silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

109 Comments

  1. Assalamu’alaikum perkenalkan nama saya
    Nama : Nurdini
    NIM : 857533806
    UPBJJ : Bandung
    Kelas : PDGK4209.240

    Saya izin menjawab , menurut saya video “Yuk Bercerita, Kepada Teman” ini sudah bagus , dan menginspirasi saya yang masih guru baru, terimakasih .

    Dijaman modern seperti sekarang ini, anak-anak kebanyakan malas untuk membaca buku apalagi buku cerita, dikarenakan anak sekarang sudah mulai mengenal adanya gadget dan kurangnya dorongan di lingkungan rumah untuk membaca buku.

    Ada sedikit masukan , untuk video tersebut harusnya di contohkan dulu oleh guru menjelaskan terlebih dahulu tujuannya secara sederhana agar membantu mereka meringankan rasa takut untuk maju, bimbing dalam menyusun presentasinya seperti (Judulnya apa? , Siapa pengarangnya? Apa isi cerita tersebut secara singkat?, Beri pesan moralnya!), cerita yang diberikan pada siswa harus mengenai lingkungan sekitar agar cepat dicerna lalu sisipkan gambar agar lebih menarik, buat suasana kelas yang mendukung ajak siswa agar tidak mentertawakan teman dan siap mendukung, lalu beri apresiasi siswa.

    Lalu untuk di rumah diberi tugas untuk membuat cerita sendiri dan menceritakannya di depan kelas agar memupuk rasa percaya diri nya.

    Terimakasih

  2. Nama : Dewi Setianingrum
    NIM : 858862727
    Setelah menonton video di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru melakukan pembelajaran dengan memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu mempersiapkan sebuah cerita yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa yang dapat membuat siswa tidak merasa kesulitan untuk memahami apa yang ada dalam bacaan tersebut.
    Akan tetapi, dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan pendahuluan seperti memberikan salam, berdoa, presensi memberikan apersepsi dan motivasi serta tidak menyampaikan materi dan tujuan dari pembelajaran yang akan mereka lakukan. Sehingga, siswa cenderung merasa belum siap untuk mengikuti pelajaran dan mereka cenderung kebingungan dan kesulitan saat pembelajaran dilakukan. Pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan dari apa yang telah mereka pelajari.
    Oleh karena itu, saya dapat memberikan saran yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan pendahuluan dengan baik dan kegiatan penutup juga tidak boleh dilewatkan karena kedua kegiatan tersebut penting untuk dilakukan.

  3. Nama : Adaja Rara Theaomay
    Nim : 859774965
    Izin memberikan komentar 🙏
    Pembelajaran dalam video ini cenderung satu arah, kurang melibatkan siswa secara aktif, penyampaian materi kurang variatif, dan minim contoh langsung dari siswa sehingga mengurangi keterlibatan dan antusiasme belajar.

  4. NAMA : MANIATI GULO
    NIM : 859881253

    Dari video yang baru saja saya buka, cara kita untuk meningkatkan minat baca seorang siswa tidak hanya memberikan buku kepada siswa karena setiap siswa belum tentu berminat membaca buku tersebut dan bisa memahami isi dari teks cerita tersebut.
    Tapi yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru harus berperan aktif mendekati setiap siswa dan memastikan dia sedang membaca buku tersebut dan sambil menanyakan isi dari cerita tersebut juga memberikan apresiasi kepada setiap siswa.
    Demikian terimakasih

  5. Nama : Laela Claraningtyas
    NIM : 860030374

    saya izin untuk memberikan komentar untuk vidio ” Yuk, Bercerita kepada teman ”

    Menurut saya diawal vidio kurangnya penjelasan membuat siswa kesulitan memahami pelajaran, guru dan siswa kurang aktif melakukan tanya jawab yang akhirnya bisa menurunkan semangat belajar. Sebaiknya, guru perlu memastikan bahwa setiap topik disampaikan secara terstruktur agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan merasa terbantu.

    Dividio selanjutnya, betapa pentingnya seorang guru yang mengajar dengan persiapan materi yang lengkap dan penjelasan yang cermat. Ketika guru menjelaskan dengan runtut dan memberikan contoh yang relevan, siswa merasa lebih mudah memahami materi dan menjadi lebih antusias untuk belajar. Sikap profesional seperti ini sangat dihargai oleh siswa dan mampu menciptakan suasana belajar yang positif dan inspiratif.

  6. Nama : Ratna Nuraeni
    NIM : 857364641
    Setelah melihat video di atas dapat di simpulkan, di jaman modern seperti ini, anak anak lebih tertarik membaca apa yang ada di gedget dari pada buku ceritaa dan juga kurang nya dorongan dri lingkungan untuk membudi dayakan literasi pada anak.
    Oleh karena itu, saya dapat memberikan saran yaitu guru sebaiknya lebih memahami penyebab anak kurang menyukai membaca, dan kita guru juga sebaiknya membuat strategi membantu anak contohnyaa seperti : membaca buku cerita bersama menggunakan gambar dan teks sederhana.
    Dan untuk meningkatkan minat siswa kita harus memilih bacaan cerita yang menarik

  7. Nama :Desi novita sari
    Nim :859542144
    Setelah saya melihat video tersebut saya menyimpulkan bahwa penjelasan guru sangat menarik perhatian siswanya,dan menegur siswa yang tidak konsentrasi dalam mendengarkan penjelasan gurunya.
    Sebagai seorang guru kita harus mencari metode dalam pembelajaran supaya menarik minat siswa agar lebih aktif lagi dalam belajar.

  8. Nama :Aulia Safitri
    NIM :856085811
    UPBJJ UT : Batam

    Izin menjawab setelah Video di atas, guru menyuruh salah satu siswanya untuk membaca cerita ke depan, akan tetapi tak ada satu pun siswa yang dapat membacakan buku cerita, dan ada kemungkinan para siswa tampak masih bingung bagaimana cara membacakan buku cerita yang menarik di depan. di karenakan guru tak memberikan strategi contoh bagaimana cara membaca buku cerita dengan baik dan menarik.

    Ketika dikemudian hari guru telah memberikan contoh pada siswa bagaimana cara membaca buku cerita dengan baik dan benar. kemungkinan besar para siswa akan paham, bagaimana caranya dan berani maju untuk mempresentasikan cerita dengan sikap profesional dan menghidupkan suasana pembelajaran yang menarik.
    terima kasih

  9. Nama : Erfan Efendi
    NIM : 858935621
    setelah melihat Video “Yuk, Bercerita Kepada Teman” memberikan gambaran pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif berlatih berbicara dan mendengarkan dalam suasana yang menyenangkan dan interaktif. Kegiatan ini sangat efektif untuk mengembangkan keterampilan berbahasa, rasa percaya diri, serta sikap saling menghargai antar teman. Guru berperan penting dalam membimbing dan menciptakan suasana yang kondusif agar semua siswa merasa nyaman untuk bercerita. Dengan penguatan metode dan pemberian contoh yang lebih jelas, kegiatan ini dapat semakin optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Leave a Reply