Similar Posts
Belajar Menggambar Kurve Permintaan dan Penawaran dengan Lengan
Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam media pembelajaran IPS SMP Kelas VII. Pada penggalan pertama diceritakan bahwa guru kesulitan dalam mengajarkan siswa bagaimana membuat grafik/kurve permintaan dan penawaran. Sebagian besar siswa masih belum memahami bagaimana bentuk kurva permintaan dan perbedaannya dengan kurva penawaran. Agar dapat menerangkan bentuk kurva penawaran, guru mencari satu media…
Elaborasi Dan Konfirmasi Dengan Media Video Interaktif
Sinopsis Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan media video interaktif untuk pembelajaran Ekosistem. Pembelajaran mengacu pada Rancangan Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang pada kegiatan intinya berisi tahapan pembelajaran eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Di awal, program menampilkan guru yang telah menggunakan media untuk mengajarkan Ekosistem, namun ia…
Sikap Berontak
Sinopsis Dalam program ini digambarkan video pembelajaran tentang sikap berontak siswa. Ada beberapa diantara mereka yang berpandangan bahwa tidak ada kaitan antara kecerdasan dengan prilaku tertentu, seperti masalah rambut solusi, diperlakukan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini secara arif dan bijaksana. Asnah Limbong Pakar Dosen Penayangan Video ini bertujuan agar Guru dengan bantuan Guru…
Mengenal Hukum Gossen I dan II
Sinopsis Video ini berisi tentang proses pembelajaran bagaimana guru berupaya mewujudkan konsep abstrak menjadi konkrit melalui praktek. Hukum Gossen I dan Hukum Gossen II adalah konsep abstrak. Konsep abstrak akan sangat sukar dipahami oleh siswa SMP bila hanya disampaikan dengan lisan atau metode ceramah, oleh karena itu agar siswa bisa memahami konsep tersebut, maka guru…
Belajar Ekosistem Dengan Pendekatan Discovery
Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran IPA dengan topik “Strategi Pembelajaran IPA”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar tentang pengertian ekosistem. Sebelum menanyakan pengertian tentang ekosistem guru menayangkan gambar video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan…
Anak Tidak Fokus Ketika Guru Menjelaskan
Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara…
Nama : Musyarofah
NIM : 049473269
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Assalamu’alaikum wr.wb
Dari video diatas dapat dilihat bahwa ibu guru memberikan materi tentang ” Penggunaan Metode Pengamatan terhadap Teman sendiri tentang Perilaku yang Mencerminkan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari.” Menurut saya proses pembelajaran diatas dimulai dengan berinteraksi dengan siswa, melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang akan di jelaskan merupakan model pembelajaran yang sangat interaktif. Menggunakan metode pengamatan terhadap perilaku ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membagi kelompok diskusi. Setiap kelompok diberikan materi untuk memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari dengan tema yang berbeda-beda. Setiap kelompok wajib melakukan presentasi dari apa yang mereka diskusikan. Menurut saya metode pembelajaran itu bertujuan agar para siswa berani bicara didepan umum, dan mampu mengungkapkan pendapat pribadinya. Para siswa akan lebih merasa senang karena bisa mengeksplore bakat yang ada pada diri masing-masing.
Terima kasih