silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Nama : ILHAM LAPANDEWA
    Nim : 855708238
    UPBJJ : UT AMBON

    ” Tebak Pantonim”
    Tanggapan saya terhadap video tebaka pantonim yaitu video yang pertama dapat meningkatkan semangat anak-anak untuk memperhatikan apa yang guru sampaikan, selain itu dapat meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan tebak pantonim tersebut. Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih daya imajinatif pada anak usia dini. Anak-anak bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mudah mengingat.
    Tebak pantonim dapat mengembangkan motorik, bahasa , sosial-emosional dan kognitif anak serta dapat mengembangkan rasa percaya diri anak dan dapat menjalin hubungan yang interaktif baik antara anak maupun guru dan anak.

  2. menurut pendapat saya sesuai kegiatan pantomime pada vidio di atas dapat merangsang dan melatih motorik kasar dan motorik halus anak serta kemampuan berpikir kritis pada anak saat mengamati, maupun melihat gambar yang ditunjukan oleh pendidik, mengembangkan sikap sosial emosional anak saat bermain bersama teman-temannya

  3. ijin menanggapi vidio
    menurut saya kegiatan pantomime pada vidio tersebut dapat melatih motorik kasar dan motorik halus anak, serta melatih anak untuk berpikir kritis dalam merespon gambar yang dilihatnya . anak juga berkembang secara bahasa, menambah kosa kata anak dalam berbicara, mengembangkn sosial emosional anak dalam bekerjasama bersama temannya.

  4. Menurut pendapat saya bermain tebak panthonim adalah salah satu permainan yang menyenangkan. Pada permainan ini anak dapat melatih motorik kasar, disamping itu, permainan ini juga melatih konsentrasi anak dalam setiap gerakan yang akan di lakukan, selain itu anak juga dapat menambah kosakata baru,mengembangkan sikap sosial pada anak, dan dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak.

  5. Nama : RITA LARA.
    NIM : 856764174.

    Tanggapan :
    Video ini menunjukkan praktik pembelajaran kreatif di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), khususnya kegiatan bermain sambil belajar melalui pantomim dan tebak gambar. Kegiatan tersebut sangat positif karena:
    1. Meningkatkan keterampilan motorik dan bahasa anak: Anak-anak diajak mengekspresikan gerakan tubuh tanpa kata, yang melatih koordinasi sekaligus daya imajinasi dan pemahaman bahasa.
    2. Metode yang menyenangkan dan kontekstual: Anak belajar tanpa tekanan melalui permainan, yang membuat mereka antusias dan lebih mudah menerima materi.
    3. Mendorong kreativitas guru: Guru mampu memanfaatkan media sederhana untuk menciptakan kegiatan yang menyenangkan dan edukatif.

    Namun, ada beberapa catatan perbaikan yang bisa menjadi bahan refleksi:
    1. Kurangnya keterlibatan semua anak: Beberapa anak tampak pasif. Guru perlu memberikan kesempatan secara merata agar semua anak dapat berpartisipasi aktif.
    2. Persiapan pembelajaran: Tahapan membuka pelajaran sebaiknya diawali dengan membangun kesiapan dan perhatian anak secara menyeluruh.
    3. Evaluasi yang kurang menyeluruh: Guru belum sepenuhnya mengevaluasi pemahaman semua anak. Perlu ada upaya untuk mengajak semua anak menunjukkan pemahamannya, misalnya dengan refleksi atau pertanyaan langsung.

    Kesimpulan:
    Video ini memberikan gambaran praktik pembelajaran yang inovatif dan aplikatif untuk anak usia dini. Meski demikian, perlu peningkatan dalam pengelolaan kelas dan evaluasi agar tujuan pembelajaran tercapai secara menyeluruh.

  6. Nama : Nida anif fatul izza
    Nim :877972424
    UPBJJ : UT Malang

    Dari video diatas tentu nya memberi manfaat kepada saya, tentang bagaimana membuat anak berpartisipasi aktif mengikuti pembelajaran yang menyenangkan dengan melakukan tebak pantomim pada proses pembelajaran. Selain itu kegiatan tebak pantomim mengembangkan berbagai kemampuan anak seperti kemampuan motorik pada anak. Bisa menstimulasi kemampuan anak bergerak seperti kelenturan, keseimbangan, dan perkembangan gerakan lainnya. Tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

  7. Nama : Nor hatimah
    NIM : 858324436
    UPBJJ : UT Banjarmasin

    Dari video di atas tentunya memberi manfaat kepada saya, Tentang bagaimana membuat anak berpartisipasi aktif mengikuti pembelajaran yang menyenangkan dengan melakukan tebak Pantomim pada proses pembelajaran. Selain itu kegiatan tebak Pantomim mengembangkan berbagai kemampuan anak seperti kemampuan motorik pada anak. Bisa menstimulasi kemampuan anak bergerak seperti kelenturan, keseimbangan, dan perkembangan gerakan lainnya. Tebak Pantomim memang ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak,mengekspresikan diri dan mengenal kosakata agar lebih baik lagi.

  8. Nama : Fera Meliza Carolina
    NIM : 877631271
    Mata Kuliah : PAUD 4203.22

    Menurut saya kegiatan pantonim sangat baik dilakukan sebagai ‘ice breaking’ dalam belajar untuk membuat anak bersemangat kembali. Kegiatan bermain pantonim selain menyenangkan banyak manfaat bagi aspek perkembangan anak yaitu dapat mengembangkan imajinasi anak, memgembangkan aspek kinestetik anak, kemampuan bahasa, motorik kasar dan lainnya sehingga kegiatan bermain pantonim merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran sebagai peningkatan efektifitas pembelajaran pada anak usia dini

  9. NIM: 877637082kemampuan yang di
    Nama: putri kirani maulida

    Permainan tebak pantomim ini memiliki kemampuan yang di dapat oleh anak yaitu motorik,gerak dan bahasa.permainan ini yang mendorong anak untuk berbicara, mengkomunikasikan ide, dan menggunakan bahasa dalam aktivitas fisik.dalam vidio di atas terlihat anak aktif mengikuti arahan dari guru kemudian anak merespon nya dengan baik.permainan pantomim ini mebuat unsur kesenangan pada anak.

  10. Bismillah
    Anak-anak bisa mengembangkan motorik kasar mereka lewat tebak pantomim, anak-anak bisa mengikuti suara ataupun gerakan dari gambar yang ditebak, terimakasih videonya sungguh memberikan inspirasi baru buat saya.

Leave a Reply