Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru yang kesulitan untuk memulai pelajaran karena siswa dalam kelasnya memiliki tingkat pengetahuan yang tidak merata. Upaya yang dilakukan guru dalam program ini adalah meminta siswa untuk mempelajari materi dikrumah sebelum materi tersebut diajarkan keeseokan harinya. Selain itu guru juga memberikan tugas-tugas secara individual agar siswa dapat lebih memahami yang disampaikan. Apabila siswa masih belum dapat menguasai materi juga maka dapat diberikan remedial dengan menggunakan tutor sebaya.
Hartinawati
Video ini bertujuan untuk membantu guru mengatasi masalah, khususnya masalah pengetahuan dasar siswa yang tidak merata.
Pembukaan kurang menarik. Akan lebih menarik bila dikaitkaitkan dengan kehidupan siswa apalagi ini pelajaran IPA yang erat kaitannya dengan kehidupan siswa. Guru menutup pelajaran dengan menarik yaitu sedikit memuji dan memotivasi siswa untuk belajar
Pendekatan dan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi masalah sudah OK (mengaktifkan tutor sebaya, memberi PR, dan tugas individual)
Video ini bagus sebagai video pembelajaran. Kekuatan guru: selalu melakukan refleksi kemudian mencari solusi untuk mengatasi masalah.
Saran:
Sebaiknya guru tidak lupa melakukan apersepsi pada saat membuka pelajaran.
Pergantian jam pelajaran (tiba-tiba istirahat) sebaiknya dibuat lebih mulus dan masuk akal.
Deetje Sunarsih
nama : Mirnawati
NIM : 501173176
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
pada video di atas menunjukan bahwa tingkat pengetahuan setiap siswa itu berbeda.
Kemampuan kognitif anak yang berbeda-beda bisa diakibatkan karena; faktor keturunan (gen), faktor keturunan ini bisa dari keturunan ibu atau ayah; faktor kurangnya stimulus dari orang tua terhadap perkembangan anaknya misalanya orang tua jarang mengajak anaknya berbicara,dan itu akan berpengaruh pada kosa kata anak, jadi akan menyebabkan anak, menjadi anak pendiam dan itu akan berdampak sampai anak dewasa. berbagai cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah membiasakan siswa untuk bertanya, Rasa ingin tahu merupakan salah satu kunci dan cara utama untuk melatih kemampuan berpikir kritis serta memberikan latihan secara individual bagi siswa yang belum paham, menjadikan rekan sejawat sebagai tutor sebaya merupakan solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa secara merata.
Nama : Ellya Reviana
NIM : 501132797
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Padang
Pda vidio d atas tingkat cara berfikir siswa itu berbeda – beda . Mengajar atau menyampaikan materi pelajaran dan mendidik siswa di dalam kelas maupun di luar kelas adalah tugas utama seorang guru.Strategi guru dalam mengajar menjadi penentu apakah pembelajaran berlangsung dengan efektif dan menyenangkan. Hal ini memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena Guru Pintar mungkin saja menghadapi beberapa tantangan misalnya kurangnya motivasi siswa belajar, disiplin siswa yang kurang, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa strategi mengajar yang Guru Pintar lakukan supaya tidak hanya mampu optimal dalam menerangkan materi, tetapi juga mampu membuat siswa benar-benar belajar.
Nama : Susanti
NIM : 501173105
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
Dilihat dari video tersebut tidak meratanya pengetahuan dasar siswa dalam kelas. Masalah ini sering di temui oleh setiap guru terutama di kelas saya mengajar berbagai macam karakter anak semakin besar tantangannya. Hal ini disebabkan berbagai macam hal seperti dari latar belakang keluarga, keilmuanya, daya pikir yang kurang, kebutuhan belajarnya, termasuk pemahaman sebuah materi. Untuk itu upaya yang dilakukan guru yaitu dengan membentuk kelompok belajar untuk berdiskusi sesama siswa di luar jam pelajaran, meminta siswa untuk mempelajari materi di rumah sebelum materi diajarkan keesokan harinya, dan apabila siswa masih belum dapat menguasai materi juga maka dapat diberikan remedial dengan menggunakan tutor sebaya
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Erna Fitri Yenti
NIM : 501133309
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Padang
Strategi yang dilakukan guru dalam vidio tersebut sudah bagus dalam mengahdapi perbedaan kemampuan awal siswa.
