silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk membentuk karakter seseorang. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar. Salah satu dampak negatifnya adalah krisis moral dan akhlak baik melalui perilaku, sikap, verbal serta fisik yang lebih dikenal dengan istilah perundungan (bullying). Bila tidak segera disikapi melalui pendidikan, maka dikhawatirkan adat dan budaya luhur sesuai dengan niai-nilai Pancasila akan semakin pudar. Penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin kepada anak adalah kunci utama untuk menyiapkan generasi yang berbudi luhur sesuai tahap tumbuh kembangnya. Pada usia dini inilah, karakter anak akan terbentuk melalui hasil belajar dan menjadi teladan pembiasaan dan perilaku orang tua, guru dan tenaga kependidikan serta lingkungan masyarakat.
Permasalahan yang biasanya muncul pada perkembangan sosial emosional anak dapat dilihat dengan adanya perilaku anak yang kurang tepat, baik di rumah maupun di sekolah, salah satunya adalah perilaku bullying. Bullying mulai muncul di TK. Anak yang di usia dininya terindikasi dan terlibat dalam perilaku bullying, berpotensi untuk menjadi pelaku kenakalan di usia remajanya, tindakan kekerasan, serta terjebak dalam tindakan kriminal. Perilaku bullying seringkali terjadi di sekolah yang kurang pengawasan dari guru, longgar dalam menerapkan aturan, serta pihak-pihak pemegang otoritas tidak memiliki sikap dan pandangan yang tegas terhadap bullying. Pengetahuan guru TK tentang bullying juga dirasakan masih terbatas. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dapat dilakukan dengan program psikoedukasi yang diberikan kepada guru mengenai perilaku bullying.
Gambaran atau contoh konkrit yang dituangkan dalam sebuah tayangan diharapkan menjadi media yang mudah diterjemahkan oleh guru dan tenaga kependidikan dalam mencegah terjadinya bullying. Selamat menyaksikan!
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
- Apa penyebab Joko diperlakukan demikian?
- Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
- Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
Nama : Agustiyani
NIM : 857991208
UPBJJ : Yogyakarta
Salut : Payaman
Prodi S1 PGPAUD
Mohon ijin untuk memberikan tanggapan mengenai video tersebut .
Video ini sangat baik yang mana didalam video ini saya dapat belajar mengenai bagaimana cara yang harus kita lakukan jika ada anak yang mengalami perundungan, selain itu kita juga dapat mengetahui jenis-jenis perundungan, faktor apa saja yang menyebabkan anak menerima perundungan dan masih banyak lagi. Selain itu menurut pendapat saya kenapa masih sering terjadi perundungan atau bulliyaing ini karena kurangnya penumbuhan karakter untuk anak, yang mana penumbuhan karakter anak ini dapat di lakukan sejak Usia Dini yang mana penumbuhan karakter ini dapat membantu generasi muda yang lebih baik lagi. Dengan karakter anak yang baik dapat meminimalisir terjadinya perundungan.
Sekian tanggapan yang dapat saya berikan.
Terimakasih
Nama:Ria Fatonah
NIM: 857224095
UPBJJ:serang
Prodi S1 PG PAUD
1.ada salah satu seorang anak yang di kucilkan Atan terkena perundungan.
2.akan mengajak dan menemani anak tersebut yg terkena perundungan.
3.karena Joko anaknya yg pendiam,maka dari itu gampang dibuli dan dikucilkan.
4.Menciptakan Lingkungan Inklusif
• Mengadakan kegiatan kelompok yang melibatkan semua siswa untuk membangun solidaritas dan kerja sama.
• Menghargai perbedaan sehingga siswa belajar menerima keragaman.
5.Melibatkan Pihak Sekolah dan Keluarga
• Mengundang orang tua dan bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memberikan perlindungan dan dukungan lebih lanjut.
• Jika perlu, melibatkan konselor untuk membantu siswa mengatasi trauma atau ketakutan.
Nama:Ria Fatonah
NIM: 857224095
Semester:8
UPBJJ:serang
Prodi S1 PG PAUD
1.ada salah satu seorang anak yang di kucilkan Atan terkena perundungan.
2.akan mengajak dan menemani anak tersebut yg terkena perundungan.
3.karena Joko anaknya yg pendiam,maka dari itu gampang dibuli dan dikucilkan.
4.Menciptakan Lingkungan Inklusif
• Mengadakan kegiatan kelompok yang melibatkan semua siswa untuk membangun solidaritas dan kerja sama.
• Menghargai perbedaan sehingga siswa belajar menerima keragaman.
5.Melibatkan Pihak Sekolah dan Keluarga
• Mengundang orang tua dan bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memberikan perlindungan dan dukungan lebih lanjut.
• Jika perlu, melibatkan konselor untuk membantu siswa mengatasi trauma atau ketakutan.