silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : holifatul hasanah
Nim : 858892855
Prodi : S1 PGPAUD
Judul : sulit mengenal konsep bilangan
Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan sudah cukup baik, pada video tersebut guru menggunakan permainan bola,tepuk tangan,nyanyian bahasa inggris.kemudian guru memberikan lembar kerja dan memasangkan benda sesuai lambang bilangan.dan pada akhir video guru memberikan reward berupa stempel bintang agar anak tambah semangat.
saya setuju dengan video diatas yakni mengatasi kesulitan anak untuk mengenal konsep bilangan dengan media yang nyata, karena prinsip belajar ank usia dini adalah belajar dengan benda kongkret. jadi sebagai guru kita harus selalu mengikuti pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak bukan sesuai keinginan guru. selain cara diatas mengenalkan konsep bilangan bisa melalui permainan tradisional dakon, ular tangga, bermain kincir angka, tepuk jari, bernyanyi sambil memegang dll. yuuk kita kenalkan konsep bilangan dengan bermain
Nama : Lebora Juita Pasaribu
NIM : 856485924
Video “ anak sulitmengenal konsep bilangan
Menurut saya cara guru menyampaikan materi kepada anak sudah bagus dengan menyuruh anak mengambil jumlah dari angka bilangan, yang artinya anak terlebih dahulu mengerti akan jumlah dan kemudian ketahap berikutnya mengenal dari symbol dari angka bilangan tersebut.
Adapun yang disarankan untuk guru tersebut adalah, Ketika memberi contoh Latihan kepada anaka-anak yang mengunakan kertas ukuran A4 dan dengan gambar yang terlalu kecil untuk dilihatkan kepada anak-anak. Kemudian saat guru menerangkan tentang latihan dengan kertas A4 itu , alangkah baiknya guru tidak berdiri sepenuhnya, seharusnya guru berdiri diatas lutut untuk menjaga pandangan anak ( anak menjadi terlalu mendongakkan kepala) yang dimana akan membuat anak menjadi cepat Lelah.
Izin menjawab 🙏
Nama : Fitri Astuti
Nim : 857816956
Judul vidio: Anak sulit mengenal konsep bilangan
Setelah mengamati vidio tersebut,menurut saya usaha guru untuk mengenalkan konsep bilangan ke anak didik sudah bagus,diawali dengan mengajak anak bernyanyi sambil berhitung.
Untuk pengenalan konsep bilangan ke anak- anak memang cukup sulit,terutama konsep bilangan pengurangan karena karakteristik anak berbeda- beda.Alangkah baiknya apabila dalam pijkan sebelum bermain guru menjelaskan dengan mengunakan media kartu huruf dan kartu angka supaya anak dapat melihat dan mengucapkan secara langsung bentuk angka dan hurufnya.Dan lebih bagus lagi apabila saat kegiatan pembukaan anak diajak berdiri dan bergerak dengan mengunakan iringan lagu berhitung dari gurunya tadi supaya perkembangan fisik motorik anak juga berkembang.
Dari vidio tersebut kegiatan masih berpusat pada guru,karena guru tidak memberikan kesempatan pada anak didiknya,saat guru menjelaskan mengunakan lembar kerja yang ditempel dipapan tulis guru tidak memperhatikan kebersihan papan tulis,dividio tersebut masih terlihat papan tulisnya masih ada tulisn yg lain selain lembar kerja yg ditempel guru yang bisa mengalihkan konsentrasi pada anak- anak
Nama :Minarti
Nim :855877206
Prodi :PG PAUD
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Hasil analisis video
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah bagus, yaitu mengenalkan konsep bilangan melalui permainan, lagi dan juga tepuk, pemberian tugas dn juga pemberian reward berupa stempel bintang yang di berikan kepada anak yang betul menjawab tugas yang di berikan oleh guru. Akan tetapi kelemahan guru dalm video tersebut adalah seharusnya guru memberikan wadah/keranjang untuk tempat bola yang di ambil, pada LK gambar-gambarnya harusnya berwarna agar lebih menarik perhatian anak, kemudian media yang di gunakan harusnya lebih beragam seperti balok, batu, stik es cream, atau bahan lain yang mudah di dapat di sekitar anak.
Nama : Lebora Juita Pasaribu
NIM : 856485924
Video “ anak sulit mengenal konsep bilangan
Menurut saya cara guru menyampaikan materi kepada anak sudah bagus dengan menyuruh anak mengambil jumlah dari angka bilangan, yang artinya anak terlebih dahulu mengerti akan jumlah dan kemudian ketahap berikutnya mengenal dari symbol dari angka bilangan tersebut.
Adapun yang disarankan untuk guru tersebut adalah, Ketika memberi contoh Latihan kepada anaka-anak yang mengunakan kertas ukuran A4 dan dengan gambar yang terlalu kecil untuk dilihatkan kepada anak-anak. Kemudian saat guru menerangkan tentang latihan dengan kertas A4 itu , alangkah baiknya guru tidak berdiri sepenuhnya, seharusnya guru berdiri diatas lutut untuk menjaga pandangan anak ( anak menjadi terlalu mendongakkan kepala) yang dimana akan membuat anak menjadi cepat lelah.
