silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

968 Comments

  1. Nama: Aulina Maghfiroh
    NIM : 857991824
    Judul : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI
    Vidio tersebut menerangkan ttg anak yg belum mandiri.
    Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif, Kondisi ini perlu diperbaiki, karena usia dini merupakan masa yang penting untuk penanaman rasa kepercayaan diri.
    Dan didalam vidio diterangkan beberapa teknik yang dilakukan oleh guru PAUD untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak, sebagai berikut:
    1. Guru menanyakan kpd anak jika masih ragu terhadap tugas yang diberikan
    2. Guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu disukai, meskipun tidak sesuai tema saat itu).
    3. Guru memotivasi kreativitas anak
    4. Guru mengeksplorasi potensi anak.

  2. Nama: Rizani Rinja
    NIM: 857747883
    PRODI: PGPAUD
    Tayangan video tersebut memberi inspirasi untuk saya dalam melatih rasa percaya diri pada anak. Melalui;
    1. Menanyakan kepada anak jika masih ragu terhadap tugas yang diberikan
    2. Memberikan saran untuk menggambar sesuatu disukai, meskipun tidak sesuai tema saat itu
    3. Memotivasi kreativitas anak
    4. Mengeksplorasi potensi anak

  3. Video ini sangat membantu dalam mengatasi permasalahan anak yang tidak percaya diri. Guru dapat menggunakan strategi seperti memberikan pujian dan apresiasi. Membantu anak untuk mengidentifikasi kelebihan dan keahlian mereka juga sangat efektif dalam meningkatkan percaya diri. Dan tentunya, memberikan kesempatan bagi anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang mereka sukai sangat membantu dalam meningkatkan motivasi mereka.

  4. Nama: Sri Agnesia Lase
    Nim: 859786841
    Anak Tidak Percaya Diri
    Dalam video tersebut tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan motivasi kepada anak dalam berkreativitas, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

  5. Nama: Sri Agnesia Lase
    Nim: 859786841
    Anak Tidak Percaya Diri
    Dalam video tersebut tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

    Terimakasih🙏

  6. Nama : PURNAMA SARI
    NIM : 857371701
    Judul : Anak Tidak Percaya Diri

    Identifikasi masalah yang terjadi dalam video :
    Anak tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya.

    Solusi :
    – Guru bertanya kepada anak kenapa masih ragu akan tugas yang diberikan
    – Guru memberi saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai tema saat itu
    – Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara menggambar sesuatu yang disukai anak
    – Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak
    – Guru melakukan pendekatan dan memotivasi anak untuk anak menggambar sendiri

  7. NIM :856797079
    Nama : Dewi Masita

    Pada video yang berjudul Anak tidak percaya diri,guru melakukan pendekatan terhadap anak dan memotivasi anak agar dapat menggambar sendiri.Yang saya lihat pada video tersebut kebanyakan anak didik tersebut banyak yang belum mandiri dalam melakukan kegiatan menggambar. Pendidik di dalam video tersebut sangat telaten untuk mengajari anak didiknya dengan lembut.

  8. NORMA ANITA
    858180852
    SALUT TUBAN

    ANAK TIDAK PERCAYA DIRI ada banyak faktor penentu kenapa anak tidak percaya diri, ini bisa terjadi pada pola asuh atau perlakua guru di sekolah, sebagai guru kita harus memahami permasalahan yang di alami anak lalu mencari solusi agar segera tertangani, karena usia dini merupakan masa yang penting untuk penanaman rasa kepercayaan diri. respon guru dalam video tersebut sangat baik bisa memberikan wawasan baru ketika kita di hadapi permalsahan tersebut, Guru lansung memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Leave a Reply