Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Assalamualikum Wr.Wb.
    izin menanggapi video pembelajaran dengan judul ” sulit mengenal konsep bilangan”
    Nama : Titing Galih Lestari
    NIM : 857473377
    UT Bandung
    video ini sangat menarik untuk memecahkan sebuah permasalahan mengapa anak kesulitan untuk mengenal konsep bilangan, guru menggunakan teknik mengenal konsep bilangan dengan permainan,tepuk dan juga lagu yang membuat anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang menarik,selain anak di beri penguatan anak juga bersemangat karena mendapatkan bintang dari guru.
    teknik mengenal konsep bilangan pada anak dalam video tresebut yaitu:
    – guru mengajak anak untuk berhiting melalui permainan,gerak dan lagu
    – guru memberikan pengutan kepada anak
    menurut saya kegiatan tersebut akan lebih menarik jika dilakukian sambil berdiri dan membuat lingkaran agar anak dapat bergerak bebas. terimakasih video nya sangat menginspirasi.

  2. Assalamu’alaikum wr. wb
    Nama: Rini Sri Hidayati
    NIM : 858011347
    UT Yogyakarta
    Ijin mengomentari video pembelajaran dengan judul “sulit mengenal konsep bilangan”
    Video ini menggambarkan upaya guru mengenalkan konsep berhitung. Namun alangkah baiknya, ketika anak mengambil bola di dalam keranjang, guru menyiapkan wadah lain untuk bola yang telah diambil, anak distimulasi untuk menghitung bola yang diambil dan guru tidak terburu-buru menyimpulkan anak telah mengambil sesuai keinginannya. Selain itu, sebaiknya setelah guru menghitung ulang bola yang telah diambil anak, guru menulis lambang bilangannya pada papan tulis agar anak mengenal konsep angka sebelum nantinya memberikan lembar kerja.
    Hal positif yang dapat diambil dari cara pembelajaran yang dilakukan guru adalah: guru mengajarkan konsep bilangan melalui permainan sehingga anak-anak tertarik dan bersemangat mengikutinya, guru juga memberikan penguatan. Selain itu, guru menggunakan metode lain dalam mengenalkan konsep berhitung yaitu melalui lagu menghitung jumlah anggota tubuh.

  3. Nama : Berliana Nur Mei Riska
    NIM : 857622823

    Video tersebut sangat bermanfaat untuk kita para guru anak usia dini. Kita bisa belajar dari video tersebut cara mengenalkan konsep bilangan kepada anak seperti melalui permainan, bernyanyi, bertepuk, dan lembar kerja. Di dalam video tersebut guru kurang menggunakan alat peraga yang bervariasi, kita bisa menambahkan bahan – bahan alam seperti batu, kelereng, daun, dan lain sebagainya untuk mengenalkan konsep bilangan. Saya juga setuju guru memberikan reward stempel kepada anak setelah selesai kegiatan, hal ini dapat memotivasi anak untuk semangat belajar.

  4. Video di atas memperlihatkan tentang cara mengajar yang menarik.
    Di mana dalam video tersebut memperlihatkan berbagai cara seorang guru untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan masalah anak yang sulit mengenal konsep bilangan serta guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara menyanyi serta memberi tugas sambil bermain.
    Adapun kelebihan-kelebihan pada metode yang digunakan adalah:
    • anak bersemangat mengikuti kegiatan dikarenakan cara pembelajaran yang diberikan guru sangat menyenangkan
    • guru juga menggunakan benda langsung untuk belajar mengenal konsep bilangan

  5. Nama : Dede Nurul Komaria
    Nim : 877623188
    UPBJJ BANDAR LAMPUNG

    Dalam tayangan video diatas yang berjudul “sulit mengenal konsep bilangan”, memperlihatkan kepiawaian seorang guru taman kanak-kanak yang sedang memperkenalkan konsep bilangan dengan teknik yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Beberapa teknik yang digunakan sebagai berikut: 1. Guru menggunakan bola-bola kecil untuk kegiatan berhitung nyata. Media pembelajaran konkret sangat penting untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini karena anak-anak pada tahap ini masih berpikir secara konkret dan visual. 2. Guru mengajak anak membilang dengan permainan, lagu dan tepuk. 3. Guru memberikan lembar kerja yaitu, memasangkan gambar dengan lambang bilangannya, dan melingkari gambar sesuai dengan lambang bilangannya. 4. Guru memberikan penguatan kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugasnya, berupa pemberian stempel bintang pada tangan anak. Demikian dan terima kasih.

