Similar Posts
Jumlah Ukuran Sudut dalam Segitiga
Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya seorang guru menanamkan konsep tentang jumlah ukuran sudut dalam segitiga melalui pembuktian yang dilakukan secara intuitif dengan menggunakan alat peraga bangun segitiga yang dibuat dari karton dan peragaannya dilakukan oleh para siswa secara berkelompok. Dra. Yumiati, M.Si. Pakar Dosen – Pakar Guru –
Menjadi Pembaca Berita BMKG
Sinopsis Kesulitan siswa dalam memahami dan membaca gejala-gejala alam. Guru kesulitan untuk menciptakan media dan metode membelajarkan membaca berita BMKG melalui gejala-gejala alam. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami tentang konsep atmosfer dan hidrosfer pada gejala-gejala alam. Video ini menggambarkan strategi pembelajaran dengan model membelajarkan gejala-gejala alam melalui…
Memahami Materi Perang Dunia II dengan Materi Latihan Membuat Peta
Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPS di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya yang diberikan, yang berkenaan dengan peristiwa sejarah terutama peristiwa Perang Dunia II. Untuk itu solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah bagaimana mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media peta, yaitu bagaimana siswa terlibat dalam…
Mengenal Bentuk Segitiga Berdasarkan Sisi dan Besaran Sudut
Sinopsis Video ini memperlihatkan strategi pembelajaran untuk mempermudah siswa SMP belajar mengenal berbagai bentuk segitiga. Strategi pembelajaran berbasis lembar kerja berupa kertas yang sudah berisi gambar berbagai berbentuk segitiga yang dipersiapkan oleh guru untuk masing-masing siswa. Gambar segitiga berwarna dalam bentuk kerangka maupun masif. Lembar kerja ini dijadikan objek oleh guru dan siswa untuk menjelaskan…
Mengelola Waktu Transisi Antara Dua Kegiatan yang Beruntun
Sinopsis Digambarkan seorang guru memulai kegiatan pembelajaran dengan strategi yang inovatif karena guru tersebut menyadari pentingnya saat-saat awal pembelajaran bagi para siswa. Jika guru kurang tepat dalam mengelola kegiatan awal pembelajaran, maka dapat mengakibatkan tidak termotivasinya siswa dalam belajar. Salah satu cara yang diusulkan melalui tayangan video ini adalah dengan menggunakan isyarat symbol sebagai pesan…
Menulis Puisi Bebas Dengan Media Gambar
Sinopsis Program ini berisi cuplikan pembelajaran dengan pokok bahasan Menulis Puisi. Dalam awal pembelajaran, Guru memancing imajinasi para siswa dengan beberapa video terkait dengan topik yang dibahas, yakni Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani. Media gambar tersebut dipilih guru berhasil memancing perhatian siswa sehingga ketika guru meminta para siswa menulis puisi bebas dengan…
Nama : Lucky Ermina Sofia
NIM : 501363176
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ-UT : Mataram
pada video pembelajaran tersebut guru nampak mengajar dengan model ceramah dengan media gambar seadanya dan kurang menarik, sehingga setelah selesai mengajar siswa banyak yang belum paham akan materi yang dsampaikan guru tersebut. sehingga sang guru tersebut menyuruh siswa untuk membeli bahan dan merangakainya sendiri tanpa adanya penjelasan. sikap tersebut tidak akan bisa dilakukan oleh siswa, siswa nampak masih kebingungan. cara-cara yang harus ditempuh oleh seorang guru supaya materi tersampaiakn dan siswa itu memahaminya yaitu seorang guru harus melakukan pembelajaran berbasis proyek, dalam kegiatan berbasis proyek tersebut guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk melakukan praktek langsung, manfaat dari kegiatan pembelajaran dengan berbasis proyek ini siswa mampu menjalin kerjasama antar tim dan juga mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.
Nama : Harumi Eka Putri
Nim : 501574241
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Medan.