Melakukan diagnosa kemampual awal sangat bermamfaat untuk kelanjutan materi tersebut.
Dari vidio tersebut ada beberapa hal yang sudah dilakukan guru yaitu:
1. Memeberikan tugas di rumah secara individual untuk membangun pengetahuan awal siswa.
2. Menunjuk tutor sebaya untuk membantu teman yang kesulitan dalam materi pembelajaran.
Hal tersebut di atas sudah bagus.
Terima kasih
Nama : Dini Apriyanti
NIM : 501233107
Prodi : Magister Pendidikan
UPBJJ : Bandung
Pada video tersebut menggambarkan potret peserta didik di seluruh sekolah, benar adanya bahwa tidak meratanya pengetahuan dasar siswa dalam kelas, karena disebabkan oleh background sekolah dasar mereka berbeda-beda, sehingga penyampaian dan penyerapan materi yang didapat oleh setiap peserta didik berbeda-beda, hal tersebut menjadi tantangan bagi para guru untuk dapat memecahkan masalah tersebut.
Manfaat yang saya dapatkan pada video ini yaitu untuk mengatasi permasalahan tidak meratanya pengetahuan dasar siswa dalam Kelas dengan cara memberikan tugas tambahan yang dikerjakan di rumah kepada siswa yang belum memahami materi, sehingga siswa tersebut dapat mengejar materi yang belum dikuasai, selain itu dengan tutor sebaya merupakan cara yang efektif untuk membantu siswa yang tertinggal materi pelajaran.
Saran saya selain solusi yang sudah diberikan di video, guru pun seharusnya melakukan evaluasi dan analisis terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi pelajaran. Dengan cara ini, guru dapat memahami di mana siswa mengalami kesulitan dan menentukan tindakan selanjutnya. Serta Guru harus dapat menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, pemanfaatan teknologi dapat memperkuat pemahaman siswa pada materi pelajaran. Semua solusi tersebut harus dilakukan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama agar dapat memberikan dampak yang signifikan. Peningkatan pengetahuan siswa dalam kelas memerlukan upaya dan kerja keras dari semua pihak, termasuk guru, siswa, dan orang tua.
Nama : ANANG RASIDI
NIM : 501453235
PRODI : MAGISTER PENDDIDIKAN DASAR
Video tersebut menunjukkan perbedaan tingkat pengetahuan antara siswa-siswa yang ada. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, yaitu keturunan dari orang tua. Faktor ini bisa berasal dari ibu atau ayah. Selain itu, kurangnya stimulasi dari orang tua terhadap perkembangan anak juga bisa berdampak pada kemampuan kognitif anak. Sebagai contoh, jika orang tua jarang berbicara dengan anak mereka, maka kosa kata anak dapat terhambat dan akhirnya menyebabkan anak menjadi pendiam. Dampak tersebut bisa berlangsung hingga anak dewasa.
Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satunya adalah dengan mengajarkan siswa untuk bertanya. Rasa ingin tahu merupakan kunci penting dan cara utama untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Selain itu, memberikan latihan secara individual kepada siswa yang belum memahami materi dan menjadikan rekan sejawat sebagai tutor sebaya juga merupakan solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa secara merata.
