Similar Posts
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Nama: Frisna Virginia
NIM: 858128321
Berdasarkan video pembelajaran mengenai tangga nada mayor tersebut, menurut saya terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan simpulkan.
Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad. Siswa juga cukup menguasai dalam memainkan alat musik pianika.
Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor. Guru tidak menjelaskan bagaimana urutan nada yang benar pada tangga nada D mayor, karena tangga nada C mayor dan D mayor sebenarnya memiliki urutan nada yang berbeda. Siswa hanya mengetahui bahwa tangga nada C mayor dan D mayor berbeda tanpa mengetahui penjelasan spesifik mengapa tangga nada tersebut bisa berbeda.
Saya terinspirasi dengan video ini untuk di kembangkan di sekolah