Dari vidio diatas jelas terlihat perbedaan siswa belajar. Dalam pembelajaran tersebut sangat tidak cocok jika dalam belajar guru hanya menggunakan metode ceramah atau pembelajaran yang hanya berpusat ke guru. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa malas siswa dalam belajar juga membuat siswa mengetahui komponen komponen tersebut dengan berupa hayalan saja. Guru tidak bisa hanya menyediakan media gambar sebagai bentuk pengantar materi. Dalam hal ini diperlukan benda konkret agar siswa lebih paham dan lebih semangat dalam belajar. Pemilihan metode dalam vidio ini sudah sangat tepat yaitu mengajak siswa melakukan praktek secara langsung, dengan begitu siswa dapat terlibat langsung dan mengetahui komponen- komponen secara langsung dan bukan hayalan lagi. Selain itu untuk meningkatkan semangat siswa, guru dapat memaksimalkan fasilitas pembelajaran seperti memanfaatkan laboratorium agar siswa tidak bosan belajar di dalam kelas dan yang terpenting adalah guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa seperti memberi pujian bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar atau tidak langsung menyalahkan siswa yang salah menjawab pertanyaan namun diberi solusi dan dikoreksi dengan baik.
Nama : Meyliya C. Dewi
NIM : 501333134
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Malang
Menurut pengamatan saya pada video tersebut, metode ceramah sangat tidak cocok untuk materi yang membutuhkan praktek seperti materi kelistrikan tersebut karena materi kelistrikkan haruslah membutuhkan praktek untuk dapatnya siswa lebih memahami materi pembelajaran. Metode pembelajaran yang harus digunakan adalah pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) bukan ceramah. Dalam metode PBL juga dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menjadi tutor sebaya yang diberikan kesempatan pada siswa yang lain yang kurang paham dengan pembelajaran untuk menjelaskan. Sebagai guru kita haruslah lebih berinovasi dan berkreatif dalam metode pembelajaran kepada siswa agar siswa lebih berkualitas dan lebih aktif dalam proses pembelajaran guna terjadinya proses pembelajaran yang menyenangkan dan berkualitas. Guru bukan sebagao penceramah hakiki melainkan menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran dan siswa lebih aktif dalam belajar. Sehingga minat belajar anak akan dapat terus meningkat.
Nama : OKa Resty Wahyuni
NIM : 501133158
Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
Dari video diatas terlihat perlunya penyesuaian metode pembelajaran dengan materi yang akan disampaikan. Untuk materi sulit yang membutuhkan praktek tidak dapat hanya menggunakan metode ceramah saja perlu digunakan metode yang sesuai dengan melibatkan siswa dalam proses tersebut. Pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran yang melibatkan siswa atau pembelajaran itu harus berpusat kepada siswa sehingga mereka dapat menggali potensi yang mereka miliki. Metode pemelajaran yang tepat dengan menggunakan pembelajaran inovatif seperti problem based learning, project based learning, pembelajaran inkuiri.Sehingga siswa dapat mengkoktruksi pengetahuannya sendiri dan informasi yang didapat akan bertahan lama. Selama proses pembelajaran guru melakukan bimbingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan atau dapat menggunakan siswa yang mengerti sebagai tutor sebaya untuk membantu temannya.
Nama : Yustika Adelina
NIM : 501574266
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Medan
Awal pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah pada materi listrik. Hal ini membuat peserta didik tidak memahami pembelajaran dengan baik. Ini juga yang membuat peserta didik kurang semangat mengikuti pembelajaran. Mendengarkan guru ceramah membuat peserta didik bosan.
Kemudian untuk mengatasi hal tersebut guru pun membuat bel listrik dengan melaksanakan praktek langsung. Ini membuat peserta didik semangat mengikuti pembelajaran. Jadi, sebagai guru kita tidak boleh hanya menggunakan metode ceramah dalam kelas. Apabila bendanya bisa dibawa langsung ke dalam kelas lebih baik kita bawa. hal ini akan meningkatkan minat peserta didik. Selain itu, apabila memungkinkan untuk praktek membuat alat bagus kita praktekan dengan peserta didik. Hal ini akan memberikan pengalaman langsung pada peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Nama: Parida Herianti Gurning
Nim: 501574259
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Medan
Kasus divideo memang hal yaang selalu ditemukan dalam praktek pembelajaran dikelas. Pada awalnya siswa terlihat tidak semangat karena guru hanya menerangkan pelajaran panjang lebar. Pembelajaran jadi berpusat pada guru, sehingga siswa tidak memahami pelajarannya. Solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah mengubah metode belajar nya ke berbasis projek. Dalam pembelajarannya terlihat anak-anak semangat dan aktif dalam bekerja. Terlebih lagi kelompok 1 dapat memberikan pemahamannya dengan kelompok lain guna membantu permasalahan pada kelompok teman. Solusi yang dilakukan guru tersebut sangat tepat. Terima kasih.
