silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Safira Putri Agustin
Nim : 858966318
Menurut saya dapat dipelajari dari video tersebut adalah kita sebagai guru dapat mengajarkan anak mengenal konsep bilangan dengan memberikan kegiatan yang menarik dan mudah dimengerti anak.
Nama :Nurain Ladam
Nim : 858574796
Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Vidio diatas menujukan bahwa anak-anak PAUD mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, khususnya ketika diminta oleh guru untuk mengambil dan menghitung bola dari dalam keranjang, saya dapat memberikan beberapa komentar dan saran sebagai berikut
1. Pemahaman konsep bilangan, termasuk kemampuan menghitung, merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini. Namun, hal ini memang dapat menjadi tantangan bagi sebagian anak-anak.
2. Kesulitan anak-anak dalam menghitung bola dari dalam keranjang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:
– Kurangnya pengalaman dan latihan yang cukup dalam menghitung benda-benda konkret
– Kemampuan atensi dan konsentrasi anak yang masih terbatas
– Pemahaman konsep bilangan yang belum matang
3. Untuk membantu anak-anak mengatasi kesulitan ini, guru dapat menerapkan beberapa strategi, antara lain:
– Menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti bola dengan warna-warna yang berbeda, sehingga dapat menarik perhatian anak
– Memulai dengan jumlah bola yang sedikit terlebih dahulu, kemudian secara bertahap meningkatkan jumlahnya sesuai dengan kemampuan anak
– Memberikan bimbingan dan bantuan secara individual saat anak kesulitan menghitung
– Mengaitkan kegiatan menghitung dengan aktivitas sehari-hari yang dekat dengan anak
Nama: Nurain Ladam
Nim : 858574796
Sulit mengenal konsep bilangan
Dalam vidio di atas yaitu ada-anak PAUD mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, yaitu ketika diminta oleh guru untuk mengambil dan menghitung bola dari dalam keranjang, saya dapat memberikan beberapa komentar dan saran sebagai berikut:
1. Pemahaman konsep bilangan, termasuk kemampuan menghitung, merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini. Namun, hal ini memang dapat menjadi tantangan bagi sebagian anak-anak.
2. Kesulitan anak-anak dalam menghitung bola dari dalam keranjang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:
– Kurangnya pengalaman dan latihan yang cukup dalam menghitung benda-benda konkret
– Kemampuan atensi dan konsentrasi anak yang masih terbatas
– Pemahaman konsep bilangan yang belum matang
3. Untuk membantu anak-anak mengatasi kesulitan ini, guru dapat menerapkan beberapa strategi, antara lain:
– Menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti bola dengan warna-warna yang berbeda, sehingga dapat menarik perhatian anak
– Memulai dengan jumlah bola yang sedikit terlebih dahulu, kemudian secara bertahap meningkatkan jumlahnya sesuai dengan kemampuan anak
– Memberikan bimbingan dan bantuan secara individual saat anak kesulitan menghitung
– Mengaitkan kegiatan menghitung dengan aktivitas sehari-hari yang dekat dengan anak
Nama : Rena Octaviani
NIM : 857436401
Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Di dalam video tersebut menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain : mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik dengan pemberian stempel bintang di tangannya.
Kelebihan dari video tersebut yaitu :
1) Sebelum memberikan tugas kepada anak, terlebih dahulu guru mengajak anak-anak untuk mengenal angka melalui permainan, lagu dan tepuk.
2) Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara tentang gambar yang ada di papan tulis (berdiskusi)
3) Guru mengajak anak secara langsung untuk menghitung beberapa gambar agar dapat melatih kemampuan anak dalam menghitung
4) Guru memberikan reward kepada anak yang telah berhasil menghitung benda sesuai dengan perintah ibu guru. Hal ini dilakukan, agar dapat memberikan apreasi dan motivasi kepada agar lebih berusaha untuk meningkatkan kemampuanya terutama dalam pengenalan konsep bilangan (menghitung)
Kelemahan dari video tersebut yaitu :
1) Ketika permainan menghitung bola, guru sebaiknya membagi anak menjadi beberapa kelompok agar semua anak ikut serta dalam kegiatan menghitung
2) Pada saat permainan menghitung bola, guru sebaiknya memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak agar anak lebih paham bagaimana cara memainkannya
3) Setelah anak berhasil mengambil bola sesuai dengan yang diperintahkan guru, sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung sendiri bola yang sudah diambilnya sambil diperlihatkan kepada teman-temanya agar anak dapat lebih memahami konsep bilangan (berhitung)
4) Guru masih menggunakan lembar kerja dalam penguatan konsep bilangan kepada anak, sebaiknya guru menyiapkan beberapa kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan kepada anak dalam mengenal konsep bilangan seperti memasukan ronce sesuai lambang bilangan (menggunakan kartu angka), menyusun lego sesuai dengan kartu angka dan sebagainya.
