silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

1,176 Comments

  1. Nama :Siti khoiriah
    Nim. : 858615648

    Menurut saya vidio tersebut sangat mudah di pahami, vidio tersebut menggambarkan upaya guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. Dengan adanya vidio tersebut bisa menjadi wawasan bagi saya Untu di aplikasikan di lembaga saya. Sekian dari saya terima kasih.

  2. Nama : Siti khoiriah
    Nim. : 858615648
    Upbjj. .: TArakan
    Menurut saya vidio tersebut sangat mudah di pahami. Video tersebut menggambarkan upaya guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. Dengan adanya vidionya menjadi contoh untuk di terapkan di lembaga kami

  3. Nama : Yayuk Priyanti Vera Potutu
    Nim : 858587524
    UPBJJ : Gorontalo

    Dalam video tersebut terlihat aktivitas dari seorang guru yang sedang berdiri di depan kelas sambil meminta anak untuk menggambar bebas, pada proses menggambar didalam video guru ikut menemani proses menggambar dari anak kemudia setelah proses menggambar selesai guru memeriksa hasil gambar dari anak yang hasil gambarnya sama. Hal ini tentu bukanlah yang di inginkan oleh guru namun memperbaiki cara dan proses pembelajaran dapat mengubah respon dan hasil dari pembelajaran. Sebagai guru seperti yang ada dalam video diatas mengambil langkah atau strategi perbaikan yang dilakukan guru merupakan langkah yang tepat dan sangat dianjurkan guna memperbaki kualitas hasil pembelajaran dari anak terutama dalam meningkatkan kreativitas anak

  4. Nama : Pitdrayani
    Nim : 877596407

    Baik, saya akan memberikan komentar tentang video pembelajaran dengan judul “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”. Menurut pendapat saya video tersebut sangat membantu guru dalam mengarahkan siswanya agar lebih mudah berimajinasi saat menggambar, video tersebut juga mengajarkan guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut iyalah memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di halaman sekolah. Dengan adanya video ini bisa saya terapkan di lembaga tempat saya mengajar.

  5. Setelah menonton videonya , video tersebut sudah bagus, dapat mengajarkan strategi yang di terapkan oleh guru tersebut untuk mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar . yaitu : memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat setiap anak. mengajak anak untuk keluar kelas dan meminta anak untuk bercerita dengan menggambarkan apa yang di temukan di lapangan . video ini sangat bermanfaat untuk guru PAUD untuk dapat mengatasi seperti maslah tersebut.

  6. Nama : Miftahul Jannah
    NIM : 858307669

    Menurut pendapat saya mengenai vidio Seri pembelajaran PAUD yang berjudul Anak sulit berimajinasi saat menggambar ini, vidio ini sudah bagus dan sangat mudah untuk di pahami , dalam vidio tersebut sudah menggambarkan berbagai upaya seorang guru dalam mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi pada saat menggambar, salah satu langkah yang di lakukan oleh guru di vidio tersebut salah satunya mengajak anak untuk menggambar bebas, dan mengajak anak untuk keluar ruangan kelas dan mengamati berbagai benda atau tanaman yang ada di sekitar sekolah yang bisa untuk di gambar nantinya, dalam hal itu anak-anak dapat melihat berbagai objek dan imajinasi anak pun akan berkembang.
    dan ada beberapa langkah juga cara mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi , seperti asah anak melalui bercerita, ajak anak dalam berkreasi, ajak anak dalam bermain peran, menghargai setiap karya yang dibuat anak, dan banyak lagi yang lainnya

Leave a Reply