Nama : JUNI NETRIL
NIM : 501132738
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video ketidak pahaman siswa terkait pelajaran yang disampaikan dengan metode cermaha. Meskipun guru sudah menggunakan alat peraga berupa gambar, tetapi pelajaran yang disampaikan terlalu sulit untuk dibayangkan dan merna gambar. akibatnya siswa tidak paham apa yang disampaikan oleh guru, dan pada hakirnya guru merubah cara penyampaiannya yaitu dengan projek dan siswa langsung mempraktekkan cara membuat bel, sehinga siswa lebih paham tentang bagaimana cara membuatnya. Pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran yang melibatkan siswa atau pembelajaran itu harus berpusat kepada siswa sehingga mereka dapat menggali potensi yang mereka miliki. Metode pemelajaran yang tepat dengan menggunakan pembelajaran inovatif seperti problem based learning, project based learning, pembelajaran inkuiri.Sehingga siswa dapat mengkoktruksi pengetahuannya sendiri dan informasi yang didapat akan bertahan lama. Selama proses pembelajaran guru melakukan bimbingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan atau dapat menggunakan siswa yang mengerti sebagai tutor sebaya untuk membantu temannya.saran dari saya semua guru harus bisa berinovasi,aktif dan kreatif disetiap memberika pembelajaran kepada siswa yang mengikuti perubahan zaman
Nama : Ayu Ainul Maghfiroh
NIM : 501253155
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Bedasarkan video tersebut saya sangat setuju bahwa pembelajaran yang hanya mengandalkan teori ceramah kurang efektif jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dikelas khususnya untuk materi yang membutuhkan kegiatan praktek. Strategi dalam video tersebut sudah sangat tepat ketika guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan praktik berupa proyek membuat bel agar siswa lebih mudah memahami cara pembuatan bel. Setiap siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu dengan metode tersebut juga dapat mengembangkan sikap Kerjasama antar siswa, bahkan dapat dilakukan tutor sebaya ketika ada siswa lain yang membutuhkan bantuan dalam kegiatan praktik tersebut. video tersebut dapat memberikan inspirasi bagi saya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas terutama dalam menyampaikan materi yang membutuhkan kegiatan praktik secara langsung.
Nama : Ayu Ainul Maghfiroh
NIM : 501253155
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Bedasarkan video tersebut saya sangat setuju bahwa pembelajaran yang hanya mengandalkan teori cerama kurang efektif jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dikelas khususnya untuk materi yang membutuhkan kegiatan praktek. Strategi dalam video tersebut sudah sangat tepat ketika guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan praktik berupa proyek membuat bel agar siswa lebih mudah memahami cara pembuatan bel. Setiap siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu dengan metode tersebut juga dapat mengembangkan sikap Kerjasama antar siswa, bahkan dapat dilakukan tutor sebaya ketika ada siswa lain yang membutuhkan bantuan dalam kegiatan praktik tersebut. video tersebut dapat memberikan inspirasi bagi saya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas terutama dalam menyampaikan materi yang membutuhkan kegiatan praktik secara langsung.
Dari video yang saya tonton, saya mempelajari tentang metode yang digunakan oleh guru pada awalnya adalah metode ceramah untuk menjelaskan materi. Ternyata metode ini tidaklah efektif, hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang tidak mengerti.
Sehingga seorang guru memutuskan untuk mengubah metodenya.
Terlihat di video ini , siswa senang dan cepat memahami materi dengan metode diskusi dan demonstrasi. Para siswa juga lebih aktif dan bisa berkolaborasi dengan temannya.
Manfaat yang didapatkan adalah adanya pesan tersirat bahwa seorang guru harus dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Jika siswa sudah nyaman dan senang di dalam kelas, maka ketuntasan belajar akan didapatkan.
Masukan dan saran terhadap video ini : rekamannya sudah bagus karena sudah sesuai dengan judul video. Sarannya jika memungkinkan dituliskan nama tokoh dan juga dituliskan latar video tersebut.