silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Zuyyinah
Nim : 855880655
Dari video di atas yang sudah saya tonton adalah guru sedang mengajak anak-anak bermain mengenal konsep bilangan. Terdapat banyak cara Untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak didik kita. Diantaranya, dengan menngunakan bola atau benda yang lainnya,dengan tepuk tangan dan juga lembar kerja dengan mencocokkan anagka dengan benda yang ada di sampingnya.. Selain itu guru bisa membuat alat peraga yang kreatif dengan bentuk yang menarik dan yang berwarna warni, dengan begitu anak akan senang dan untuk mengenal konsep bilangan angka. Dalam video tersebut kegiatan yang dilakukan sangat mudah tapi penuh makna untuk mengembangkan konsep pada anak usia dini.
Nama : Zuyyinah
Nim : 855880655
Dari video di atas yang sudah saya tonton dengan judul ” Sulit Mengenal bilangan ” adalah guru sedang mengajak anak-anak bermain mengenal konsep bilangan. Terdapat banyak cara Untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak didik kita. Diantaranya, dengan menngunakan bola atau benda yang lainnya,dengan tepuk tangan dan juga lembar kerja dengan mencocokkan anagka dengan benda yang ada di sampingnya.. Selain itu guru bisa membuat alat peraga yang kreatif dengan bentuk yang menarik dan yang berwarna warni, dengan begitu anak akan senang dan untuk mengenal konsep bilangan angka. Dalam video tersebut kegiatan yang dilakukan sangat mudah tapi penuh makna untuk mengembangkan konsep pada anak usia dini.
Om Swastyastu, ijin menanggapi video diatas, upaya dari guru di video tersebut sudah baik diantaranya mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan dan lain sebagainya. Selain itu ada beberapa pendekatan yang sabar dan kreatif yaitu :
a. Penggunaan Materi Visual: Gunakan materi visual seperti flashcard, mainan matematika, atau manipulatif matematika (seperti blok atau kancing) untuk membantu anak memahami konsep bilangan secara konkret.
b. Aktivitas Berbasis Mainan: Gunakan mainan atau permainan yang melibatkan penghitungan, pengurutan, atau pembandingan jumlah. Misalnya, gunakan buah-buahan mini untuk mengajarkan penghitungan atau gunakan blok bangunan untuk mengajarkan konsep penjumlahan dan pengurangan.
c. Lagu dan Nyanyian Matematika: Gunakan lagu-lagu dan nyanyian matematika yang menyenangkan untuk membantu anak mengingat konsep bilangan. Lagu-lagu ini bisa membantu mereka mengaitkan angka dengan melodi yang mudah diingat.
d. Permainan Aktif: Libatkan anak dalam permainan aktif yang melibatkan gerakan fisik sambil belajar konsep bilangan. Misalnya, lompat-lompati sebanyak 5 kali, atau cari 3 benda berwarna biru di sekitar rumah.
e. Pembelajaran Berbasis Kisah: Gunakan cerita atau buku cerita yang melibatkan konsep bilangan dalam ceritanya. Ini membantu anak mengaitkan konsep matematika dengan situasi dunia nyata yang lebih mudah dipahami.
f. Pembelajaran Bersama Teman Sebaya: Anak-anak sering belajar dengan lebih baik ketika mereka diajak bermain dan belajar bersama teman sebayanya. Buatlah aktivitas atau permainan matematika yang melibatkan kerjasama antar anak-anak.
g. Perhatikan Minat Anak: Amati minat dan ketertarikan anak dalam konteks matematika tertentu, lalu gunakan minat tersebut sebagai landasan untuk pengajaran. Misalnya, jika anak tertarik pada binatang, gunakan gambar binatang untuk mengajarkan konsep bilangan.
h. Keterlibatan Orang Tua: Libatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Berikan saran kepada orang tua tentang cara mereka dapat mendukung pembelajaran matematika anak di rumah.
Terimakasih
Alifa Rudia Ningrum, S.Pd /858758531
Pembelajaran matematika lebih menyenangkan dengan permainan. Dengan menghitung bola bersama anak akan merasa senang dan merasa tidak sperti belajar. Jika ada anak yang kurang dalam penjumlhan bisa di ingatkan dengan baik. video tersebut sudah membantu
permainan mengambil bola ini membantu anak mengenal konsep bilangan dengan menyuruh anak mengambil bola sesuai angka yang disebutkan. anak akan lebih mudah untuk mengingat konsep bilangan yang telah diajarkan. dan permainan ini membuat anak senang mengikuti pembelajaran.
Nama : Zerlina Wulandari
NIM : 858936308
Dari video Sulit Mengenal Konsep Bilangan yang dapat saya pelajari adalah tentang guru yang sedang mengajari anak tentang konsep mengenal angka bisa diterapkan dengan kegiatan yang mudah seperti dengan tepuk lagu anak biasanya mudah untuk mengingatnya. Selain itu guru bisa membuat alat peraga yang kreatif dengan bentuk yang menarik dan yang berwarna warni, dengan begitu anak akan senang dan untuk mengenal konsep bilangan angka. Dalam video tersebut kegiatan yang dilakukan sangat mudah untuk diterapkan di TK, dan medianya juga mudah untuk ditemukan.
Nama : Liva Ulviana
NIM : 858156069
UPBJJ UT Palangkaraya
Judul Video : Sulit mengenal lambang bilangan
Pada video tersebut memperlihatkan bagaimana guru mengenalkan konsep matematika sederhana yaitu dengan cara bernyanyi secara berulang-ulang tentang lambang bilangan, banyak sekali kegiatan-kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk mengenal konsep bilangan. dan video tersebut menginspirasi kami para guru.
Riyani
857812776
Dalam video tersebut seorang guru menjelaskan konsep bilangan agar mudah difahami anak didiknya dengan metode yang menarik dan anak tidak bosan dan terlihat antusias
Mengenalkan konsep bilangan kepada anak dapat dilakukan dengan cara bernyanyi atau bermain sehingga anak lebih bersemangat dan mudah mengingat apa yang diajarkan terkait pengenalan angka banyak yang dapat digunakan seperti menghitung panca indra anak sambil mengenalkan angka misalnya mata kita ada berapa, hidung atau mulut ada berapa dll, anak akan lebih mudah memahami apa lagi dilakukan dengan cara bernyanyi terlebih dahulu.
Pengenalan konsep bilangan secara sederhana dapat di lakukan menggunakan media, penggunaan media ini sangat amat penting karena dapat membantu anak memiliki daya tarik yang tinggi untuk memahami konsep pembelajaran. Selain penggunaan media, metode guru dalam penyampaian juga harus di perhatikan. Dari video tersebut, terlihat guru terlihat mampu menguasai kelas dengan teknik yang tidak membosankan bagi anak.