silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Reni Suryaningsih
    NIM : 856031945
    Jurusan : S1 PGPAUD

    Kelebihan dalam video sulit mengenal konsep bilangan adalah

    Konsep yang di terapkan guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus. Dimana guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi. Dalam bermain dimana konsep yang di terapkan oleh guru adalah berhitung menggunakan media bola. Kemudian guru juga mengenalkan bilangan dengan bernyanyi dua mata saya dimana anak dapat mengenal konsep bilangan dengan bernyanyi. Selain itu guru juga mengenalkan lebih dalam konsep bilangan dengan alat peraga berhitung gambar yang disediakan dengan melingkari angka.

    Kelemahan dalam video sulit mengenal konsep bilangan
    1. Guru tidak memberikan pemahaman terlebih dahulu cara melakukan kegiatan berhitung dengan baik. Sehingga ketika ada salah satu anak maju melakukan kegiatan tersebut anak bingung tidak memahami.

    2. Dalam kegiatan tersebut murid kurang antusias dalam melakukan kegiatan. Dimana ada murid yang lagi asyik sendiri mengobrol dengan temannya tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.

    Dalam hal ini secara keseluruhan video konsep sulit mengenal konsep bilangan sudah baik. Dimana kegiatan dalam mengenalkan bilangan menggunakan alat peraga dan media yang dapat menunjang pemahaman anak tentang konsep bilangan. Maka dari itu alat peraga dan media sangat menunjang dalam melakukan kegiatan belajar untuk pemahaman yang lebih baik

  2. Nama : Reni Suryaningsih
    NIM : 856031945
    Jurusan : S1 PGPAUD AKPMM

    Kelebihan dalam video sulit mengenal konsep bilangan adalah :

    konsep yang di terapkan oleh guru dalam mengenalkan bilangan sudah baik. dimana guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi. dalam bermain dimana konsep yang di terapkan oleh guru adalah berhitung dengan menggunakan media bola. kemudian guru juga mengajak anak bernyanyi dalam mengenalkan konsep bilangan yaitu menyanyikan lagu dua mata saya. selain itu guru juga mengenalkan lebih dalam konsep bilangan dengan berhitung gambar bintang yang telah disediakan kemudian anak dapat melingkari angka sesuai jumlah bintang.

    kelemahan dalam video sulit mengenal konsep bilangan adalah :
    1. guru tidak memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak didik seperti menjelaskan terlebih dahulu cara melakukan kegiatan berhitung yang baik. sehingga ketika ada salah satu anak maju untuk melakukan kegiatan berhitung anak bingung dan tidak memahami.

    2. dalam kegiatan tersebut murid kurang antusias dalam melakukan kegiatan. dimana ada murid yang asyik sendiri mengobrol dengan temannya tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.

    dalam hal ini secara keseluruhan video sulit mengenal konsep bilangan sudah baik. dimana kegiatan dalam mengenalkan bilangan menggunakan alat peraga dan media yang dapat menunjang pemahaman anak tentang konsep bilangan. maka dari itu alat peraga dan media sangat menunjang dalam melakukan kegiatan belajar agar pemahaman anak menjadi lebih baik.

  3. Nama : Fitria Dahula
    Nim : 838357906
    UBJJ: Manado
    Dalam tayangan Vidio pengembangan kongnitif
    Menurut saya guru sudah baik dalam menciptakan permainan dengan mengambil bola,menghitung gambar di lks.
    Tetapi pada saat permainan mengambil bolah anak-anak terlihat kurangnya antusias dalam bermainan.
    Menurut saya guru harus lebih membuat suasana ceria ,dengan memberikan game,yel-yel,agar anak merasa senang dalam melakukan kegiatan,dan seharusnya guru memberikan contoh terlebih Dahula sebelum memulai kegiatan agar anak-anak dapat melakukanya dengan baik.
    Seperti anak Naila yang tidak bisa berhitung harus di berikan apresiasi yang luar biasa agar anak tersebut bisa percaya diri dengan memberikan kesempatan sekali lagi untuk mengambil bola.
    Terimakasih

