silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,419 Comments

  1. Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dalam video yang saya lihat guru sudah bagus dalam mengaitkan dengan materi yang sebelumnya dengan bercerita kegiatan apa yang akan dilakukakan hari ini yaitu melalui permainan dengan bola. Guru bercerita bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Dalam video tersebut guru memberikan intruksi kepada anak untuk mengambil bola dalam keranjang dan berhitung.
    Kelemahan
    – Anak tidak diberikan kesempatan dalam berhitung bola dalam keranjang, alangkah baiknya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung bola sendiri sesuai yang ada di dalam keranjang sambil dilihatkan kepada teman-temanya.
    – Guru masih memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuannya saja, seharunya guru memberikan kesempatan kepada anak laki-laki dalam permainan sehingga anak tidak merasa di sampingkan.
    – Dalam penanaman konsep guru masih menggunakan LKS sehingga anak tepacu dalam lembar kerja.
    Kelebihan
    – Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan sudah bagus dengan melalui bernyanyi dan tepukan
    – Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak sehingga anak sangat senang.
    – Memberikan reword kepada anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
    Kesimpulan
    Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru . Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak.serta penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut sehingga Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

  2. Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dalam video yang saya lihat guru sudah bagus dalam mengaitkan dengan materi yang sebelumnya dengan bercerita kegiatan apa yang akan dilakukakan hari ini yaitu melalui permainan dengan bola. Guru bercerita bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Dalam video tersebut guru memberikan intruksi kepada anak untuk mengambil bola dalam keranjang dan berhitung.
    Kelemahan
    – Anak tidak diberikan kesempatan dalam berhitung bola dalam keranjang, alangkah baiknya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung bola sendiri sesuai yang ada di dalam keranjang sambil dilihatkan kepada teman-temanya.
    – Guru masih memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuannya saja, seharunya guru memberikan kesempatan kepada anak laki-laki dalam permainan sehingga anak tidak merasa di sampingkan.
    – Dalam penanaman konsep guru masih menggunakan LKS sehingga anak tepacu dalam lembar kerja.
    Kelebihan
    – Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan sudah bagus dengan melalui bernyanyi dan tepukan
    – Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak sehingga anak sangat senang.
    – Memberikan reword kepada anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
    Kesimpulan
    Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru . Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak.serta penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut sehingga Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

  3. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Erlina
    NIM : 856819325
    Pokjar : Ketahun
    UPBJJ : Bengkulu
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Dalam Vidio diatas seorang pendidik sedang mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan media bola warna warni sehingga membuat anak tertarik untuk mengikuti pelajaran sambil bermain, terlihat juga pendidik mengajar anak dengan mengajak bertepuk satu dan selanjutnya, anak antusias untuk mengikuti. Dengan demikian anak akan mengerti konsep bilangan yang di ajarkan oleh ibu guru.

  4. Nama : Rizki Maharani
    NIM : 858100862

    Pada video tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
    1. Anak-anak bermain dengan bola di kelas, bergantian menghitung jumlah bola yang mereka miliki.
    2. Guru mendorong siswa untuk menghitung dan menambahkan lebih banyak bola jika diperlukan untuk menekankan konsep angka.
    3. Pentingnya guru menggunakan berbagai teknik seperti lagu dan permainan untuk membantu anak-anak memahami angka.
    4. Anak-anak terlibat dalam kegiatan mencocokkan objek dengan simbol angka yang sesuai.
    5. Guru memberikan penguatan positif, seperti memberikan bintang kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugas yang melibatkan angka.

  5. Nama: Rizki Maharani
    NIM : 858100862

    Pada video tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
    1. Anak-anak bermain dengan bola di kelas, bergantian menghitung jumlah bola yang mereka miliki.
    2. Guru mendorong siswa untuk menghitung dan menambahkan lebih banyak bola jika diperlukan untuk menekankan konsep angka.
    3. Pentingnya guru menggunakan berbagai teknik seperti lagu dan permainan untuk membantu anak-anak memahami angka.
    4. Anak-anak terlibat dalam kegiatan mencocokkan objek dengan simbol angka yang sesuai.
    5. Guru memberikan penguatan positif, seperti memberikan bintang kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugas yang melibatkan angka.

  6. Nama : Erina Eka Sandra
    Nim : 859798989
    Topik : sulit mengenal konsep bilangan

    mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya

  7. Nama : Balqis Hilda Nadila Alkaf
    NIM : 858164905
    Sulit mengenal konsep bilangan
    Dalam Vidio diatas seorang pendidik sedang mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan media bola warna warni sehingga membuat anak tertarik untuk mengikuti pelajaran sambil bermain, terlihat juga pendidik mengajar anak dengan mengajak bertepuk satu dan selanjutnya, anak antusias untuk mengikuti. Dengan demikian anak akan mengerti konsep bilangan yang di ajarkan oleh ibu guru.

  8. Nama : selpi aminah
    nim: 856813403
    Judul video “sulit mengenal konsep bilangan”
    dalam cerita video di atas saya menangkap pada seorang guru di tk tersebut yaitu mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. yang ahrus di lakukan guru tersebut antara lain:
    – mengajak anak untuk membilang dengan permainan
    – bernyanyi dan bertepuk tangan
    -membuat alat peraga permainan konsep bilangan
    dan anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut.
    memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, tidak lupa mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa bintang lima.

  9. nama : Dwi puspa sari
    Nim : 856815905
    Pokjar : kota Bengkulu
    berdasarkan pada video di atas tersebut menurut pendapat saya mengenai kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini sudah Baik. dimana di awal sudah dijelaskan terlebih dahulu dengan berhitung menggunakan bola, setelah itu lanjut dengan nyanyi anggota tubuh sambil berhitung, kemudian di lanjutkan dengan kegiatan lembar kerja, anak menghitung gambar dan melingkari bilangan sesuai pada gambar tersebut.

Leave a Reply