Kesimpulan :
Untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak, guru sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu kegiatan, metode, alat dan bahan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dengan memilih kegiatan yang menarik dan menyenangkan, sehingga anak dapat meningkatkan kemampuannya menjadi lebih baik melalui kegiatan bermain sambil belajar.
Nama : Rena Octaviani
NIM : 857436401
Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Di dalam video tersebut menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain : mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik dengan pemberian stempel bintang di tangannya.
Kelebihan dari video tersebut yaitu :
1) Sebelum memberikan tugas kepada anak, terlebih dahulu guru mengajak anak-anak untuk mengenal angka melalui permainan, lagu dan tepuk.
2) Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara tentang gambar yang ada di papan tulis (berdiskusi)
3) Guru mengajak anak secara langsung untuk menghitung beberapa gambar agar dapat melatih kemampuan anak dalam menghitung
4) Guru memberikan reward kepada anak yang telah berhasil menghitung benda sesuai dengan perintah ibu guru. Hal ini dilakukan, agar dapat memberikan apreasi dan motivasi kepada agar lebih berusaha untuk meningkatkan kemampuanya terutama dalam pengenalan konsep bilangan (menghitung)
Kelemahan dari video tersebut yaitu :
1) Ketika permainan menghitung bola, guru sebaiknya membagi anak menjadi beberapa kelompok agar semua anak ikut serta dalam kegiatan menghitung
2) Pada saat permainan menghitung bola, guru sebaiknya memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak agar anak lebih paham bagaimana cara memainkannya
3) Setelah anak berhasil mengambil bola sesuai dengan yang diperintahkan guru, sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung sendiri bola yang sudah diambilnya sambil diperlihatkan kepada teman-temanya agar anak dapat lebih memahami konsep bilangan (berhitung)
4) Guru masih menggunakan lembar kerja dalam penguatan konsep bilangan kepada anak, sebaiknya guru menyiapkan beberapa kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan kepada anak dalam mengenal konsep bilangan seperti memasukan ronce sesuai lambang bilangan (menggunakan kartu angka), menyusun lego sesuai dengan kartu angka dan sebagainya.
Kesimpulan :
Untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak, guru sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu kegiatan, metode, alat dan bahan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dengan memilih kegiatan yang menarik dan menyenangkan, sehingga anak dapat meningkatkan kemampuannya menjadi lebih baik melalui kegiatan bermain sambil belajar.
Nama : Hasanah
Nim : 858316224
Dalam video yang berjudul anak sulit mengenal konsep bilangan sudah sangat bagus dalam guru menstimulasi anak mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media bola warna, pensil warna yang di lakukan dengan cara-cara yang menyenangkan membuat anak menjadi semangat dan antusias dalam kegiatan tersebut di tambah lagi pada saat guru memberikan stempel pada tangan anak dan tepuk tangan meriah oleh teman-temannya membuat anak menjadi lebih berani dan percaya diri akan kemampuannya.
Selpi Aminah 856813403
Judul video ” sulit mengenal konsep bilangan”
Setelah saya melihat video tersebut
Saya melihat guru cukup baik dalam mengaitkan materi dengan bercerita, seperti kegiatan apa yang harus di lakukan hari ini, yaitu berhitung dengan cara melalui permainan dengan bola2. Dan guru bercerita bahwasanya pelaksanaan permainan di dalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Dan di dalam video tersebut terlihat guru sedang memberikan instruksi kepada anak untuk mengambil bola dalam keranjang sambil berhitung.
Namun adapun kelemahan teknis di atas yaitu:
👉Alangkah lebih baik nya jika guru melakukan permainan tersebut dengan cara bergantian setelah anak perempuan lanjut dengan anak laki-laki.
