silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : SAPIYAH ARIYANTI
    NIM ; 857184792

    Dalam Vidio pembelajaran di diatas berisi cara guru memberikan pemahaman kepada anak yang sulit memahami konsep bilangan, dan cara – cara tersebut diantaranya adalah:
    1. Membilang dengan kegiatan gerak dan lagi.
    2. Dengan alat peraga, menghitung benda sesuai dengan lambang bilangan.
    3. Anak diberikan lembar kerja memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangan.
    Kelemahan dari vivio tersebut belum adanya cara anak menirukan bentuk lambang bilangan.

  2. Bismillah..
    Nama: Sumayyah Asysyahidah
    NIM: 857468074

    Ijin memberikan pendapat..
    Dalam vidio tersebut sudah baik dalam peyangannya dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan belajar.
    Dalam menstimulus anakpun sudah sesuai dengan metode dan alat media belajar yang menyenangkan bagi anak seperti vidio tersebut dengan bermain bola dan bermain tepuk. Kurangnya dalam vidio tersebut hendaknya memberi contoh tidak hanya diberikan untuk anak perempuan saja .. selebihnya dalam vidio tersebut sudah sangat baik..

    Terimakasih🙏🙏

  3. AMBAR NURHIDAYATI_858842764_POKJAR BANDUNG TULUNGAGUNG
    Menurut saya kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus. Indikatornya adalah : ketika anak di suruh maju mengambil bola sesuai dengan angka yang di sebutkan oleh guru, kemudian di ajak bernyanyi lagu dua mata saya, bertepuk tangan sesuai dengan angka yang di sebutkan guru, terlihat juga ketika menghitung jumlah gambar dan melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar. Dari hasil mengamati vidio tersebut sebaiknya sebelum memulai permainan anak- anak di kenalkan angka terlebih dahulu dengan bermain menggunakan kartu angka atau dengan benda-benda yang ada di sekitar agar anak tidak bosan.

  4. Nama : Siti Umayah
    NIM : 857496912
    PRODI : FKIP PGPAUD
    PokJar : Cirebon

    Setelah mengamati video pembelajaran diatas mengenai Sulit mengenal konsep bilangan, disana terdapat kelebihan dan kekurangannya.
    Kelebihannya :
    1. Guru sudah mempersiapkan alat peraga, Menyampaikan materi dengan baik.
    2. Metode yang digunakan dengan bernyanyi, bertepuk serta pemberian tugas.
    3. Guru mereview materi yang sudah dipelajari dan memberikan apresiasi atau reward pada anak.

    Kekurangannya :
    1. Saat anak mengambil bola sesuai dengan yang disebutkan bilangannya, lalu menghitung bolanya, disitu sebaiknya guru menunjukkan bentuk bilangannya, entah menulis di papan, atau menunjukkan dengan kartu. contohnya bola ada 4, guru menunjukkan lambang bilangan 4 nya supaya anak bisa maksimal memahami bilangan.
    2. Saat menghitung dengan spidol, anak menerima spidol dengan tangan kiri, sebaiknya guru mengingatkan untuk menerima spidolnya dengan tangan kanan, karena ini menunjukkan perilaku kurang sopan.

  5. Nama : Intan Nabila
    Nim : 857185153
    Prodi : S1 PGPAUD (AKPMM)

    Menurut pendapat saya pada videopembelajaran di atas dalam mengenalkan konsep lambang bilangan kepada anak media yang guru gunakan sudah cukup baik, tetapi diawal pembelajaran sebaiknya guru memperkenalkan terlebih dahulu seperti bernyanyi tentang angka, atau mencontohkan cara bermainnya karena terlihat dari video tersebut ada anak yang masih belum paham.

  6. Nama : Renip
    Nim : 895141237
    Pokjar : Praya Lombok tengah
    Menurut pendapat saya tentang video mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan ini sudah sangat bagus karena gurunya sudah mengajar dengan cara menghadirkan benda yang konkret dan di perkuat dengan berbagai tepuk, pemberian LKS, bernyanyi dan lebih menarik lagi gurunya memberikan tanda bintang di tangan anak
    Kelebihannya
    Pembelajaran yang diberikan oleh guru belajar sambil bermain, sehingga anak merasa nyaman
    Kekurangannya
    Sebaiknya sebelum pembelajaran guru memberikan penyemangat untuk anak dan memberikan contoh cara mengambil bola tersebut supaya anak tidak bingung dan guru bisa menyiapkan tempat untuk menaruh bola yang sudah diambil.

