silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : arifa rohma maulida
    Nim : 858950466
    Prodi : PGPAUD

    Menurut saya media pembelajaran kognitif ini bagus karena media pembelajaran melalui menyanyi dan menghitung bola atau bintang itu sangat efektif untuk mengenalkan konsep bilangan, selain itu melalui tugas tertulis juga bisa dilakukan untuk pembelajarn atau kalau dikelas saya menggunakan display tembok yang bergambar atau bertuliskan angka 1-10 ditempel di tembok kelas berbentuk kereta api , jadi ketika anak menuliskan angka guru akan menunjukkan gambar yang sudah tersedia di tembok kelas dan lama2 anak akan terbiasa menghitung sendiri dan akan tahu bilangan 1 sampai 10 itu bagaimana tulisannya . terimakasih .

  2. Nama : siti iva rahmawati
    Nim : 858164421
    Dari video diatas terlihat seorang guru mengenalkan konsep bilangan dengan tehnik mengajar yang sangat tepat,menyenangkan serta mudah difahami anak didik. Dengan bermain. Bernyanyi bertepuk tepuk anak lebih mudah memahami materi dan lebih merasa senang dalam belajar. Setelah itu guru ingin mengetahui apakah anak anak sudah mengerti apa belum dengan memberi pertanyaan dan juga reward yang menurut saya lebih mengacu anak anak untuk bersemangat

  3. NAMA : NUNIK GAULISAH PANGAHULU
    NIM : 858172672
    PRODI : 121/PG-PAUD (S1)
    Setelah melihat video pembelajaran tentang upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan, menurut kami apa yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan mengenal konsep bilangan ini sudah cukup bagus. Guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang tepat yaitu dengan permainan, bernyanyi dan tepuk. Setelah anak memahami konsep bilangan, guru memberikan lembar kerja untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak tentang konsep bilangan.
    Tidak lupa guru juga memberikan reward berupa stempel bintang kepada siswa yang dapat membilang dengan benar.

  4. Nama : Dena Parlina
    NIM : 857493361
    Prodi : S1 PGPAUD
    Semester : II
    Pada video diatas yang berjudul “sulit mengenal konsep bilangan” menurut saya pebelajaran tentang mengenal konsep bilangan yang dilakukan guru tersebut sudah bagus, anak – anak diajarkan berhitung menggunakan media bola, spidol, dan lka bergambar. Guru juga mengajarkan berhitung dengan bermain tepuk dan bernyanyi. Guru juga memberi reward kepada anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya dengan tepuk tangan dan pemberian stempel bintang, hal tersebut sangat bangus supaya anak lebih semangat mengerjakan tugas dan merasa bangga sudah menyelesaikan tugasnya.
    Menurut saya untuk media berhitung sedikit kurang menarik karena menggunakan media yang sering anak lihat, coba untuk menggunkan media yang lebih menarik lagi seperti batu batuan yang sudah dicat warna warni, boneka boneka kecil dll. Lalu dalam pengenalan konsep bilangan kenalkan dulu bilangan 1 – 10 dengan menyebutkan bilangannya dan menunjukan lambang bilangannya, setelah itu baru bermain menyuruh anak mengambil bola sesuai perintah, melingkari bilangan sesuai gambar yang ada di LKA dll.