  4. NAMA : NIDA FITRIYATUL LU’AILI
    NIM :858735082
    PRODI : PGPAUD Masukan sarjana
    Semester : 2

    Judul video : sulit mengenal konsep bilangan
    Penulis Naskah : Neti Hernawati
    Penelaah Materi : Siti aisyah

    Dalam video pembelajaran tentang pengenalan konsep bilangan pada AUD disini guru sudah menyampaikan pembelajaran dengan enjoy dengan beryanyi, tepuk dan bermain, hal ini terlihat ketika anak menikmati dan berantusias dalam proses pembelajaran.
    dalam video ini guru juga sudah menerapkan prinsip assesment dan evaluasi untuk anak usia dini hal ini terlihat ketika guru memberi reward / penghargaan disaat anak mau mengambil spidol dan reward tersebut berupa bintang. dalam permainan menggambil bola guru pun memberi aapresiasi ucapan pada anak yang mengambil dengan benar, dan ketika ada anak yang kurang saat mengambil bola guru dengan sabar dan enjoy menjelaskan pada anak, kemudian anak bergegas mengambil bola yang kurang tadi dan tak lupa guru juga memberi ucapan apresiasi yang membuat anak percaya diri dan tidak minder.
    Evaluasi pembelajaran TK Lebih berorientasi pada strategi informal, formatif mengutamakan Proses daripada hasil
    Dalam penyampaian dan proses pembelajaran dalam video ini sudah bagus, namun ketika bernyanyi “dua mata saya” guru bisa mengajak anak untuk berdiri dan memberi sedikit gerakan motorik seperti menghentakkan kaki saat “pakai sepatu baru” agar anak lebih semangat.

  5. Nama: Meri Utami
    Nim: 856329991
    SMS : 9
    Upbjj : pangkalan baru

    Dalam tayangan Vidio pengembangan kongnitif
    Menurut saya guru sudah baik dalam menciptakan permainan dengan mengambil bola,menghitung gambar di buku LKS,mengihung jumlah spidol yang ada di kelas.hanya saja pada waktu menjelaskan ke anak hanya sebentar artinya banyak anak yg masih bengong karna belum paham,dan pada waktu menyebutkan angka seharus nya ditulis di papan tulis sehingga anak cepat mengerti dan paham. Dan guru juga menggunakan bahasa Inggris karena banyak anak2 yg belum paham utk bahasa Inggris,paling ada hanya 1 dua anak.

    Saya suka waktu gurunya memberikan reward kepada anak pada waktu menjawab jawaban yang benar berupa stempel bintang ditangan nya.
    Dan guru mengajak anak bernyanyi dan bertepuk sambil menyebutkan lambang bilangan.
    Pada waktu menghitung jumlah kelompok gambar di buku lks guru juga sudah menjelaskan dipapan tulis sehingga anak mudah untuk mengerjakan nya.

  6. NAMA: KASMIATI
    NIM : 858796588
    PRODI : S1 PGPAUD

    Video tersebut menampilkan kegiatan dalam kelas saat guru mengajak anak untuk membilang angka dengan tehnik yang menarik yaitu melalui permainan bola. Media yang digunakan merupakan benda yang konkret sehingga selain anak dapat mengenal konsep bilangan anak juga bisa mengenal macam-macam warna pada bola tersebut.
    Kelemahan:
    Guru masih terlihat hanya berfokus dan berusaha mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran materi tersebut. Selain itu, guru tidak memberikan arahan atau contoh terlebih dahulu sebelum melakukan permainan sehingga di awal anak-anak masih kebingungan dan ragu dalam mengikuti permainan. Selain itu, guru tidak menjabarkan aturan dalam permainan terlebih dahulu serta tidak ada yel-yel yang dapat menumbuhkan semangat anak sehingga ada beberapa anak yang tidak berkonsentrasi dalam permainan tersebut.

    Kelebihan:
    Pengenalan konsep bilangan disajikan secara menyenangkan kepada anak menggunakan benda-benda konkrit, karena anak TK cenderung tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Sehingga ketika melakukan pembelajaran dengan menggunakan benda konkrit anak akan termotivasi untuk terus memuaskan ketertarikannya pada benda konkrit tersebut.