Dalam program ini, guru berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan meminta siswa untuk mempelajari materi terlebih dahulu di rumah sebelum diberikan pada hari berikutnya. Selain itu, guru memberikan tugas-tugas secara individual untuk membantu siswa memahami materi yang disampaikan dengan lebih baik. Apabila siswa masih mengalami kesulitan, maka guru dapat memberikan remedial dengan menggunakan tutor sebaya agar siswa dapat lebih mudah memahami materi.
Nama : Indah Permatasari
NIM : 501172973
UPBJJ : Palembang
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Keragaman siswa dapat dikaitkan dengan latar belakang keluarga, pengetahuan, kebutuhan belajar, termasuk pemahaman mereka tentang materi pembelajaran. Guru harus mampu mengakomodir kebutuhan dan keragaman siswa tersebut. Solusi yang diberikan guru dalam video dengan memberikan latihan individu dan model pendamping sangat baik. Dengan cara ini, siswa yang ketinggalan atau tertinggal dalam mata pelajaran dapat mengejar dan dapat terhubung satu sama lain dalam suasana kelas (klasik). Tugas mandiri akan membantu siswa mengejar materi dan mempromosikan konsep pembelajar mandiri seumur hidup dalam pembentukan karakter. Teknik mengajar yang bervariasi misalnya dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan akan memberi kesan menarik dan menyenangkan bagi siswa.
Nama : Rosni Erlinda
NIM : 501133101
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UPJJ : Padang
Sebaiknya sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di awal tahun pembelajaran, guru bisa melakukan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap suatu mata pelajaran, agar kita sebagai pendidik bisa memetakan siswa berdasrkan kemampuan kebutuhan siswa, kesiapan belajar, profil belajarnya.
Nama : MOHAMAD GAGAN NAZMUDINDIREJA
NIM : 501233185
Program : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bandung
Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya karena adanya keberagaman siswa dan adanya peranan guru sangat berpengaruh ketika menyikapinya dalam masalah tersebut. Adanya keberagaman siswa di karenakan latar belakang keluarga siswa tersebut, ilmu yang di miliki siswa, pemahaman yang di miliki siswa pada suatu materi yang di berikan oleh guru. Guru sebagai seorang pendidik yang akan menjadi contoh buat anak didiknya maka harus bisa melayani siswa akan kebutuhan siswa, dan keberagaman siswanya. Maka solusi yang baik adalah guru harus memberikan tugas individu dan menjadi model tutor sebaya. Sehingga siswa bisa mengejar dan membuat suatu koneksi di dalam ruang lingkup kelas walaupun siswa tersebut ada yang tertinggal dan ada juga siswa yang belum paham atau tidak paham. Dengan di berikannya tugas mandiri maka siswa bisa cepat mengejar materi yang di berikan oleh guru sehingga meningkatkan karakter siswa belajar mandiri sepanjang hayat. Siswa bisa belajar mandiri dalam berinteksi sosial, dan aktif dalam pembelajarannya, sehingga ini akan memperbaiki kualitas belajarnya.
NAMA : RUSTAN
NIM : 501453267
UPBJJ : JAYAPURA
PROGRAM STUDI : MAGISTER PASCASARJANA PENDAS
Faktor-faktor penyebab tidak meratanya pengetahuan dasar siswa dalam kelas antara lain:
1. Perbedaan kemampuan atau kecerdasan siswa
2. Kurangnya dukungan dan motivasi dari keluarga dan lingkungan sekitar
3. Sarana dan prasarana yang tidak memadai
4. Kurangnya waktu dan sumber daya yang dimiliki oleh guru
5. Metode pembelajaran yang kurang efektif
Solusi untuk mengatasi tidak meratanya pengetahuan dasar siswa dalam kelas antara lain:
1. Penyediaan program remedial atau dukungan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar
2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana
3. Memperkuat peran keluarga dalam mendukung proses belajar siswa
4. Memberikan pelatihan bagi guru dalam hal metode pembelajaran yang lebih efektif
5. Menyediakan program bimbingan dan konseling bagi siswa yang membutuhkan dukungan psikologis atau motivasi.