  6. NAMA : FITRIA RAHMASARI
    NIM : 858824046
    Pokjar : Kab. Kediri
    Judul Video Analisis : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    1) Aspek / Bidang pengembangan yang dikembangakan pada anak yang sulit mengenal konsep bilangan adalah cara guru untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan masalah anak sulit mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bernyanyi memberi tugas sambil bermain,selain itu juga guru tidak hanya menggunakan lembar kerja tetapi juga menggunakan benda nyata yang ada di sekitar untuk belajar membilang.
    2) Metode yang digunakan guru adalah
    -Bermain Balok: Meminta anak menghitung jumlah balok yang digunakan untuk membangun menara atau rumah
    -Bermain Peran: Dalam bermain “jual beli”, anak dapat menghitung “uang” atau jumlah barang yang dibeli.
    -Bermain Sensorik: Menggunakan playdough atau pasir untuk membentuk angka atau menghitung jumlah benda yang disembunyikan.
    3) Media yang digunakan guru dalam Video tersebut menunjukkan beberapa strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk membantu anak belajar konsep bilangan, dengan menggunakan berbagai strategi seperti, Mengajak anak membilang melalui permainan , lagu, dan tepuk tangan. Menggunkan alat peraga untuk membantu anak menggambil benda sesuai dengan yang di sebutkan guru. Memberikan lembar kerja yang melibatkan memasangkan dan melingkari benda sesuai dengan angka yang di tunjukan. Memberikan penghargaan kepada anak yang berhasil seperti memberikan setempel Bintang ke tangan anak.
    Permainan Papan Sederhana: Menggunakan permainan dengan dadu atau kartu angka yang sederhana.
    4) Kelebihan dan Kekurangan dalam pembelajaran tersebut
    Kelebihan :
    – anak bersemangat mengikuti kegiatan karena cara pembelajaran yang menyenangkan
    – guru memberikan penguatan kepada anak( reward ) untuk anak yg berhasil melakukan
    – guru menggunakan benda media pembelajaran langsung untuk belajar
    Kekurangan dalam pembelajaran
    Pembelajaran yang dilakukan bagus,tetapi guru masih menggunakan lembar kegiatan untuk memberikan tugas pada anak.
    Masukan untuk meningkatkan pembelajaran Menurut saya selain dengan duduk manis, kegiatan mengenal konsep bilang juga bisa dengan permainan motorik kasar yang melibatkan gerak fisik sehingga anak-anak akan lebih seru dan antusias bermain.

  7. Topik : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama : Dede Nurul Komaria
    Nim : 877623188
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    UPBJJ Bandar Lampung

    1. Pendahuluan
    Pengenalan konsep bilangan merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Namun, dalam praktiknya, banyak anak mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar bilangan seperti menghitung, mengurutkan, dan mengenal simbol angka. Laporan ini merupakan hasil pengamatan dan analisis terhadap tayangan video diatas yang berjudul “sulit mengenal konsep bilangan”.

    2. Uraian Kegiatan
    Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui media bola, lembar kerja gambar benda dan angka,dan lagu, permainan, tepuk. Anak-anak diminta mengambil bola sebanyak jumlah yang guru ucapkan, lalu kemudian menghitung bola nya. Meskipun beberapa anak dapat menghitung dengan benar, mereka masih sering keliru dalam menunjukkan banyaknya benda dengan banyaknya angka yang diucapkan. Misalnya:
    • Anak mengambil 7 bola, padahal dia tahu bahwa guru mengucapkan angka 8.
    • Anak bisa menyebutkan angka satu per satu saat bernyanyi, tapi tidak bisa mengenali angka jika ditunjukkan secara acak.
    • Ada anak yang bergantung pada gerak teman dan Guru, bukan dari hasil berpikirnya.