  7. Nama: Suparmi
    NIM: 858168769
    Pokjar: Gresik
    Jurusan: PAUD BI

    Disini saya akan menyimpulkan dari vidio yang saya lihat berheubungan dengan kesulitan anak mengenal konsep bilangan

    adapun halpositif dari vidio tersebut
    Menurut saya cara gurunya sangat bagus mengenalkan konsep bilangannya . Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Dan masih banyak lainnya seperti berburu angka,bermain lego,bermain ular tangga dan menebak angka,banyak cara untuk menarik minat belajar anak. Sebenarnya untuk anak yang umuran TK itu harus banyak mengulang unglang agar tetap diinget, dengan media dan lagu yang berbeda biar anak itu seneng belajar mengenal bilangan dengan baik.
    namun ada segi kelemahan pada saat pembelajaran berlangsung, yaitu:
    Kelemahannya:
    -Seharusnya untuk permainan bola walaupun bolanya kecil tapi kegiatannya tidak didalam kelas tapi di luar kelas, supaya anak.lebih semangat dan antusia lagi untuk belajar. Karena terlihat beberapa anak ad yang ngantuk, mainan jari dan ada yang mengobrol asyik dengan kamera.
    – alat peraga yang digunakan lebih nyata seperti: gelas dan pensil benar-benar alatnya tidak berupa gambar
    – Ada anak yang pada saat diminta maju mengambil spidol sejumlah 4 dengan tangan kiri, seharusnya apabila anaknya kidal tapi guru seharusnya tetap memberikan contoh atau nasehat pada anak tersebut dengan menggunakan tangan yang kanan. Walaupun kalau kidal tetap sulit tapi apabila diberikan penguatan pada anak memakai tangan kanan. selain itu juga anak sulit mengenal konsep bilangan sebaiknya distimulus dengan cara memberi lagu dan tepuk,juga lembar kerja serta menghubungkannya sesuai dengan gambar yang ada dilembar kerja .Juga penguatan pehamaman dengan cara ibu guru memberi stembel bintang pada anak yang menjawab pertanyaan ibu guru dengan betul

  8. Nama : Sumarni daeng salepu
    Nim : 859257391
    Pokjar : Sumba Barat

    menurut saya setelah saya menonton vidio di atas Seri Pembelajaran Pengembanagn Kognitif, (mengenal konsep bilanagan )
    kegiatan belajar cara mengenalkan konseb bilangan kepada anak-anak sudah bagus, guru menggunakan media bola, bernyanyi dan bertepuk, lembar kerja anak, memberikan penguatan kepda anak yang telah berhasil mengerjaka tugasnya, namun dalam hal bercakap-cakap dengan anak-anak, tidak ada interkasi antara anak-anak ke guru, guru tidak boleh menjuk atau memilih anak utuk meju kedepan, harusnya biarakan anak-anak yang lebih aktif guru cukup memberikan penjelasan cara bermain, memantau dan beri kesepakan agar anak-anak tetatap tertib

  9. Nama : Nur Rahmah Br Pelawi
    Nim : 859886696
    Pokjar : Medan
    Tanggapan saya pada video diatas cara mengajar guru sudah bagus, namun masih ada beberapa yang perlu diperbaiki seperti, jangan mencampur bahasa, menyediakan media lain seperti kartu angka, dan melakukan doa sebelum melakukan kegiatan.
    Terima kasih

  10. Nama : Sumarni daeng salepu
    Nim : 859257391
    Pokjar : Sumba Barat

    menurut saya setelah saya menonton vidio di atas seri pembelajaran pengembanagn kognitif, mengenal konsep bilanagan
    kegiatan belajar cara mengenalkan konseb bilangan kepada anak-anak sudah bagus, guru menggunakan media bola, bernyanyi dan bertepuk, lembar kerja anak, memberikan penguatan kepda anak yang telah berhasil mengerjaka tugasnya, namun dalam hal bercakap-cakap dengan anak-anak, tidak ada interkasi antara anak-anak ke guru, guru tidak boleh menjuk atau memilih anak utuk meju kedepan, harusnya biarakan anak-anak yang lebih aktif guru cukup memberikan penjelasan cara bermain, memantau dan beri kesepakan agar anak-anak tetatap tertib

Leave a Reply