Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Nama: RAHMA
Nim : 857118113
Upbjj : Jakarta
Berdasarkan tayangan video yang saya lihat menurut saya guru sudah cukup bagus karena
Memberikan Saran Pemecahan Masalah: Siswa bebas memberikan saran-saran untuk memecahkan masalah yang ada dalam bacaan.
Apresiasi Karya Siswa
Setelah proses membaca, siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil pemikiran mereka di depan kelas.
Diskusi tentang penyebab masalah dan solusi yang diusulkan dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Video ini memberikan wawasan tentang pentingnya pendekatan yang kreatif dan relevan dalam pengajaran bahasa Indonesia, serta bagaimana cara-cara tersebut dapat membantu siswa dalam memahami bacaan dengan lebih baik. Ini adalah langkah positif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Nama : REIS FADHILA
NIM : 855717101
POKJAR : Sidomulyo
Mohon izin mengomentari video tersebut. Setelah saya menonton video tersebut adapun kelebihan dan kekurang yang terdapat dalam video tersebut.
– Kelebihan dari video tersebut menurut saya, secara keseluruhan pembelajaran berlangsung dengan cukup baik, bacaan yang diberikan kepada siswa pun sudah sesuai.
– sedangkan kekurangan dari video tersebut, ada baiknya menurut saya sebelum pembelajaran dimulai guru sebaiknya mengabsen siswa terlebih dahulu, sebelum pembelajaran dimulai ada baiknya guru menjelaskan serta memberikan petunjuk terlebih dahulu agar para siswa antusias dalam pembelajaran tersebut.
Nama : REIS FADHILA
NIM : 855717101
POKJAR : Sidomulyo
Mohon izin mengomentari video tersebut. Setelah saya menonton video tersebut adapun kelebihan dan kekurang yang terdapat dalam video tersebut.
– Kelebihan dari video tersebut menurut saya, secara keseluruhan pembelajaran berlangsung dengan cukup baik, bacaan yang diberikan kepada siswa pun sudah sesuai.
– sedangkan kekurangan dari video tersebut, ada baiknya menurut saya sebelum pembelajaran dimulai guru sebaiknya mengabsen siswa terlebih dahulu, sebelum pembelajaran dimulai ada baiknya guru menjelaskan serta memberikan petunjuk terlebih dahulu agar para siswa antusias dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Wan Safitri
NIM : 856084415
Masih banyak siswa yang kurang minat baca/literasi.Guru tidak mengarahkan siswa untuk melakukan literasi segingga siswa tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah membaca buku cerita.Esai yang diberikan oleh guru tidak berkaitan dengan lingkungan sekolah siswa.
Namun dibalik itu semua guru telah menguasai kelas dan membentuk kursi siswa dalam kelompok belajar. Setelah itu, guru mencari solusi dengan mengubah karangan dengan membuat karangan yang ceritanya dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.Memberikan instruksi tentang apa yang harus dilakukan siswa setelah membaca karangan yang dibuat oleh guru dan menceritakannya didepan kelas.
Saran sebaiknya guru mengarahkan siswa untuk membuat cerita sendiri berdasarkan pengalamannya.Guru menanamkan rasa percaya diri pada siswa agar berani menampilkan hasil cerita yang telah dibuat .Guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang telah tampil berani didepan teman seperti pujian, tepuk tangan, atau tambahan poin.
Rumusan masalah: Apakah dengan membuat bahan bacaan sendiri oleh guru akan berpengaruh dengan minat baca siswa?
Nama : Sri Irawati
NIM : 814615497
Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi atau cerita yang diberikan, sehingga mereka tidak mampu mengingat ataupun menceritakan kembali isi cerita atau materi tersebut. Hambatan ini biasanya disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap kosakata atau alur cerita, sehingga mereka kehilangan gambaran tentang poin-poin penting dalam cerita. Selain itu, siswa juga mungkin merasa kesulitan membedakan antara ide utama dan rincian tambahan dalam teks, yang membuat mereka kesulitan menyusun kembali informasi dengan benar. Akibatnya, siswa cenderung hanya mengingat bagian-bagian kecil dari cerita tanpa memahami hubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya, dan hal ini menghambat kemampuan mereka untuk menceritakan kembali isi cerita atau materi dengan lancar dan lengkap.
Saida titdoy
Nim 858577738
Analisis video pembelajaran “yuk bercerita kepada teman”
Pada video tersebut terlihat guru hanya memberikan bahan bacaan tanpa pengarahan pada siswa.
Karena tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang cepat untuk dapat memaknai bacaan tersebut.