Similar Posts
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Nama : Nora Lianna Sari Siregar
Nim : 859880584
Prodi : S1 PGSD
Assalamu’alaikum wr.wb
Dari vidio di atas, Kelebihan :
1.saya melihat melihat murid sangat antusias membaca cerita yang diperintahkan oleh ibu guru.
2. guru berusaha menegur salah satu murid yang mengacau kawannya, dengan menambah bacaan pada anak tersebut.
3. siswa bisa menceritakan kembbali isi bacaan yang telah dibacanya.
kelemahan vidio:
1. Guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran
2. guru tidak mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran sekarang
3. guru tidak menjelaskan trik-trik membaca kepada anak didik
4. terlihat ketika guru menanyakan kembali siapa yang mau bercerita, tidak ada murid yang tunjuk tangan atau bersedia.
5. guru tidak memberikan penguatan setelah pembelajaran selesai.
Nama : Angeline Viska Ayu Rosalia
NIM : 859886736
UPBJJ : Medan
Menurut pendapat saya video ini sudah cukup bagus karena terlihat guru memberikan buku bacaan tambahan, memotivasi siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kembali bacaannya didepan kelas.
Kekurangannya adalah guru terkesan kurang bersahabat / jutek terhadap siswa melalui penekanan nada saat menginstruksikan siswa, kurang menunjukkan aktivitas kelas dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
Terimakasih
NAMA : ROBI ABZARI
NIM : 856808798
UPBJJ : BENGKULU
SEMESTER : 8
Setelah melihat vidio tersebut , menurut saya penerapan pembelajaran yang ada didalam video sebenarnya sudah cukup baik dimana kita ketahui memberi waktu untuk siswa membaca untuk memahahi apa yang akan kita tanyakan kepada siswa nantinya.
Kelemahan:
a. Guru tidak mengucapkan salam
b. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Guru tidak mengabsen Kehadiran murid
Kelebihan:
a. Guru mengapresiasi murid ketika maju kedepan
b. Guru selalu memantau anak ketika muridnya gaduh
c. Guru Aktif dalam memberikan pembelajaran
Setelah saya mengamati video tersebut menurut pendapat saya video tersebut bagus ya , sebab guru menerapkan pembelajaran yang ada didalam video dengan memberikan waktu untuk siswa membaca sehingga diharapkan siswa dapat memahahi apa yang akan kita tanyakan kepada siswa nantinya. guru juga sangat baik dalam memantau siswa ketika anak berbuat gaduh dan solusi yang ia lakukan untuk menghilangkan kegaduhan di kelas sangat baik
-Guru aktif dalam pembelajaran
Perkenalkan
NAMA : JUNI AMELIA SARI
NIM : 856616716
UPBJJ : JAMBI
Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Dengan membaca, siswa di harapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat melakukan komunikasi dengan orang lain. Ketika siswa di berikan sebuah bahan bacaan, ada saja siswa yang tidak fokus terhadap bahan bacaannya sehingga mengganggu teman yang lain dan pada akhirnya kelas menjadi gaduh. Untuk mengatasi hal tersebut adalah practitioner harus mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran apakah dia sudah selesai membaca dan tanyakan penyebabnya. Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari temannya yang lain dapat di atasi dengan memberikan tambahan bacaan yang lain untuk di baca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut. practitioner harus mengapresiasi siswa dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang telah di baca. Hal ini dapat memotivasi teman- temannya yang lain juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang di baca oleh siswa dari bacaannya.
Kelemahan Video
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
3. Guru tidak mengabsen siswa
4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya/ Apersepsi
Kelebihan Video
1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
3. Guru aktif dalam pembelajaran
4. practitioner memberikan buku bacaan baru kepada siswa
RENCANA PERBAIKAN
1. Menambah media pembelajaran
2. Melakukan tanya jawab kepada siswa
Nama :Alfina Warda
Nim : 856021604
Pokjar :Asahan
UPBJJ :UT MEDAN
dalam video pembelajaran yang saya tonton materi Yuk Baca,,,memiliki kekurangan diantaranya pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak melakukan pembuka pembelajaran seperti mengucapkan salam,mengajak berdoa,mengabsensi siswa,tidak menyebutkan tujuan pembelajaran,serta guru juga tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan yuk baca bersama siswa. sementara itu memiliki kelebihin seperti guru tersebut mengapresiasi siswa yang maju kedepan,guru juga memberikan media baca untuk setiap anak,serta guru juga mengambil tindakan tegas saat ada siswa yang menganggu temannya.
Nama : Sri Hayati
Nim : 856032234
Prodi : S1 PGSD
Menurut saya vidio di atas masih banyak siswa kurang fokus, seharusnya guru harus memperhatikan siswa nya supaya anak bisa fokus sehingga banyak anak yang mengganggu anak lain dan menjadi kelas menjadi gaduh, guru harus mengapresiasikan siswa supaya bisa untuk memberikan informasi terkait hal ini bisa membuat anak fokus dengan bacaan.
Nama : IKA KURNIA FITRI
NIM : 858901614
Prodi : S1 PGSD
Siswa sangat aktif Walaupun ada siswa yang kurang bisa membaca dan mengenal Huruf. kita Bisa memberikan apresiasi, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar. atau guru dapat memberikan pelajaran melalui media yang lain agar menarik perhatian siswa
Video pembelajaran tersebut menurut saya sudah bagus sebagai dasar bagi guru atau penambah wawasan bagi guru dalam mengajar siswa dalam mengembangkan kemampuan siswa menyimpulkan atau memahami bacaan yang sudah dibaca.
Adapun yang kurang dari pembelajaran ini adalah tidak ada salam pembuka dan berdoa untuk mengawali sebuah pembelajaran, dan juga guru tidak atau belum menyampaikan materi atau menjelaskan materi terlebih dahulu sebelum menyuruh para Siswa untuk membaca, dan hal itu biasanya akan memberi kesulitan bagi para Siswa memahami dan mengikuti sebuah pembelajaran.
Video ini juga memiliki Kelebihan dalamnya yaitu Suasana kelas kondusif, kelas nyaman dan tenang, tersedia buku bacaan yang bagus dan layak, Guru memotivasi siswa agar fokus memahami setiap bacaan agar bisa menyimpulkan hasil bacaan, Guru memberi apresiasi kepada siswa yang sudah maju ke depan.
Nama : heryanti
Nim : 856975651
Semester: 6 , pgsd s1
Pokjar : kotaagung Barat
Menurut saya dalam menyimak video tersebut
Sebelum membuka pelajaran sebaiknya kita buka dengan salam pembukaan terlebih dahulu.
1. Kekurangan: dalam melaksanakan pembukaan pembelajaran guru tidak membuka dengan salam dan doa terlebih dahulu.
Siswa juga kurang konsentrasi dalam menyimak penjelasan guru
2. Kelebihan: siswa sudah banyak yang aktif dan gurunya juga aktif dalam menyampaikan pelajaran