Similar Posts
Practices Make Perfect
Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut. Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri…
Ayo Berorasi
Sinopsis Keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat masih menemukan kendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan siswa untuk membiasakan mengemukakan pendapat lewat ide dan gagasannya terutama dalam penggunaan kata-kata. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami membiasakan mengemukakan pendapat lewat berorasi. Siswa diberi kesempatan bersimulasi bermain peran menjadi seorang tokoh…
Atmosfer dan Hidrosfer
Sinopsis Atmosfir dan hidrosfir merupakan dasar bagi pengkajian lingkungan udara dan siklus air di permukaan bumi yang sangat diperlukan di dunia ini. Sebagai guru IPS di SMP harus bisa membangkitkan semangat siswa untuk belajar yang menyenangkan. Pada video ini menggambarkan strategi guru untuk membantu siswa memahami atmosfir dan hidrosfir. Guru mengajak siswa untuk bermain dengan…
Belajar Efektif Dengan Video Interaktif
Sinopsis Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan media video interaktif. Di awal, program menampilkan guru mengajarkan Ekosistem dengan menggunakan media, namun di akhir pembelajaran dia mendapatkan bahwa siswa belum memahami hal yang disampaikan melalui pembelajaran. Solusi dilakukan dengan menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran serta memperbaiki…
Tidak Meratanya Pengetahuan Dasar Siswa dalam Kelas
Sinopsis Program ini menggambarkan seorang guru yang kesulitan untuk memulai pelajaran karena siswa dalam kelasnya memiliki tingkat pengetahuan yang tidak merata. Upaya yang dilakukan guru dalam program ini adalah meminta siswa untuk mempelajari materi dikrumah sebelum materi tersebut diajarkan keeseokan harinya. Selain itu guru juga memberikan tugas-tugas secara individual agar siswa dapat lebih memahami yang…
Belajar Matematika dengan Menyenangkan
Sinopsis Video ini berisi tayangan tentang cara guru membelajarkan matematika dengan menyenangkan. Di dalam tayangan tersebut guru menggunakan rumus-rumus luas bangun datar pada benda-benda yang ada di sekitar kelas. Misalnya: ubin, permukaan meja belajar, permukaan papan tulis, lantai ruang kelas, dan lain-lain. Ternyata menggunakan benda-benda di dalam kelas ini untuk belajar rumus bangun datar sangat…
Nama Ide Irma Suriaini
NIM 020647297
Dari video yg ditayangkan sangat menginspirasi dan bermanfaat bagi kita rekan guru dalam menyampaikan materi, terutama bagi siswa karena mereka bisa menemukan rumus layang-layang itu sendiri.
Nama: Ainul Laili Fauzia
Nim:042729628
UPBJJ: Malang
Kekurangan:
Ketika guru memberikan siswa menjawab pertanyaan kemudian siswa menjawab dengan jawaban yang belum tepat, guru tidak boleh langsung Menyalahkan jawaban siswa tersebut.
Kelebihan:
Dengan adanya media pembelajaran dan pelibatan siswa dalam pembelajaran menjadikan semua anak aktif dalam pembelajaran.
Hal Unik:
Media yang sederhana namun menarik sehingga dapat memudahkan pemahaman siswa dan pembelajaran matematika yang menyenangkan.
Hal untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran:
Ketika ada siswa yang menjawab dengan jawaban yang belum benar guru mengalihkan pertanyaan kepada siswa lain kemudian setelah guru mendapat siswa yang menjawab dengan jawaban yang tepat kemudian guru bertanya kembali kepada siswa yang jawabannya belum tepat apakah tetap jawaban awal atau mengikuti jawaban teman temannya sehingga siswa yang menjawab dengan jawaban belum tepat bisa mengetahui kesalahan dengan sendirinya dan juga mengetahui jawaban yang benar. Sehinnga siswa tersebut tidak merasa berkecil hati.