangat untuk mengikuti pelajaran. Namun dengan diubahnya menjadi metode pembelajaran yang melafalkan rumus matematika dengan cara bernyanyi membuat siswa tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Dan siswa juga akan lebih mudah dalam menghafal rumus matematika.

  9. Nama : NURHIDAYATI
    NIM : 858162245

    Berdasarkan video diatas dapat disimpulkan bahwa:
    1. Fakta yang terjadi di kelas adalah pada awalnya siswa kurang merespon, tidak antusias, ramai sendiri, membuat gaduh, dan bahkan ada yang tiduran. Hal itu disebabkan karena pembelajaran yang diberikan oleh guru bersifat monoton yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran Matematika pada materi rumus bangun datar, sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam pembelajaran, bahkan kesulitan dalam menghafal rumusnya
    2. Identifikasi masalah : siswa kesulitan dalam menghafal rumus-rumus bangun datar dalam matematika dan rendahnya motivasi dalam belajar
    3. Analisis masalah : pembelajaran yang dilakukan bersifat monoton yaitu dengan menggunakan metode ceramah, dan pembelajaran berpusat pada guru
    4. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah : penerapan metode lagu dalam pembelajaran matematika untuk memudahkan siswa dalam menghafal rumus-rumus bangun datar

    Kesimpulan: dengan menggunakan metode lagu rumus matematika siswa akan menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran matematika, dan akan menimbulkan daya tarik serta keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

  10. Nama : Tita Rahma Yunita
    Nim : 858781327

    Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, menurut saya peserta didik kurang tertarik akan materi pembelajaran yang guru sampaikan sehingga membuat peserta didik ramai sendiri dan tidak dapat fokus dalam pembelajaran. Saat diawal guru menggunakan metode ceramah dapat dilihat peserta didik yang tidak tertarik akan materi yang disampaikan, akan tetapi guru dapat segera memahami situasi yang ada dan mengambil strategi yang tepat dengan mengganti metode pembelajaran yang dapat lebih menarik minat peserta didik yaitu dengan mengajak bernyanyi rumus bangun ruang dengan lagu burung kakak tua yang diganti liriknya. Sehingga dapat membantu siswa dalam menghafal dan memahami rumus bangun ruang dengan menyenangkan dan menarik.

Leave a Reply