👉Disini alangkah lebih baik nya jika anak di di sampingi menghitung bola nya sendiri, bukan guru yg menghitung nya.
Kelebihan nya
👉 Menurut saya tehnik yg di lakukan guru dengan cara bernyanyi dan bertepuk tangan sudah bagus
👉 Terlihat sekali bahwa guru sangat memperhatikan perkembangan kognitif anak sehingga guru berupaya menggunakan berbagai tehnik agar anak merasa nyaman dan tenang.
KEGIATAN PEMBELAJARAN “Mengenal Konsep Bilangan”
Kegiatan pembukaan :
Anak-anak duduk membentuk lingkaran. Ibu mengajak anak untuk melakukan ice breaking yang berhubungan dengan bilangan. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu “dua Mata saya”. Lalu melakukan tepuk sesuai angka yang disebut. Lalu bu Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu mengenal bilangan.
Kegiatan Inti :
Pada kegiatan inti terdiri dari 3 kegiatan pengembangan aspek kognitif yaitu
• Bermain bola sambil menghitung.
• Mengerjakan Lembar Kerja
• Berhitung spidol sejumlah yang diminta oleh guru
Kegiatan penutup
Anak-anak duduk membentuk lingkaran kembali lalu bernyanyi bersama guru
Berikut analisis mengenai Seri Pembelajaran dengan judul “Mengenal Konsep Bilangan”
Video tersebut menayangkan kegiatan pembelajaran untuk pengembangan aspek koginitif yaitu mengenal konsep bilangan. Pada kegiatan pembukaan guru mengenalkan konsep bilangan melalui kegiatan yang menarik dan menyenangkan yaitu bernyanyi dan bermain tepuk. Selanjutnya pada kegiatan inti terdapat tiga kegiatan. Kegiatan pertama yaitu bermain bola sambil menghitung. Teknisnya Ibu Guru memanggil anak yang duduknya paling rapih lalu meminta anak mengambil bola dalam keranjang sebanyak yang diminta oleh Ibu Guru. Sayangnya saat kegiatan ini ada anak yang terlihat bosan karena hanya menonton temannya saja. Menurut saya agar kegiatan ini lebih menarik, guru bisa meibatkan semua anak untuk berpartisipasi dalam permainan ini. Caranya : guru menyebarkan bola di kelas lalu meminta semua anak memungut bola sejumlah yang disebutkan oleh guru. Perintahnya juga bisa divariasikan misalnya coba ambil bola biru sebanyak 3 buah atau ambil 2 bola berwarna merah dan 1 bola berwarna kuning. Lalu guru memeriksa satu persatu apakah anak sudah betul berhitungnya atau belum. Jadi selain belajar konsep bilangan anak juga belajar warna.
Kegiatan kedua yaitu mengerjakan lembar kerja. Sebelum mengerjakan Lembar Kerja, ibu guru menerangkan terlebih dahulu cara mengerjakannya, yaitu menghitung benda yang ada digambar lalu melingkari angka yang sesuai dengan jumlah benda. Saran saya kegiatan ini bisa dilakukan sambil mewarnai gambar bendanya agar anak juga bisa melatih motorik halusnya.
Kegiatan ketiga yaitu berhitung spidol. Pada kegiatan ini anak diminta kedepan kelas untuk mengambil spidol sejumlah yang diminta oleh Ibu Guru dan yang bisa menjawab dengan benar akan diberi reward atau penghargaan berupa cap bintang. Hal ini bagus untuk memberikan semangat dan motivasi pada anak.
Jadi secara keseluruhan, bahwa kegiatan mengenal konsep bilangan tidak harus terpaku pada lembar kerja. Namun guru bisa menyusun kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk anak. Terutama melibatkan berbagai aspek perkembangan lain dan tidak hanya area kognitif saja. Beberapa saran kegiatan diantaranya : Lomba memindahkan bendera sejumlah yang ibu guru minta, melompat sebanyak yang diminta ibu guru, memukul tam-tam sebanyak angka yang diminta guru atau sebaliknya anak diminta menghitung berapa kali ibu guru memukul tam tam serta banyak kegiatan lainnya untuk mengajarkan anak mengenai konsep bilangan.