  7. Nama : Janati Tatihal Anharu
    NIM : 858856906
    Jurusan : PGPAUD
    Tayangan dalam video ini mengangkat permasalahn tentang upaya seorang guru untuk meningkatkan kemampuan anak yang sulit mengenal konsep bilangan
    Dalam kegiatan awal guru sudah bagus dalam menampilkan materi yang dilanjut dengan permainan bola
    Guru mengenalkan konsep bilangan dengan menyenangkan kepada anak melalui permainan bola
    Guru mengajak anak untuk bernyanyi dan tepuk dalam mengajak anak
    Partisipasi anak kurang didalam kelas alangkah baiknya guru memberi kesempatan pada anak untuk lebih banyak mengekspresikan diri

  8. Nama : Reni Suryaningsih
    NIM : 856031945
    POKJAR : ASAHAN
    UPBJJ : Medan
    Bidang Studi : S1 PGPAUD AKPMM

    Kelebihan dalam video Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    konsep yang di terapkan guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus dimana guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi. dalam bermain dimana konsep yang di terapkan oleh guru adalah berhitung dengan menggunakan media bola. kemudian guru juga mengenalkan bilangan dengan bernyanyi dua mata saya dimana anak dapat mengenal angka dengan bernyanyi. selain itu guru juga mengenalkan lebih dalam konsep bilangan dengan berhitung gambar yang disediakan dengan melingkari angka.

    Kelemahan dalam video Sulit mengenal konsep bilangan
    1. guru tidak memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak didik seperti menjelaskan terlebih dahulu cara melakukan kegiatan berhitung yang baik. sehingga ketika ada salah satu anak maju untuk melakukan kegiatan anak tersebut seperti bingung tidak memahami.
    2. dalam kegiatan tersebut murid kurang antusias dalam melakukan kegiatan. dimana ada murid yang lagi asyik sendiri mengobrol dengan temannya tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.

    dalam hal ini secara keselurahan video konsep sulit mengenal konsep bilangan sudah baik. dimana kegiatan dalam mengenalkan bilangan menggunakan alat peraga dan media yang dapat menunjang pemahaman anak tentang konsep bilangan. maka dari itu alat peraga dan media sangat menunjang dalam melakukan kegiatan belajar untuk pemhaman yang lebih baik

  9. Nama : Reni Suryaningsih

    NIM : 856031945

    POKJAR : ASAHAN

    UPBJJ : Medan

    Bidang Studi : S1 PGPAUD AKPMM

    Kelebihan dalam video Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    konsep yang di terapkan guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus dimana guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi. dalam bermain dimana konsep yang di terapkan oleh guru adalah berhitung dengan menggunakan media bola. kemudian guru juga mengenalkan bilangan dengan bernyanyi dua mata saya dimana anak dapat mengenal angka dengan bernyanyi. selain itu guru juga mengenalkan lebih dalam konsep bilangan dengan berhitung gambar yang disediakan dengan melingkari angka.

    Kelemahan dalam video Sulit mengenal konsep bilangan
    1. guru tidak memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak didik seperti menjelaskan terlebih dahulu cara melakukan kegiatan berhitung yang baik. sehingga ketika ada salah satu anak maju untuk melakukan kegiatan anak tersebut seperti bingung tidak memahami.

    2. dalam kegiatan tersebut murid kurang antusias dalam melakukan kegiatan. dimana ada murid yang lagi asyik sendiri mengobrol dengan temannya tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.

    dalam hal ini secara keselurahan video konsep sulit mengenal konsep bilangan sudah baik. dimana kegiatan dalam mengenalkan bilangan menggunakan alat peraga dan media yang dapat menunjang pemahaman anak tentang konsep bilangan. maka dari itu alat peraga dan media sangat menunjang dalam melakukan kegiatan belajar untuk pemhaman yang lebih baik

  10. Nama : Reni Suryaningsih
    NIM : 856031945
    JURUSAN : S1 PGPUD

    Kelebihan dalam video Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    konsep yang di terapkan guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus dimana guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi. dalam bermain dimana konsep yang di terapkan oleh guru adalah berhitung dengan menggunakan media bola. kemudian guru juga mengenalkan bilangan dengan bernyanyi dua mata saya dimana anak dapat mengenal angka dengan bernyanyi. selain itu guru juga mengenalkan lebih dalam konsep bilangan dengan berhitung gambar yang disediakan dengan melingkari angka.

    Kelemahan dalam video Sulit mengenal konsep bilangan
    1. guru tidak memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak didik seperti menjelaskan terlebih dahulu cara melakukan kegiatan berhitung yang baik. sehingga ketika ada salah satu anak maju untuk melakukan kegiatan anak tersebut seperti bingung tidak memahami.

    2. dalam kegiatan tersebut murid kurang antusias dalam melakukan kegiatan. dimana ada murid yang lagi asyik sendiri mengobrol dengan temannya tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.

    dalam hal ini secara keselurahan video konsep sulit mengenal konsep bilangan sudah baik. dimana kegiatan dalam mengenalkan bilangan menggunakan alat peraga dan media yang dapat menunjang pemahaman anak tentang konsep bilangan. maka dari itu alat peraga dan media sangat menunjang dalam melakukan kegiatan belajar untuk pemhaman yang lebih baik

Leave a Reply