Similar Posts
Belajar Ekosistem Dengan Pendekatan Discovery
Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran IPA dengan topik “Strategi Pembelajaran IPA”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar tentang pengertian ekosistem. Sebelum menanyakan pengertian tentang ekosistem guru menayangkan gambar video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan…
Mengajar dengan Atraktif Mengajar secara Konestekstual
Sinopsis Program membahas pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada awal program ditampilkan seorang guru yang mengajar materi Gerak pada Tumbuhan dengan menggunakan media namun belum melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang atraktif. Solusi diberikan dengan memberikan contoh pembelajaran yang memperlihatkan guru yang membawa berbagai tanaman dan…
Menulis Puisi Bebas Dengan Media Gambar
Sinopsis Program ini berisi cuplikan pembelajaran dengan pokok bahasan Menulis Puisi. Dalam awal pembelajaran, Guru memancing imajinasi para siswa dengan beberapa video terkait dengan topik yang dibahas, yakni Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani. Media gambar tersebut dipilih guru berhasil memancing perhatian siswa sehingga ketika guru meminta para siswa menulis puisi bebas dengan…
Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori
Sinopsis Program ini menggambarkan upaya seorang guru SMP yang berusaha mengubah cara mengajarnya dari model ceramah ke model pembelajaran proyek karena para siswa cenderung tidak semangat apabila pembelajaran dilakukan dengan cara menerangkan panjang lebar. Dengan menggunakan pembelajaran proyek, siswa lebih semangat dan lebih mudah memahami teori yang disampaikan. Hartinawati Pakar Dosen – Pakar Guru –
Belajar Memahami Konsep Sudut
Sinopsis Tujuan tayangan video ini adalah belajar memahami konsep sudut. Pada awal pembelajaran guru menyampaikan bahwa materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut adalah tentang pengertian sudut dan nama-nama sudut. Namun sampai waktu habis atau pembelajaran diakhiri materi tentang nama-nama sudut tidak dibahas. Penanaman pengertian sudut yang disampaikan guru pada siswanya sudah cukup bagus, yaitu…
Chart Berantai Sejarah
Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPS di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya yang diberikan, terutama yang berkenaan dengan peristiwa sejarah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah bagaimana mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media chart berantai, yaitu siswa terlibat dalam menjelaskan suatu peristiwa sejarah menggunakan…
Nama : Linawati
NIM : 049820292
Prodi : Pendidikan Ekonomi
dari penayangan vidio diatas point yang dapat saya ambil
Guru memang harus menciptakan sebuah metode pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih tertarik untuk mempelajari materi yang kita sampaikan. Seperti yang diperagakan dalam vidio tersebut terlihat dari metode yang digunakan cukup membuat siswa lebih memahami materi dan siswa mempunyai daya tarik tersendiri untuk mengikuti setiap pembelajaran yang disampaikan guru tersebut.