silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama: Ni Ketut Sri Budhi Dwi Marleni
    NIM: 859016696
    UPBJJ: Denpasar

    Tayangan video di atas cukup menarik karena memberikan beberapa strategi atau solusi untuk permasalahan anak sulit mengenal konsep bilangan. Anak membutuhkan contoh yang nyata atau konkrit dalam belajar sehingga kegiatan menghitung bola seperti yang ditunjukkan dalam video di atas sudah sangat baik. Kegiatan lain yang dapat dilakukan selain strategi-strategi yang sudah dijabarkan dalam video antara lain bermain kartu angka sehingga anak dapat terbantu dalam mengenal bentuk simbol aau lambang bilangan/angka; menonton video animasi tentang angka, bercerita menggunakan big book tentang angka.

  2. NAMA : MUNIFATUL ACHWAL
    NIM : 858847448

    a. Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    b. Nama pengembang video : Netti Hernawati
    c. Lokasi : Didalam Kelas
    d. Kelompok anak dalam video : Seri pembelajaran PAUD
    e. ringkasan materi dalam video :

    Pada pembelajaran dalam video tersebut, dapat kita pahami bahwa anak memiliki karakteristik yang berbeda dalam memahami setiap apa yang disampaikan oleh pendidik. ada anak yang mudah memahami perintah ibu guru dengan mengikuti intruksi, ada pula yang kurang memahami intruksi dari ibu guru.
    sesuai dengan penggambaran divideo tersebut, tampak anak laki-laki yang dipanggil pertama kali mampu menyelesaikan challenge dari ibu guru dengan mengambil 4 bola, sesuai yang diintruksikan.
    sedangkan, untuk anak perempuan yang dipanggil di urutan kedua tampak masih bingung dengan intruksi yang diberikan ibu guru, maka dari itu ia salah mengambil jumlah bola yang diintruksikan.

    selain itu, masih ada pembelajaran lain yang ada dicuplikan video tersebut untuk melatih konsep berhitung pada anak. dari konsep tersebut dapat dijadikan acuan untuk melatih kefokusan anak dalam berhitung.

    b. Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?

    menurut saya, guru dalam video tersebut mampu menerapkan asesmen dan evaluasi pada anak didiknya. karena, ketika menilai kemampuan perkembangan anak, ia berusaha untuk menilai dari berbagai aspek, tidak hanya mengacu pada aspek kognitif dan bahasanya saja.
    ini menjadi bukti validasi bahwa guru disini, berperan penting dalam mengarahkan pembelajaran pada anak.

    c. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.

    pada proses pembelajaran yang guru lakukan dalam video tersebut, yang perlu diperbaiki adalah :
    1. guru harus lebih kreatif dalam memilih permainan yang tidak menyulitkan pembelajaran pada anak, seperti halnya anak perempuan pada urutan kedua tampak kesulitan ketika membawa media pembelajaran (bola), karena jumlah bola yang di intruksukan oleh guru untuk diambil tampak terlalu banyak.
    2. upayakan pemberian reward pada anak tidak hanya berupa stampel, atau bisa juga menggunakan stiker karakter unik, yang dapat membangkitkan semangat anak untuk berpartisipasi dalam permainan/pembelajaran.

  3. Nama:SITI LASMI
    NIM :857684901
    UPBJJ :SEMARANG
    Assalamualaikum
    Vidio yang ditampilkan tampak Upaya guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut;dan seterusnya sudah bagus, cara guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan .cara lain agar anak tidak kecanduan main gadget dengan berikan dan dukung anak mainan yang banyak melibatkan fisik motoriknya,projek yang ditampilakn dalam video cukup efektif untuk merdam keinginan anak main gadget.Guru dalam memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran dan tahapan dalam projek based learning yang diterapkan guru sudah bagus; sedikit saran saya ketika anak menulis fasilitasi agar anak bisa nyaman duduk dengan posisi yang benar tampak dalam vidio anak menulis dilantai kurang nyaman dan tidak bagus untuk pembentukan tulangnya.
    Terimakasih,wassalamualaikum.

  4. Nama : Susiliana
    NIM : 856782079
    Prodi : SI PG PAUD ( BI )
    Menurut saya vidio diatas menarik kerana guru memberikan pembelajaran pada anak dengan beberapa strategi seperti, bertepuk tangan,bermain bola, bernyanyi dua mata saya, menghitung jumlah sepidol, media yang ada di sekitar anak, guru menjelaskan pembelajaran dan contoh di papan tulis, anak – anak antusias mengerjakan tugas melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar,guru memberikan reward berupa stempel bentuk bintang dengan anak yang menyelesaikan tugas.
    Saran sebaiknya contoh dipapan tulis lebih besar dari lembar kerja anak,

  5. nama : Putri Mitayani
    NIM : 856783823
    Pokjar : Palembang
    Prodi : S 1 PGPAUD (B I)

    Berdasarkan video diatas, dalam mengenalkan anak pada konsep bilangan, dapat berupa melakukan permainan menghitung bola, menghitung jumlah spidol, mengelompokkan gambar dengan jumlah yang tertera pada lembar kerja, bernyanyi, bertepuk dll. dimana semua kegiatan dilakukan dengan cara belajar sambil bermain, adapun media yang digunakan adalah menggunakan media yang ada di sekitar anak. sehingga anak akan dengan mudah memahami konsep bilangan yang diajarkan oleh ibu guru.
    contoh, sambil membereskan spidol yang tercecer di lantai anak dapat sambil menghitung jumlah spidol yang dipungut. begitu pun dengan bola, ketika anak selesai bermain bola, anak dapat membereskan bola dengan cara dihitung.

    dan hal yang paling sangat disukai oleh anak adalah ketika ibu guru memberikan penguatan kepada anak berupa stempel bintang.

    namun ada baiknya guru ikut melakukan permainan menghitung bola dan membiarkan anak yang menyebutkan bilangannya.

