silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

301 Comments

  1. Kegiatan tebak pantomim membantu anak TK belajar motorik kasar dan bahasa, seperti yang ditunjukkan dalam video ini. Anak-anak bermain permainan ini dengan meniru tindakan atau gerakan tertentu tanpa suara, sementara teman-temannya menebak apa yang sedang diperagakan. Aktivitas ini meningkatkan keterampilan motorik kasar anak, seperti koordinasi, keseimbangan, dan kelenturan. Setelah permainan selesai, tebak pantomim juga membantu perkembangan bahasa anak dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk menyimak, memperkaya kosa kata mereka, dan mendorong mereka untuk berbicara secara lisan. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan untuk anak-anak, tetapi juga membantu mereka belajar bergerak dan berkomunikasi. Ini juga membantu mereka belajar keterampilan sosial seperti bekerja sama dan memahami ekspresi non-verbal. Variasi permainan dengan tema yang berbeda dapat dilakukan oleh guru untuk memaksimalkan hasil.

  2. Nama : Alfiah Mukholimah
    NIM: 877321013
    UPBJJ : Malang
    VIDIO mengembangkan motorik dengan gerak pantomin
    Pada vidio tersebut sangat menginspirasi karena banyak sekali referensi gerak yang dapat digunakan untuk mengmbangkan motorik anak,denagn mengenalakan macam – macam hewan,profesi selain melatih motorik dapat meningkatkan kemampuan kognitif,bahasa,sosial pada anak.terimakasih vionya sangat menginspirasi..

  3. Nama : Aspiyatun Hasanah
    Nim : 858893019
    Video gpo yang berjudul kegiatan motoric melalui tebak pantomim

    Dalam video tersebut yang awalnya anak tidak fokus dalam senam dan tidak rapi pertama dalam penataan senam tersebut kondisi ruangnya terlalu sempit dan anak jadi tidak fokus dengan dirinya sendiri anak-anak fokus melihat temannya . Kemudian guru melakukan tebak pantomim yang mana anak merasa sangat senang dan antusias dan lebih fokus dalam mengembangkan motorik kasar anak

  4. Nama : Halimatu Syadiah
    NIM : 857498228
    UPBJJ : Bandung
    Pokjar : Cimahi

    Setelah menyimak video seri pembelajaran PAUD dengan judul ” Tebak pantomim” menurut saya videonya sangat menraik dan dapat dilakukan oleh anak-anak PAUD. Dalam video ditunjukkan cara melakukan kegiatan tebak pantomim, guru mencontohkan terlebih dahulu pada salah satu anak. Kegiatan permainan tebak pantomim menurut pendapat saya sangat menarik selain dapat mengembangkan aspek fisik motorik anak juga dapat mengembangkan aspek bahasa anak dan sosial dengan mencari teman sebagai pasangannya. Masukan yang mungkin bisa dilakukan menurut saya permainan tebak pantomim dilakukan diluar ruangan, misalnya dihalaman sekolah atau dilapangan sekolah (jika ada) agar anak-anak dapat lebih bebas dan leluasa dalam bergerak melakukan kegiatan.

  5. Nama : Larasati Sukmaningrum
    NIM : 877315303

    *Komentar pada video “Tebak Pantomim”:
    “Video ini sangat menarik dan kreatif! Guru-guru di sini memimpin permainan tebak pantomim dengan sangat baik, membuat anak-anak antusias dan aktif berpartisipasi. Saya suka bagaimana mereka menggunakan pantomim untuk melatih kemampuan pengamatan, imajinasi, dan kerja sama tim anak-anak. Permainan ini pasti sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak.”

    *Masukan dan saran saya tentang video pembelajaran “Tebak Pantomim”:
    Secara keseluruhan, saya merasa video pembelajaran “Tebak Pantomim” ini sangat berkualitas dan dapat menjadi referensi yang berharga bagi guru PAUD. Materi yang disajikan sangat relevan, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Penggunaan permainan tebak pantomim dalam video ini menunjukkan upaya untuk mengembangkan berbagai keterampilan anak, seperti pengamatan, imajinasi, komunikasi, dan kerja sama.
    Saran saya, video pembelajaran ini dapat ditambahkan dengan variasi tema atau topik pantomim yang lebih beragam, sehingga dapat memperkaya pengalaman belajar anak-anak. Selain itu, dapat juga disediakan panduan atau tips bagi guru dalam memimpin permainan tebak pantomim yang efektif.

  6. nama : sri witanti
    nim : 857858082
    tebak pantonim
    di dalam tebak pantonim ini anak terlihat senang dengan kegiatan ini. anak mendengar perintah guru lalu melakukan tugas yang diperintah oleh guru . anak anak cukup fokus dengan permainan ini, anak mampu melakukan gerakan yang diminta oleh guru, anak mampu mendengarkan apa ya yang diperintah oleh guru. anak sangat senang dengan kegiatan ini

  7. Nama : Sri Anugrah
    NIM : 859428804
    Dengan adanya kegiatan pantonim sangatlah baik karena melatih konsentrasi dan motorik kasar pada anak, anak yang merasa bosan dan jenuh dengan kegiatan lain namun diberikan kegiatan pantonim anak anak terlihat gembira, jadi kegiatan pantonim sangat bermanfaat untuk mengatasi kejenuhan anak.

  8. Nama: lilis Hildayati
    NIM : 859670346
    UPBJJ: UT Surabaya
    Pokja: Al-Kodijah Mojokerto
    Semester: 2
    Tahun: 2024

    *Dari video dengan topik tebak pantomim
    Guru menyajikan pembelajaran dengan cara siswa melakukan tebak gerak sesuai dengan gambar yang diberikan guru menggunakan permainan untuk menstimulasi mengembangkan motorik anak dalam bergerak keseimbangan sesuai gerakan yang harus diperagakan. Dalam pembelajaran tersebut guru juga melibatkan atau mengajak siswa langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan. Sebagai guru saya merasa terbantu dengan adanya video ini sehingga saya dapat menerapkan di sekolah saya.

  9. Nama : Pahma wati
    Nim : 856258868

    Dalam video tersebut yang awalnya anak tidak fokus dalam senam dan tidak rapi pertama dalam penataan senam tersebut kondisi ruangnya terlalu sempit dan anak jadi tidak fokus dengan dirinya sendiri anak-anak fokus melihat temannya . Kemudian guru melakukan tebak pantomim yang mana anak merasa sangat senang dan antusias dan lebih fokus dalam mengembangkan motorik kasar anak

  10. Nama: SRI AGNESIA LASE
    Nim: 859786841
    Dalam video Tebak Pantomim diatas kita disajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

    Terimakasih🙏

Leave a Reply