Nama : Viska Switaningtyas
NIM : 858897349
Prodi/Semester : PGPAUD S1/8
Pokjar : Dinas Pendidikan Kab. Probolinggo
UPBJJ -Jember
Menurut Ahmad (dalam Irfatul ‘Ulum 2014 hal 16),kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia TK A yaitu anak mampu membilang, menyebut urutan bilangan dari 1-10, membuat urutan bilangan 1 sampai 10 dengan benda-benda, menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda hingga 10, membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit
Bagaimana cara seorang guru menangani anak yang sulit mengenal konsep bilangan? Guru memberikan penguatan terhadap anak yang baik hasilnya dengan cara menilai hasil karyanya, berupa pemberian stempel bintang di tangannya. Guru juga sangat antusias dalam mengajak anak belajar konsep bilangan dengan berbagai cara. Media yang digunakan masih dikatakan kurang menarik bagi anak kelompok A, guru dapat menggunakan media pohon semangka (sembunyi angka). Strategi pendekatan yang digunakan adalah metode dan evaluasi pembelajaran. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak kelompok A lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit.
Pada vidio di TK mempunyai program mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Alasan dari pengembangan kognitif tersebut adalah agar anak mempunyai kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan anak sehari-hari.guru dapat menggunakan media pohon semangka (sembunyi angka). Strategi pendekatan yang digunakan adalah metode dan evaluasi pembelajaran. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak kelompok A lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit.
Nama : Tri Lestari Rakhmawati
NIM : 858612714
Prodi : S1 PG-PAUD
Pembelajaran mengenalkan konsep bilangan yang ditampilkan dalam video tersebut sudah bagus. Pengenalan bilangan pada anak usia dini dilakukan melalui berbagai metode, yaitu permainan, lagu, tepuk-tepuk, lembar kerja dan lainnya. Untuk anak yang sulit mengenal bilangan atau anak yang baru belajar mengenal bilangan, selain dengan lagu dan permainan, juga menggunakan kartu angka, poster angka dan tulisan angka pada buku untuk mengenalkan simbol bilangan. Karena pengalaman yang saya hadapi, terkadang anak bisa berhitung 1-10 menggunakan jari, bisa menghitung benda yang dihadapannya, namun anak kesulitan ketika diminta untuk menuliskan angka 3 atau angka 8 dan seterusnya. Mereka tidak mengenal simbol bilangan. Menurut saya mengenalkan bilangan pada anak, juga harus selaras dengan mengenalkan simbol bilangannya.
Nama : Novie Widianti
NIM : 835770013
Prodi : S1 PGPAUD
Matkul : PKP
Pokjar : Kota Jambi
Menurut pendapat saya video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak. Secara umum, tayangan video menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa hal yang sudah baik namun ada beberapa hal yang menjadi catatan saya sebagai refleksi untuk dilakukan perbaikan. Hal yang sudah baik adalah :
1. Guru melakukan pembelajaran pada anak usia dini melalui kegiatan permainan (bermain mengambil bola sesuai jumlah yang disebutkan guru)
2. Guru juga mengajarkan konsep bilangan melalui bernyanyi, siswa PAUD sangat senang mendengarkan dan melafalkan lagu-lagu
3. Guru memberikan apresiasi pada siswa yang berhasil dalam kegiatan belajarnya melalui pemberian stempel
4. Sebelum memberikan tugas kepada siswa, guru menjelaskan terlebih dahulu untuk memberikan pemahaman awal atas tugas yang akan dikerjakan siswa
Hal yang perlu menjadi perhatian sebagai perbaikan adalah :
1. Untuk mengenalkan konsep bilangan siswa seharusnya sebelumnya diajarkan nama dan bentuk bilangan melalui kartu angka
2. Dalam memberikan permainan, guru tidak memanggil siswa satu-satu karena akan membutuhkan waktu yang lama dan siswa akan bosan menunggu giliran, namun dapat dilakukan dengan pembagian siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian bola di bagi menjadi beberapa keranjang dan siswa diajak lomba mengambil bola sehingga tidak ada siswa yang tidak berkegiatan
3. Untuk siswa PAUD sebaiknya pengenalan konsep bilangan tidak melalui LKS, namun lebih kepada kegiatan-kegiatan praktik langsung dengan media-media yang menarik
4. Sebelum melakukan pembelajaran, guru melakukan pemetaan kesiapan belajar siswa sehingga tugas yang diberikan kepada siswa sesuai dengan kesiapan belajar masing-masing (siswa yang sudah mengenal konsep bilangan dengan baik dapat di berikan angka yang besar, sedangkan siswa yang kesiapan belajar masih rendah bisa di mulai dengan angka-angka kecil)
5. Terlihat dalam vidio siswa menulis dengan posisi tudur telungkup tanpa meja, hal ini kurang baik untuk pertumbuhan tulang belakang siswa dan harus dihindari.