  5. Nama : Yeni Yulanda
    Nim : 856612608

    Judul video : “sulit mengenal konsep bilangan”.
    menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran diatas upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan mengenal konsep bilangan ini sudah cukup bagus. seperti dalam penggunaan media dan metode sudah tepat. misalnya seperti pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan menggunakan bola dan metode juga menggunakan metode bermain, bernyanyi sambil bergerak menghitung jumlah anggota tubuh, bertepuk tangan dengan hitungan angka. Setelah itu untuk memahami sejauh mana pemahaman anak terhadap konsep bilangan, guru memberikan lembar kerja atau tugas kepada anak.
    dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi guru meminta anak menghitung jumlah spidol di depan dan tidak
    Tidak lupa guru juga memberikan reward berupa stempel bintang kepada siswa yang dapat membilang dengan benar.
    adapun sedikit saran dari saya mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru diatas
    sebelum pembelajaran dimulai guru sebaiknya meminta anak menghitung berantai atau menghitung jumlah teman sekelas ada berapa yang sudah hadir, berhitung sambil menggunakan jari tangan, dan dapat juga dengan menulis angka dengan menggunakan media pasir.
    itu adalah cara saya mengenalkan konsep angka pada anak yang sering saya lakukan dikelas sebelum proses belajar-mengajar.
    terima kasih

  6. Nama/NIM : Arum Meilena
    Prodi/smt : PGPAUD-BI/2
    Pokjar : Lamongan

    Dalam video tersebut guru mengajarkan anak mengenal konsep bilangan dengan cara yang menarik, yakni dengan media bola. Secara langsung anak dapat belajar sambil bermain, hal itu dapat memacu anak untuk lebih bersemangat dalam belajar karena dia sangat merasa senang ketika melakukan pembelajaran tersebut

  7. Nama/NIM : Arum Meilena/858733928
    Prodi/smt : PGPAUD-BI/2
    Pokjar : Lamongan

    Dalam video tersebut guru mengajarkan anak mengenal konsep bilangan dengan cara yang menarik, yakni dengan media bola. Secara langsung anak dapat belajar sambil bermain, hal itu dapat memacu anak untuk lebih bersemangat dalam belajar karena dia sangat merasa senang ketika melakukan pembelajaran tersebut.
    Ketika anak belajar dengan hati yang senang maka apa yang kita sampaikan akan mudah diterima oleh anak, sebelum pembelajaran guru juga dapat mengenalkan konsep bilangan dengan menghitung teman sekelasnya. Dalam video tersebut guru juga memberikan reward kepada anak dengan harapan anak menjadi lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan di sekolah

  8. Nama : Umi Nadifah
    NIM : 858163254
    Judul ” sulit mengenal konsep bilangan”
    Menurut saya, penjelasan yang diberikan oleh guru tersebut sudah bagus, karena penjelasannya melalui bermain, bernyanyi dan bertepuk, dan juga sebagai medianya guru tersebut menggunakan bola dan spidol. Selain itu guru tersebut memberi lka untuk mengetahui seberapa paham anak mengenal konsep bilangan yang sudah dijelaskan oleh guru. Tetapi menurut saya, ada baiknya juga jika guru menggunakan kartu angka agar anak dapat mengetahui bentuk dari bilangan tersebut.

  9. Nama : Siska Danuari
    NIM : 857364817
    prodi : PG-PAUD
    judul ” anak sulit mengenak konsep bilangan”
    menurut pendapat saya, anak-anak memang membutuhkan guidance untuk mengenal dan memahami konsep bilangan, dengan ini gurur haruslah memiliki berbagai macam metode untuk mempermudah anak dalam belajar mengenal konsep bilangan. seperti yang sudah di perlihatkan di video guru mempunyai cara atau teknik seperti tepukan, lagu dan juga permainan, hal ini sangat bagus diterapkan kepada anak sehingga anak tidak menyadari bahwa dirinya sedang belajar melainkan mereka asik dengan kegiatan yang di lakukan. hal yang paling saya suka adalah ketika guru menjelaskan terlebih dahulu dan mengajak anak untuk membilang menggunakan berbagai benda baru lah di kasih lembar kerja untuk menguatkan kembali kemampuan anak.

  10. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD
    Dalam pelajaran matematika guru hari lebih kreatif dalam menyajikan materi materi untuk mengenal konsep bilangan guru dapat menggunakan media baik gambar maupun kongkrit agar siswaebih mudah memahami pembelajaran dengan benar

Leave a Reply