silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.
Agus Tatang
Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.
Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.
Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
Chofnia Saidah
Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.
Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.
Harimurti
Nama : Yesi Noprianti
Nim: 856576257
Setelah melihat vidio ini saya melihat dan merasa menambah pengalaman saya melalui tebak pantomim tidak hanya bahasa anak yang bisa di stimulasi dan juga motorik kasar bahwa menjadi guru anak usia dini diperlukan keriatif dan inovatif
Nama : Ike nurjanah
Nim : 857245345
upbjj : Serang
Mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak paud melalui kegiatan tebak pantomim ini sangat menyenangkan, ini merupakan kegiatan yang dapat membantu mereka meningkatkan koordinasi antara berbagai bagian tubuh dan membantu meningkatkan keterampilan motorik halus.
Anak-anak juga akan belajar banyak kata dan belajar menyelesaikan tugas mereka dengan cara menebak gerak tubuh atau mimik wajah. Dengan kegiatan pantomim ini dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan meningkatkan kerjasama tim. vidio ini sangat bermanfaat sekali untuk saya, dan akan saya peragakan kegiatan pantomim ini di sekolah tempat saya mengajar.
Nama: FITRIYANA
NIM: 857245678
FKIP PGPAUD – UPJJ SERANG
(SERI PEMBELAJARAN PAUD)
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK
PAUD
TEBAK PANTONIM
Setelah saya melihat video diatas saya dapat menyimpulkan bahwa perkembangan kemampuan motorik tebak pantonim ini tidak hanya meningkatkan perkembangan fisik motorik saja, akan tetapi meningkatkan Peningkatan kreativitas, Penguatan kemampuan komunikasi non-verbal, Meningkatkan kemampuan observasi, Mempererat hubungan antar peserta, Menyenangkan dan menghibur
Untuk meningkatkan kegiatan tebak Panton yaitu sebagai berikut:
Pemilihan tema, pemanasan, Variasi gerakan, Memberikan umpan balik, dan menyediakan properti.
Nama
Nama : Nafis Saifa Zuhrita
NIM : 857774597
UPBJJ : Semarang
Matakuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Komentar
Vidio tersebut sangat menginspirasi bagi pendidik PAUD dalam menstimulasi perkembangan motorik anak, dalam vidio tersebut terlihat metode dan media yang digunakan guru sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik yaitu metode bermain, sehingga anak-anak tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat melatih motoriknya.
Akan tetapi perlu ditingkatkan lagi pada saat pembukaan seharusnya guru memberikan pehatian kepada setiap anak agar peserta didik memperhatikan saat guru mendemonstrasikan materi apa yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan penataan ruangan kelas sepertinya terlalu sempit dan kurang cahaya sehingga ketika memeragakan pantomim anak-anak jadi kurang leluasa dan kelasnya kurang kondusif.
Nama : Yuliati NIM : 859431192 UPBJJ:Makassar “Menurut saya video ini memberikan gambaran tentang salah satu cara kreatif untuk mengembangkan motorik kasar dan kemampuan bahasa anak usia TK melalui kegiatan tebak pantomim. Menurut saya, kegiatan ini sangat efektif dalam mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Melalui permainan tebak pantomim, anak-anak tidak hanya distimulasi untuk bergerak, tetapi juga dilatih dalam hal kelenturan, keseimbangan, serta kemampuan motorik lainnya. Ini penting untuk mendukung perkembangan fisik mereka.
Selain itu, yang menarik dari kegiatan ini adalah manfaatnya terhadap perkembangan bahasa. Anak-anak belajar menyimak secara lebih baik, mengasah kemampuan mereka dalam mengekspresikan diri melalui gerakan, dan mengenal kosa kata baru yang relevan dengan aktivitas yang dilakukan. Kombinasi antara gerakan fisik dan komunikasi non-verbal membantu mereka memahami cara berkomunikasi lebih baik serta merangsang kreativitas mereka.
Metode seperti ini sangat bermanfaat dalam konteks pembelajaran anak usia dini karena menggabungkan aspek kognitif dan fisik secara seimbang. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi anak, sehingga mereka dapat belajar tanpa merasa tertekan. Secara keseluruhan, tebak pantomim dapat menjadi salah satu pendekatan alternatif yang mendukung perkembangan anak secara holistik, baik dari segi motorik maupun kemampuan berbahasa.
Nama : Neni Rahmaningsih
NIM : 858190728
Solusi terbaik jika anak sudah mulai jenuh dengan senam, kegiatan tebak pantomim ini membuat anak lebih tertarik daripada senam karena bisa bermain dan belajar jadi selain anak merasa senang, kegiatan ini juga bisa mengembangkan motorik kasar dan bahasanya
Nama : Ina Rosmalita
NIM : 858103639
solusinya adalah anak dialihka perhatiannya denga kegiatan tebak pantomim agar anak menjadi semangat dan tidak jenuh dengan kegitana rutin yang dilakukan setiap hari.
nama : Yeni Tresna Ningsih
NIM : 859688628
Menurut saya video tersebut memberikan alternatif kegiatan anak saat anak merasa bosan dengan kegiatan senam. yaitu dengan permainan yang dapat memberikan stimulus yang baik bagi anak. anak terliaht lebih antusias saat mereka menggerakkan tubuh atau anggota badan mereka. sedikit menambahkan mungkin selain mengganti kegiatan senam dengan permainan bisa juga dengan guru mencari musik lain untuk gerakan senam, misalnya dari lagu yang disenangi anak, lalu guru mencari gerakan dari lagu tersebut. pada dasarnya gerakan senam, menggerakkan anggota tubuh ditambah musik yang men-support agar saat mengggerakkan tubuh menambah rasa semangat terutama pada anak.
Nama : Defi Ratnasari
NIM : 856854082
Judul : Tebak pantomim
Setelah saya melihat vidio diatas saya dapat menyimpulkan bahwa kemampuan motorik tebak pantomim selain daptmengembangkan kemampuan motorik anak juga dapt mengembangkan kemampuan bahasa anak.Dengan pemilihan tema,variasi gerakan, serta menyediakan properti dan memberikan umpan balik maka akan menyenangkan dan menghibur bagi anak-anak.Dengan pantomim ini anak-anak juga akan belajar banyak kata dan belajar cara menebak gerak tubuh atau mimik wajah.