Similar Posts
Strategi Indonesia dalam Praktik Geostrategis di Laut Cina Selatan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan yang asri dan sejuk karena berada di dalam komplek perumahan. Di mana pada halaman sekolah tersebut terlihat siswa-siswi ada yang sedang berdiri di sekitar pintu kelas, ada juga yang sedang duduk di bawah pohon, terlihat diskusi antar siswa dengan…
Menjadi Pembaca Berita BMKG
Sinopsis Kesulitan siswa dalam memahami dan membaca gejala-gejala alam. Guru kesulitan untuk menciptakan media dan metode membelajarkan membaca berita BMKG melalui gejala-gejala alam. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami tentang konsep atmosfer dan hidrosfer pada gejala-gejala alam. Video ini menggambarkan strategi pembelajaran dengan model membelajarkan gejala-gejala alam melalui…
Membuat Slogan Bergambar
Sinopsis Seorang guru bahasa yang mengajarkan membuat slogan, guru memperagakan bagaimana jika pembelajaran slogan itu dilakukan dengan cara yang tidak benar, misalnya diawali dengan menunjukkan beberapa gambar dan satu contoh slogan. Kemudian guru menjelaskan arti slogan dengan menyampaikan definisi slogan. Kegiatan selanjutnya guru memberi tugas kerja kelompok tiap kelompok beranggotakan 4 siswa untuk membuat slogan…
Memahami Materi Perang Dunia II dengan Materi Latihan Membuat Peta
Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPS di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya yang diberikan, yang berkenaan dengan peristiwa sejarah terutama peristiwa Perang Dunia II. Untuk itu solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah bagaimana mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media peta, yaitu bagaimana siswa terlibat dalam…
My Hobby
Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat…
Berlatih Mengemukakan Pendapat di Depan Umum
Sinopsis Tampak seorang guru PKN dengan beberapa siswa di kelas VII. Beliau mengajar materi tentang “Kebiasaan mengemukakan pendapat di muka umum”. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, siapa yang mau mengemukakan pendapat tentang masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Akan tetapi tidak ada satu siswa pun yang berani menjawabnya. Mereka hanya duduk terdiam dan…
assalamualaikum
nama : Sartinah, S.Pd
Prodi : MPDr
NIM : 501152989
UT. Pekanbaru
izinkan saya memberi tanggapan dari video diatas dengan tema :Sering mengejek
Seorang guru harus faham betul dengan karakter siswanya dan lingkungannya serta kebutuhan siswa tersebut.
Untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan berbudaya positif perlu adanya pembiasaan nilai-nilai positif baik dalam pembelajaran maupun diluar jam pelajaran, hal ini tak lepas dari dukungan semua lingkungan pendidikan , orang tua, dan masyarakat.
Dengan demikian salah satu cara mengkondisikan kelas yang kondusif dengan nilai-nilai positif, maka guru bersama siswa terlebih dahulu bersama-sama berdiskusi membuat kesepakatan kelas, hal ini sangat membantu dan menjadi pembiasaan dan pedoman yang baik bagi siswa dan guru dalam menerapkan budaya positif dan anti kekerasan, sebab mengejek ini salah satu tindakan kekerasan berupa verbal, dan sangat tidak baik bagi lingkungan sosial siswa tersebut.
jika terjadi kesalahan yang sering mengejek apapun itu situasinya kepada siapapun dan apapun objek yang di ejeknya, maka ada strategi yang bisa guru terapkan yaitu
1. guru boleh membri teguran dan peringatan langsung kepada siswa, dan mengingatkan kepada keyakinan kelas yang telah disepakati bersama, tetapi dalam hal ini dari aspek psikologisnya guru tidak boleh sampai memalukan siswa.
2. ajarkan empati dan penghargaan, sayang menyayangi dan saling menghormati
3. bersama-sama mengingatkan aturan atau keyakina kelas yang telah dibuat bersama
4. guru boleh bersama-sama siswa berdiskusi mengenai sanksi yang sesuai jika melakukan pelanggran terhadap keyakinan tersebut
5. Membuat poster dan keyakinan kelas dan di tempel di dinding kelas, serta pembiasaan tentang budaya positif
Demikian tanggapan dari saya,,Trimks,,, salam santun ,wassalam
Nama ; Yuni Kartika
Nim : 501152957
Menurut saya yang dilakukan oleh guru tersebut sudah lah benar.Dengan menasehatinya diharapkan agar siswa anto dapat memahaminya bahwa sikap mengejek itu tidaklah tepat.jikalau cara itu tidak berhasil barulah diberikan sebuah pertanyaan yang cukup sulit membuat siswa anto mendapatkan efek jera agar tidak lagi mengejek temannya disaat salah menyampaikan jawaban .
Video tersebut pembelajaran tentang prilaku siswa yang kurang baik ketika ada salah satu siswa yang menjawab pertanyaan dengan jawaban salah terkadang ditertawakan hal ini adalah tindakan yang tidak terpuji dan harus di beritahukan kepada anak dari sedini mungkin karena ini sudah termasuk tindakan bullying yang berdampak buruk bagi seseorang anak yang sebagai korban.
Solusinya perlu sikap para guru untuk menangani nya langsung. Dengan memberikan pemahaman bahwa sikap mengejek adalah sikap yang tidak baik, dan guru harus melakukan pendekatan kepada si pelaku agar dia tidak merasa di rendahkan juga atas tindakannya. Agar ketika kita menasehati anak tersebut bisa menerima dan tidak memberontak.
1. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru memiliki karakter nya masing masing,termasuk siswa yang sering mengejek atau menertawakan teman nya saat menjawab salah .
2. secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran yang ada dividio tersebut menurut saya ialah tidak dapat memaksakan kebiasaan anak yang memiliki karakter tidak terpuji tersebut untuk berhenti mengejek teman saat menjawab salah.
3. dan secara keseluruhan juga kelebihan guru juga ada pada kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi anak didik yang masyaallah unik unik sekali, dan pengembangan karakter siswa harus dilakuakn terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan.
4. hal hal unik yang ditemukan guru saat melakukan pembelajaran ialah menertawakan teman saat menjawab salah .
guru telah memeberikan pemahaman bahawa mengejek tersebut akan memberi dapak tidak baik bagi yang di ejek maupun yang mengejek.dan telah mengajak siswa yang mengejek berdialog.seteleh dipantau siswa tersebut tidak memiliki perubahan sikap. guru pun memberikan pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
5. upaya yang dapat meningkatkan kualitas belajar berikutnya ialah guru mesti terus memperhatikan pengembangan karakter siswa harus dilakukan terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan .guru perlu mengarahkan karakter yang kuat agar siswa menjadi orang sukses kelak.
nama : rapipin
nim : 857228901
1. reaksi siswa terhadap kegiatan pembelejaran yang dilakukan guru yang ada dividio tersebut memiliki reaksi dan sikap yang berbeda beda ,setiap siswa memiliki karakter masing masing termasuk yang menertawakan temannya saat menjawab salah.
2.kelemahan guru dalam mengajar sendiri ialah guru tidak dapat memaksakan sikap anak didik atau siswa nya untuk tidak memiliki sikap kurang terpuji seperti sering mengejek
3. tetapi ada juga kelebihan seorang guru ialah, memiliki sikap yang masyaallah super harus sabar untuk menhadapi karakter siswa yang unik unik tersebut.dengan berdialog dan memberi pemahan dengan kata yang sederhana dan dapat dipahami oleh setiap siswa.
4.hal unik yang ada didalam vidio dari guru saat melaksanakan pembelajaran ialah ada siswa yang yang menertawakan temennya saat menjawab salah. dan guru mencoba memberi pemahaman terhadap siswa nya bahwa sikap mengejek akan memeberi dampak tidak baik bagi yang di ejek maupun yang mengejek,guru juga mengajak berdialog siswa yang mengek
tetapi siswa yang mengejek tidak memiliki perubahan sikap ,guru pun dapat memebrikan pertanyaan yang sulit .
5.upaya untuk meningkatkan kualitas belajar ialah guru terus memperhatikan pengembangan karakter siswa harus dilakukan terus menerus agar siswa dapat berprilaku sesuai dengan aturan . guru perlu terapkan karakter yang kuat agar menjadi orang yang sukses.
Nama niati
Seorang guru harus bisa mengenali sipat dan karakter anak terlebih dahulu
Lalu kita bisa menegur anak tersebut agar tidak bisa mengejek teman nya
guru harus bisa mengajarkan anak tidak boleh mengejek kawan nya,dan harus ekstra sabar dlm menghadapi anak tersebut
Nama : PUTRI AYU LESTARI
NIM : 859873374
Menurut saya mengejek teman merupakan contoh sikap yang tidak terpuji. Sikap ini bisa melukai perasaan orang lain, merusak hubungan pertemanan dan menyebabkan orang merasa tidak nyaman atau tersinggung. Mengejek menunjukkan kurangnya rasa hormat dan empati terhadap orang lain. Mengejek teman berarti menyampaikan komentar yang bernada merendahkan, menyindir atau menghina dengan tujuan membuat seseorang merasa malu atau tidak nyaman.
Dampak dari mengaji bisa sangat merugikan, seperti merusak kepercayaan diri seseorang, membuat hubungan pertemanan menjadi renggang atau bahkan menjadi renggang.
Oleh karena itu, penting untuk menghindari perilaku mengejek dan menggantinya dengan sikap yang lebih positif, seperti mendukung dan menghormati perasaan teman.
Nama : Netta Utami Febriane Mulya
NIM : 857136548
Kelas : B
Semester : 8
Setelah saya melihat video diatas apa yang di lakukan oleh guru di atas sudah tepat, dan apa yang dilakukan guru tersebut sudah saya lakukan juga terhadap peserta didik saya di kelas. Sikap yang dilakukan oleh Anto sebaik nya dijelaskan kepada peserta didik yang lainnya juga agar peserta didik yang lain tidak mengikuti sikap tersebut.
NAMA:MERNIATI KIA
NIM : 859423654
Menurut saya mengejek teman merupakan contoh sikap yang tidak terpuji. Sikap ini bisa melukai perasaan orang lain, merusak hubungan pertemanan dan menyebabkan orang merasa tidak nyaman atau tersinggung. Mengejek menunjukkan kurangnya rasa hormat dan empati terhadap orang lain. Mengejek teman berarti menyampaikan komentar yang bernada merendahkan, menyindir atau menghina dengan tujuan membuat seseorang merasa malu atau tidak nyaman.
Dampak dari mengaji bisa sangat merugikan, seperti merusak kepercayaan diri seseorang, membuat hubungan pertemanan menjadi renggang .
Oleh karena itu, penting untuk menghindari perilaku mengejek dan menggantinya dengan sikap yang lebih positif, seperti mendukung dan menghormati perasaan teman.