Nama : Haryani
NIM : 857436361
KEGIATAN PEMBELAJARAN “Mengenal Konsep Bilangan”
Kegiatan pembukaan :
Anak-anak duduk membentuk lingkaran. Ibu mengajak anak untuk melakukan ice breaking yang berhubungan dengan bilangan. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu “dua Mata saya”. Lalu melakukan tepuk sesuai angka yang disebut. Lalu bu Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu mengenal bilangan.
Kegiatan Inti :
Pada kegiatan inti terdiri dari 3 kegiatan pengembangan aspek kognitif yaitu
• Bermain bola sambil menghitung.
• Mengerjakan Lembar Kerja
• Berhitung spidol sejumlah yang diminta oleh guru
Kegiatan penutup
Anak-anak duduk membentuk lingkaran kembali lalu bernyanyi bersama guru
Berikut analisis mengenai Seri Pembelajaran dengan judul “Mengenal Konsep Bilangan”
Video tersebut menayangkan kegiatan pembelajaran untuk pengembangan aspek koginitif yaitu mengenal konsep bilangan. Pada kegiatan pembukaan guru mengenalkan konsep bilangan melalui kegiatan yang menarik dan menyenangkan yaitu bernyanyi dan bermain tepuk. Selanjutnya pada kegiatan inti terdapat tiga kegiatan. Kegiatan pertama yaitu bermain bola sambil menghitung. Teknisnya Ibu Guru memanggil anak yang duduknya paling rapih lalu meminta anak mengambil bola dalam keranjang sebanyak yang diminta oleh Ibu Guru. Sayangnya saat kegiatan ini ada anak yang terlihat bosan karena hanya menonton temannya saja. Menurut saya agar kegiatan ini lebih menarik, guru bisa meibatkan semua anak untuk berpartisipasi dalam permainan ini. Caranya : guru menyebarkan bola di kelas lalu meminta semua anak memungut bola sejumlah yang disebutkan oleh guru. Perintahnya juga bisa divariasikan misalnya coba ambil bola biru sebanyak 3 buah atau ambil 2 bola berwarna merah dan 1 bola berwarna kuning. Lalu guru memeriksa satu persatu apakah anak sudah betul berhitungnya atau belum. Jadi selain belajar konsep bilangan anak juga belajar warna.
Kegiatan kedua yaitu mengerjakan lembar kerja. Sebelum mengerjakan Lembar Kerja, ibu guru menerangkan terlebih dahulu cara mengerjakannya, yaitu menghitung benda yang ada digambar lalu melingkari angka yang sesuai dengan jumlah benda. Saran saya kegiatan ini bisa dilakukan sambil mewarnai gambar bendanya agar anak juga bisa melatih motorik halusnya.
Kegiatan ketiga yaitu berhitung spidol. Pada kegiatan ini anak diminta kedepan kelas untuk mengambil spidol sejumlah yang diminta oleh Ibu Guru dan yang bisa menjawab dengan benar akan diberi reward atau penghargaan berupa cap bintang. Hal ini bagus untuk memberikan semangat dan motivasi pada anak.
Jadi secara keseluruhan, bahwa kegiatan mengenal konsep bilangan tidak harus terpaku pada lembar kerja. Namun guru bisa menyusun kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk anak. Terutama melibatkan berbagai aspek perkembangan lain dan tidak hanya area kognitif saja. Beberapa saran kegiatan diantaranya : Lomba memindahkan bendera sejumlah yang ibu guru minta, melompat sebanyak yang diminta ibu guru, memukul tam-tam sebanyak angka yang diminta guru atau sebaliknya anak diminta menghitung berapa kali ibu guru memukul tam tam serta banyak kegiatan lainnya untuk mengajarkan anak mengenai konsep bilangan.
Denti Suwardhini (857437062)
Gambir – Bandung.
Pembelajaran tentang “Sulit Mengenal konsep bilangan”
dalam vidio tersebut seorang guru dalam mengenal konsep bilangan dengan mengenalkan melalui bermain bola, tepuk tangan, menghitung alat peraga berupa pensil dan memberikan Lembar Kegiatan berupa melingkari bilangan sesuai dengan jumlah benda, sudah sangat bagus dan mampu membuat anak dengan mudah mengenal anak pada bilangan.
Tetapi kelemahan guru dalam menyampaikan menggunakan bahasa inggris karena awal mulanya menggunakan bahasa Indonesia maka hendaklah dalam penyampaian angka menggunakan bahasa Indonesia.