silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Dalam video yang sudah saya tonton mendeskripsikan mengenali anak yang sulit mengenal konsep lambang bilangan, dalam kegiatan pembelajarannya terdapat kegiatan menghitung anggota tubuh, dengan bertepuk sesuai dengan bilangan yang disebutkan, mencocok lambang bilangan dengan melingkari jumlah angka yang benar sesuai dengan jumlah benda yang ada, dan hal ini disusun dengan sangat menarik dan disukai oleh anakdan juga guru memberi reward terhadap anak yang mampu menjawab dengan baik dan benar serta berani yang bermaksud untuk membuat anak lebih antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.
Nama Ita Nurjannah
Nim 859431748
UPBJJ Kota Makassar
Judul Video ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ”
Video tersebut mengajarkan anak – anak PAUD dalam mengenal konsep bilangan sudah baik, yaitu mengajarkan tentang konsep bilangan dengan berbagai cara seperti : mengajak anak untuk membilang dengan permainan Tepuk dan Lagu, meletakkan benda sesuai lambang bilangan, memasangkan bilangan sesuai jumlahnya, dan melingkari benda yang sesuai. hal tersebut sangat anak – anak untuk mengenal lambang bilangan. guru memberikan reward pada anak yang mampu menjawab dengan benar sehingga anak – anak yang lain termotivasi dan bersemangat untuk memberikan jawabannya.
Video ini memberikan gambaran yang sangat relevan dan mendalam tentang tantangan yang sering dihadapi anak-anak PAUD dalam memahami konsep dasar bilangan. Secara spesifik berfokus pada tema numerasi yang menunjukkan kegiatan bermain bola dengan permintaan “ambil sejumlah bola” menjadi contoh konkret bagaimana guru berupaya mengenalkan konsep bilangan secara interaktif. Video ini juga secara realistis memperlihatkan kesalahan anak, menegaskan peran bimbingan guru dalam proses pemahaman konsep jumlah. Video ini patut diapresiasi karena tidak hanya mengidentifikasi masalah, tetapi juga menyajikan beragam teknik efektif. Penggunaan lagu, tepuk, lembar kerja visual, penguatan positif, dan demonstrasi di depan kelas adalah strategi cerdas yang mampu membuat pembelajaran lebih menyenangkan, mudah diingat, dan membangun pemahaman yang jelas serta kepercayaan diri anak.
Nama: Ari Setianingsih
NIM: 857866438
UPBJJ: Surakarta
Video ini memberikan gambaran yang sangat relevan dan mendalam tentang tantangan yang sering dihadapi anak-anak PAUD dalam memahami konsep dasar bilangan. Secara spesifik berfokus pada tema numerasi yang menunjukkan kegiatan bermain bola dengan permintaan “ambil sejumlah bola” menjadi contoh konkret bagaimana guru berupaya mengenalkan konsep bilangan secara interaktif. Video ini juga secara realistis memperlihatkan kesalahan anak, menegaskan peran bimbingan guru dalam proses pemahaman konsep jumlah. Video ini patut diapresiasi karena tidak hanya mengidentifikasi masalah, tetapi juga menyajikan beragam teknik efektif. Penggunaan lagu, tepuk, lembar kerja visual, penguatan positif, dan demonstrasi di depan kelas adalah strategi cerdas yang mampu membuat pembelajaran lebih menyenangkan, mudah diingat, dan membangun pemahaman yang jelas serta kepercayaan diri anak.
Video pembelajaran yang dapat membantu guru sebagai contoh dalam pembelajaran di kelas bagaimana mengajari anak dalam konsep bilangan
Nama ; Halimatus Sa’diyah
NIM ; 858757697
UPBJJ ; Surabaya
Judul ; Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran mengenalkan konsep bilangan melalui media bola kecil yang memudahkan anak untuk memegangnya. Upaya yang dilakukan antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Menurut pendapat saya video ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kognitif anak khususnya untuk mengenal konsep bilangan. Kegiatan yang dibuat juga bervariasi yaitu dimulai dari mengambil dan menghitung jumlah bola sesuai dengan yang disebutkan oleh guru, menghitung jumlah gambar dan mengerjakan lembar kerja anak. Namun sebaiknya ketika anak mengerjakan LKA posisi anak di ubah menjadi anak duduk di bangku masing-masing agar tidak kesusahan untuk menulis di tikar/karpet.
Terimakasih
Pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini merupakan fondasi penting untuk pembelajaran matematika selanjutnya yang melibatkan pengenalan angka dan bagaimana mereka hubungkan dengan jumlah benda yang bertujuan agar anak-anak dapat memahami konsep bilangan secara konkret sebelum beralih ke simbol.