Similar Posts
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Nama: Frisna Virginia
NIM: 858128321
Berdasarkan video pembelajaran mengenai tangga nada mayor tersebut, menurut saya terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan simpulkan.
Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad. Siswa juga cukup menguasai dalam memainkan alat musik pianika.
Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor. Guru tidak menjelaskan bagaimana urutan nada yang benar pada tangga nada D mayor, karena tangga nada C mayor dan D mayor sebenarnya memiliki urutan nada yang berbeda. Siswa hanya mengetahui bahwa tangga nada C mayor dan D mayor berbeda tanpa mengetahui penjelasan spesifik mengapa tangga nada tersebut bisa berbeda.
Saya terinspirasi dengan video ini untuk di kembangkan di sekolah