    3. Analisis
    Kesulitan mengenal konsep bilangan kemungkinan disebabkan oleh:
    • Kurangnya asosiasi antara simbol dan makna angka.
    • Kegiatan pengenalan angka yang masih bersifat hafalan, belum cukup memperkuat konsep melalui permainan bermakna.
    • Kemampuan visual anak yang berbeda-beda, belum semua mampu mengenali bentuk angka secara konsisten.
    Selain itu, kegiatan pembelajaran cenderung kurang berulang dan belum cukup bervariasi, sehingga anak cepat lupa atau bosan.

    4. Simpulan dan Rekomendasi
    Kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dapat diatasi dengan kegiatan yang lebih konkret, menyenangkan, dan konsisten. Disarankan agar guru:
    • Menggunakan media manipulatif dan visual seperti angka dari bahan kain, pasir, atau angka tempel.
    • Memadukan pengenalan angka dengan gerakan, lagu, dan permainan.
    • Melakukan penguatan berulang secara konsisten, misalnya dengan kartu angka tiap hari di awal kegiatan.

    Dengan strategi yang tepat dan suasana yang menyenangkan, anak akan lebih mudah mengingat dan memahami lambang bilangan.

  8. Nama : Jeni eka wijayanti
    NIM : 877973963

    Dalam video tersebut guru yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan materi berupa menghitung bilangan dengan menggunakan media benda membantu anak untuk lebih memahami konsep bilangan dan didukung dengan bahasa yang jelas dan komunikatif sehingga anak mudah untuk memahaminya. Proses pembelajaran yang berlangsung sangat interaktif, anak dilibatkan langsung dalam pembelajaran.selain itu juga mengajarkan bahwa konsep bilangan itu memang perlu proses, bukan sekadar hafalan angka. konsep bilangan dengan permainan,tepuk dan juga lagu yang membuat anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang menarik,selain anak di beri penguatan anak juga bersemangat karena mendapatkan bintang dari guru.

  9. Assalamualaikum
    Nama : hasbiana
    Dengan melihat vidio ini sangat membantu saya sebagai pendidik cara mengatasi anak yang sulit mengenal lambang bilangan . Disini anak sangat senang karna belajar sambil bermain jadi anak tidak merasakan bosan .

  10. Perkenalkan
    Nama : Eva Amelia Maharani
    NIM: 857624597
    UPBJJ: Purwokerto
    Setelah saya menonton video tersebut yang berjudul ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan” sangat membantu saya dalam proses mengajar.
    Poin penting yang dapat saya ambil dan dapat saya terapkan dalam proses mengajar adalah sebagai berikut:
    1. Sebelum pembelajaran dimulai guru mengajak untuk membilang berupa lagu,tepuk ataupun menggunakan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambangan bilangan nya.
    2. Guru juga mengajarkan kepada anak dengan cara bermain bola, guru memberikan perintah kepada muridnya untuk mengambil bola ”7” ,anak lalu mengambil bola di dalam keranjang,guru memerintahkan untuk menghitung kembali di depan temannya dan tidak boleh ada yang memberi tahu ataupun membantu anak yang sedang menghitung di depan kelas bertujuan untuk melatih anak untuk mengenal konsep bilangan.
    3. Setelah itu guru memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil melaksanakan perintah guru yaitu mengambil spidol sejumlah ”5” yang sudah diperintahkan oleh guru tanpa salah.
    4. Terakhir guru memberikan reward kepada anak yang sudah menyelesaikan tugas secara benar dengan memberikan stampel bintang di tangan nya dan anak merasa senang.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/