  6. Nama : Elisa Estati Jeujanan
    NIM : 838575152
    Program Studi : PG PAUD
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan

    Pada video tersebut seorang guru ditaman kanak dan berupaya untnuk meningkatkan pengenalan konsep bilangan melalui berbagai kegiatan seperti benda menghitung banyaknya spidol, kegiatan ini dilakukan agar dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak, kemampuan ini dapat memperoleh anak untuk memahami konsep bilangan oleh anak, bisa belajar berhitung dengan baik.

  7. NAMA : NUR KHAYATI
    NIM : 857746011
    UPBJJ: SEMARANG
    POKJAR : BUARAN

    Judul Video : Anak sulit mengenal Konsep Bilangan
    Pengembang : Netti Hernawati
    3 kelebihan dalam pembelajaran tersebut :
    1. Guru mengenalkan konsep bilangan tidak hanya secara tertulis saja tetapi dengan anak-anak praktik langsung
    2. Guru mengenalkan konsep bilangan dengan nyanyian jadi anak-anak lebih senang
    3. Guru memberi reward dengan stempel bintang untuk anak-anak yang bisa menghitung dengan benar
    3 Kelemahan dalam pembelajaran tersebut :
    1. Kegiatan monoton di dalam kelas bisa membuat anak bosan
    2. alat peraga yang digunakan bisa hanya yang ada di kelas saja padahal alat peraga dari alam kemungkinan anak lebih tertarik seperti menghitung bunga/ranting/daun
    3. variasi kegiatan masih kurang jadi mungkin kurang tertarik dengan kegitan tersebut
    Strategi perbaikan menurut saya sebagai guru PAUD :
    1. Anak-anak bisa diajak ke luar kelas untuk mengenal konsep bilangan seperti menghitung bunga,ranting, daun, kerikil atau biji-bijian yang ada di sekitar lingkungan sekolah biar anak lebih antusias dan lebih paham konsep bilangan.
    2. Jika akan menggunakan alat peraga yang ada di dalam kelas guru bisa mencoba dengan metode kompetisi 2-3 anak untuk berlomba mengambil bola sesuai perintah guru, dari kegiatan tersebut anak-anak akan lebih bersemangat.

  8. Nama : Anik Rustiana
    NIM : 857684664
    Program studi : S1-PGPAUD

    Pengembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan pada video tersebut sudah bagus.
    Guru mengawali pembukaan dengan materi terkait konsep bilangan, selanjutnya mengajak anak untuk membilang dengan lagu dan tepuk.
    Pembelajaran inti di lakukan dengan alat peraga yakni menghitung bola dan spidol juga pemberian tugas pada lembar kerja.
    Guru memberikan reward pada hasil karya yang baik berupa stempel bintang pada tangan anak.

    Secara keseluruhan pembelajaran yang dilakukan guru sesuai dengan perkembangan anak, beberapa poin yang perlu ditambahkan yakni;
    1. Penggunaan ragam alat peraga, bisa menggunakan stik, batu alam, sendok, balok, dsb agar anak dapat memilih jenis alat peraga yang akan digunakan untuk menghitung bilangan.
    2. Guru terlihat masih dominan dalam kelas, seperti saat menghitung bola dan menentukan banyaknya bola, jadi biarkan anak untuk menghitung dan menentukan berapa banyak bola yang akan diambil sendiri.
    3. Penggunaan bahasa indonesia dan bahasa inggris yang bercampur, seperti saat menyuruh anak mengambil bola 7, guru menyebut “seven”. Hal ini dapat membingungkan anak yang baru mengenal konsep membilang.

  9. Nama : Puji Rahayu
    NIM :855877213
    Pokjar : Bojonegoro UPBJJ Surabaya

    Menurut saya kegiatan yang diberikan anak dalam rangka untuk mengenalkan pada anak mengenai konsep bilangan sudah tepat. Dengan kegiatan seperti membilang dengan permainan, lagu dan tepuk serta memberikan tugas pada anak sangat membantu dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak, didukung dengan media yang digunakan membuat anak semakin tertarik untuk mengenalnya dan tentunya tidak mudah bosan. Disini dapat dilihat bahwa guru dituntu harus lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media yang ada, sehingga kegiatan yang diberikan guru dapat menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.

  10. Nama : Nurtini
    Nim. : 858423558
    Menurut pendapat saya dari video tersebut dimana seorang guru menyanyikan sebuah lagu untuk mengenalkan sebuah konsep bilangan tetapi bermain bolanya ada didalam kelas dan sepertinya ada anak yang sebagian kurang minat dalam permainan tersebut,untuk media pembelajaran kurang di minati oleh anak karena kurang menarik biasanya anak suka dengan warna warni supaya lebih semangat belajarnya , agar supaya anak tidak jenuh atau bosan itu sudah benar dalam memberikan pengenalan sebuah konsep dan untuk lebih mengenal konsep bilangan tersebut supaya tidak sulit sebaiknya jadikan berhitung bagian dari aktifitas sehari hari ,mengajak anak belajar menghitung langkahnya ,menghitung balok serta mencocokkan angka dengan benda yaitu media pembelajaran yang menyenangkan serta dengan media yang baik otomatis anak akan semangat belajar untuk mengenal konsep bilangan

Leave a Reply