silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Mengenal konsep bilangan melalui bertepuk, bernyayi dan dengan bola. Selain penggunaan media ibuk sangat pandai menguasai kelas dengan teknik yang diminati oleh anak dan tidak membosankan.

  2. Dengan menonton vidio ini saya bisa melakukan dan mempraktek kan disekolah metode yang digunakan sangat menarik dan tidak membosankan bagi anak.

  3. Dengan menonton vidio ini saya sangat menyukai metode yang digunakan dalam pembelajaran, dan anak tidak merasa bosan.

  4. Mengenalkan konsep bilangan kepada anak dapat dilakukan melalui permainan atau kegiatan yang menyenangkan, yang bisa menarik perhatian anak dan membuat anak mudah dalam menangkap pembelajaran yang diberikan.

  5. Nama : Pipit Novita
    NIM : 857340398
    Ijin menanggapi video di atas, dari video tersebut terlihat ibu guru saat mengajarkan bilangan kepada anak muridnya dengan metode membilang dengan permainan mengambil bola di dalam keranjang. metode permainan tersebut sudah sangat bagus karena saat membilang anak memang memerlukan benda konkret agar anak lebih dapat mengerti konsep membilang tersebut. untuk mengenalkan membilang kepada anak dapat menggunakan games-games yang menarik sehingga tanpa disadari anak sudah belajar membilang.
    video tersebut juga sangat menginspirasi untuk para guru dan mahasiswa.
    Terimakasih

  6. Dari tayangan video”anak sulit mengenal konsep bilangan”,dapat menjadi kan referensi bagi guru,menambah pengetahuan bagaimana cara mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan cara bermain yang menyenangkan.

  7. Nama : Latifah
    NIM : 858156123
    Judul Vidio Sulit mengenal konsep bilangan
    dari vidio ini guru mendapat pembelajaran cara mengenalkan konsep bilangan pada anak dan mendapat banyak teknik pembelajaran dalam konsep bilangan,
    dan tidak lupa dari vidio ini juga mengajarkan guru untuk selalu memberi apresiasi kepada anak yang berhasil dalam tugasnya.
    Terimakasih

  8. Dari video diatas dapat membantu dan menambah wawasan kita sebagai guru PAUD untuk mengembangkan kemampuan anak untuk mengenal konsep lambang bilangan melalui kegiatan bermain sambil belajar, menghitung benda, dan melalui metode kegiatan yang beragam dan bervariasi sehingga anak mudah memahami konsep tersebut.

  9. Video tersebut memberikan saya wawasan beberapa cara untuk mengajarkan anak secara menyenangkan, belajar sambil bermain. Tanpa anak menyadari dari bermain bola dalam ruang juga sudah termasuk cara belajar, anak sudah belajar membilang 1-10. Bagi anak-anak murid yang kesulitan dalam membilang atau mengenal angka mungkin bisa divariasikan dengan ada gambar angkanya.
    Nama : Juliana
    NIM : 858098189
    Judul video : Sulit mengenal konsep bilangan

  10. Jika saya menjadi guru tersebut, maka Strategi perbaikan yang akan saya lakukan
    – Saya akan mencoba untuk memastikan bahwa peran saya sebagai guru tidak terlalu dominan, tetapi lebih sebagai fasilitator yang memberi kesempatan kepada anak-anak untuk aktif dalam pembelajaran.Refleksi dan Diskusi:
    – Saya akan melibatkan anak-anak dalam refleksi dan diskusi tentang kegiatan pembelajaran, meminta umpan balik tentang apa yang mereka sukai dan apa yang mungkin perlu diperbaiki.Penyediaan Materi yang Lebih Kreatif:
    – Saya akan mencari cara untuk membuat materi pembelajaran lebih menarik dan kreatif, mungkin dengan memperkenalkan permainan atau kegiatan yang lebih interaktif.

Leave a Reply