silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. NAMA : ANNASUN NISA
    NIM : 855899749
    UPBJJ : BANDA ACEH
    Video ini sangat bermanfaat karena menunjukkan bagaimana kegiatan tebak pantomim dapat mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa anak usia TK secara menyenangkan. Anak belajar mengenali gerakan, memperluas kosa kata, serta berlatih mengekspresikan diri. Kegiatan ini mudah diterapkan di kelas dan sesuai dengan prinsip belajar melalui bermain.

  2. Nama : Su san
    NIM : 877731782

    video ini menyajikan tentang “Tebak Pantonim” salah satu cara mengembangkan motorik kasar Anak Usia Dini, dimana bisa sambil bermain tebak pantonim dengan memperkenal kosakata baru yang bergambar binatang dan minta anak-anak menirukan gerakan, suara, bentuk binatang tersebut.

  3. NAMA : SALSA DINAR S.
    NIM : 860139043
    ada video ini menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

  4. mengetahui bahwa peran guru sangatlah penting dalam mendamping, mengembangkan rasa ingin tahu anak dan berinteraksi dengan anak sebagai salah satu bagian dari proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran anak usia dini harus dikemas dengan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Ketika anak mogok tidak mau belajar sebagai seorang guru kita harus mengetahui penyebab hal itu terjadi dan mencoba untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Anak yang mogok dan tidka mau belajar dengan temanya di sekolah harus kita perhatikan dan kita bangkitkan semangatnya agar dia mau kembali belajar dengan teman nya di sekolah. Dalam video tersebut sudah dijelaskan penyebab anak mogok dan tidak mau belajar diantaranya adalah taku, tidak mampu menyelesaikan tugas di sekolah, bertengkar dengan temanya ataupun dia tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah buatlah anak merasa nyaman dengan lingkungan belajar, menerapkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan keinginan anak, tanyakan ke orang tua tentang masalah yang dihadapi anak lalu berilah ruang kepada anak untuk memilih kegiatan belajar yang mereka sukai dan buatlah kesepatakan dengan anak.

  5. Nama : Elisabeth Sarisetyawati
    NIM: 877641907
    UPBJJ: UT Jakarta

    Dalam video pembelajaran berjudul “ Tebak Pantomim” Kegiatan tebak pantomim sangat bermanfaat untuk mengembangkan motorik kasar dan kemampuan bahasa anak TK. Melalui gerakan tubuh sesuai gambar pada kartu, anak belajar mengekspresikan diri, melatih keseimbangan, kelenturan, serta menyimak dan memahami kosakata baru. Namun, jika anak-anak terlihat tidak semangat atau asyik sendiri, guru dapat mengatasinya dengan mengubah pendekatan, seperti mengajak anak bernyanyi dulu, memilih gambar yang menarik minat mereka, atau memberikan contoh gerakan secara langsung agar lebih mudah dipahami dan menyenangkan. Selain tebak pantomim, kegiatan lain yang juga bisa melatih motorik dan bahasa anak adalah permainan gerak dan lagu, menirukan suara hewan, bermain peran sederhana, serta mencocok bentuk dan warna. Kegiatan ini mampu mengasah koordinasi tubuh dan memperkaya kemampuan berbahasa anak secara menyenangkan. Setelah menonton video pembelajaran dari portal Guru Pintar, menurut saya video tersebut sangat bermanfaat. Penjelasan dalam video mudah dipahami, disertai contoh nyata kegiatan yang bisa langsung diterapkan oleh guru PAUD. Saya menyarankan agar video dilengkapi dengan subtitle dan variasi kegiatan dari berbagai usia. Video seperti ini penting untuk meningkatkan kreativitas guru dan menjadi referensi yang praktis dalam menyusun kegiatan pembelajaran harian.

  6. Tebak Pantomim
    – Dengan tebak pantomim, anak-anak belajar motorik kasar dengan semangat, apalagi berpasangan membuat permainan lebih seru.
    – Tebak pantomim membantu melatih kelenturan badan, kesimbangan dan stimulasi motorik lainnya.
    – Tebak pantomim dapat meningkatkan kemampuan menyimak, ekspresi, dan pengenalan kosakata baru.
    – Video tersebut sangat bearmanfaat untuk saya, karena dapat menambah wawasan dan menjadi sumber referensi dalam pembelajaran motorik yang seru.

  7. Nama : Freeda Anggi Pramudyawardhani
    NIM : 877961786
    Komentar : Dalam video tersebut, sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Juga menambah wawasan dalam menjadikan sumber referensi dalam proses pembelajaran yang menarik untuk anak didik.

  8. nama:Siti Humairoh
    NIM: 860187646
    Kegiatan ini sangat efektif dalam merangsang perkembangan fisik anak, seperti kelenturan, keseimbangan, dan koordinasi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena mereka diminta untuk menyebutkan nama gerakan atau binatang yang ditirukan.
    Masukan dan Saran:
    Agar lebih menarik, variasikan gerakan dengan tema tertentu, seperti “gerakan hewan di hutan” atau “gerakan transportasi”. Hal ini dapat menambah kreativitas dan imajinasi anak.

  9. nama: Siti Humairoh
    NIM: 860187646
    Kegiatan ini sangat efektif dalam merangsang perkembangan fisik anak, seperti kelenturan, keseimbangan, dan koordinasi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena mereka diminta untuk menyebutkan nama gerakan atau binatang yang ditirukan.

    Masukan dan Saran:
    Agar lebih menarik, variasikan gerakan dengan tema tertentu, seperti “gerakan hewan di hutan” atau “gerakan transportasi”. Hal ini dapat menambah kreativitas dan imajinasi anak.

  10. Assalamualaikum wr.wb
    izin menyampaikan pendapat
    Tebak pantomim, merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengembangkan imajinasi anak.

Leave a Reply