Similar Posts
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama: Frisna Virginia
NIM: 858128321
Berdasarkan video pembelajaran mengenai tangga nada mayor tersebut, menurut saya terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan simpulkan.
Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad. Siswa juga cukup menguasai dalam memainkan alat musik pianika.
Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor. Guru tidak menjelaskan bagaimana urutan nada yang benar pada tangga nada D mayor, karena tangga nada C mayor dan D mayor sebenarnya memiliki urutan nada yang berbeda. Siswa hanya mengetahui bahwa tangga nada C mayor dan D mayor berbeda tanpa mengetahui penjelasan spesifik mengapa tangga nada tersebut bisa berbeda.
Saya terinspirasi dengan video ini untuk di kembangkan di sekolah
NAMA : KEVIN CRIST BENEDICTUS LUMBAN GAOL
NIM : 859891136
POKJAR : TAPUT-HUMBAHAS
Berdasarkan video pembelajaran mengenai tangga nada mayor tersebut, menurut saya terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan simpulkan.
Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad. Siswa juga cukup menguasai dalam memainkan alat musik pianika.
Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor. Guru tidak menjelaskan bagaimana urutan nada yang benar pada tangga nada D mayor, karena tangga nada C mayor dan D mayor sebenarnya memiliki urutan nada yang berbeda. Siswa hanya mengetahui bahwa tangga nada C mayor dan D mayor berbeda tanpa mengetahui penjelasan spesifik mengapa tangga nada tersebut bisa berbeda.
Nama : Seli anggraini
Nim : 856794897
Setelah saya melihat dan menyimak video di atas, guru langsung pendekatan praktek mengajak murid berlatih. Menggunakan alat musik ( pianika) tanpa memberikan teori tertulis dipapan tulis, dan guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan, langsung kegiatan inti pembelajaran hal ini dapat perpengaruh kepada siswa dan juga pada kegiatan inti guru tidak melakukan kegiatan dengan jelas guru langsung memberikan penjelasan terlebih dahulu.
Nama : Simetri Oktafia Gulo
Setelah saya mengamati video tersebut Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad.
Dhiana Putri
859543651
Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor.
Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik.
nama : made desi susanti nim 859543913
Video ini sangat bermanfaat sebagai contoh pembelajaran musik yang menarik dan praktis dengan menggunakan alat musik pianika. Namun, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru perlu menambahkan tahap pendahuluan, memberikan penjelasan teori yang lebih lengkap, dan mengaitkan praktik dengan konsep dasar tangga nada mayor secara jelas. Hal ini akan membantu siswa tidak hanya mahir bermain, tetapi juga memahami teori musik yang mendasarinya.