Similar Posts
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh
Nama : Maya Ramadana
NIM : 859446519
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Makassar
Setelah melihat video pembelajaran Bahasa Indonesia di atas dengan materi “Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat. Di video tersebut guru tidak melakukan pembukaan dengan lengkap seperti belum membaca doa sebelum belajar dan tidak menyapa para peserta didik. Guru langsung membuka pembelajaran dengan cara mengajak para peserta didik untuk bernyanyi bersama setelah itu guru menjelaskan materi yang ingin dipelajari atau di ajarkan.
Dalam proses penyampaian materi sudah baik, Dimana guru memberikan perhatian kepada siswa, tidak hanya fokus ke satu siswa saja. Media penyampainnya sangat baik dengan menggunakan gambar sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan.
Sekian dan terima kasih
Wassalamualaikum Warahamtulahi Wabarahkatuh
Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh
Nama : Maya Ramadana
NIM : 859446519
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Makassar
Setelah melihat video pembelajaran Bahasa Indonesia di atas dengan materi “Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat. Di video tersebut guru tidak melakukan pembukaan dengan lengkap seperti belum membaca doa sebelum belajar dan tidak menyapa para peserta didik. Guru langsung membuka pembelajaran dengan cara mengajak para peserta didik untuk bernyanyi bersama setelah itu guru menjelaskan materi yang ingin dipelajari atau di ajarkan.
Dalam proses penyampaian materi sudah baik, Dimana guru memberikan perhatian kepada siswa, tidak hanya fokus ke satu siswa saja. Media penyampainnya sangat baik dengan menggunakan gambar sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan.
Sekian dan terima kasih
Wassalamualaikum Warahamtulahi Wabarahkatuh
Nama : Ade Fahmi Fazri
NIM : 860199292
Prodi : PGSD
UPBJJ : Bandung
Assalamualaikum wr,wb izin menanggapi video diatas.
Dalam Video tersebut, seorang guru menerangkan tentang pelajaran bahasa indonesia mengenai menulis kalimat, huruf, suku kata.
itu sejalan dengan pengalaman saya mengajar disekolah, terlihat guru tersebut menggunakan metode pengajaran yang kreatif dan menarik sehingga meningkatkan minat dan motivasi siswa di kelas. untuk itu saya akan memaparkan beberapa kelamahan dan kelebihan dalam video tersebut :
– Kelebihan :
* Metode yang digunakan menarik dan dapat siswa ikuti dengan baik.
* komunikasi dan bahasa yang digunakan mudah dimengerti oleh siswa.
– Kelemahan :
* Tidak memulai pelajaran dengan contoh penulisan huruf dengan jelas.
Sekian, terima kasih.
Nama : Resa Wiranti
Nim : 859773118
Pokjar : Rarowatu Utara
Video pembelajaran : ” Menulis Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Dalam video tersebut Terlihat guru memberikan pembelajaran menulis tentang keluarga,dalam video tersebut guru sudah baik dalam memberikan pembelajaran hanya guru tidak memulai kelas dengan memberikan salam terlebih dahulu,tidak menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, tidak melakukan absensi dan menanyakan siswa apakah semuanya sudah siap belajar. cara mengajar guru sangat bagus karena guru sangat memperhatikan siswa,memberikan media pembelajaran dan memberikan semangat kepada siswa yang membuat siswa lebih semangat belajar menulis,namu terlihat diakhir video guru tidak memberikan siswa apresiasi seperti memberikan nilai kepada siswa agar siswa percaya diri dengan apa yang ia buat dan membuat siswa selalu semangat dalam menulis dan tugas yang diberikan kepada guru.
“Terimakasih”
Nama : Qurrotul Aini
NIM : 858944448
Menurut saya, pada vidio pembelajaran diatas sudah cukup baik, guru menerangkan dan mempraktekkan langsung di papan tulis sehingga anak – anak bisa mengikuti. Pada pembelajaran guru juga menggunakan metode dan media pembelajaran yg cukup menarik yaitu dengan bernyanyi serta di lengkapi dengan media gambar yang kemudian terdapat kata yg sesuai dengan gambar. Guru juga melakukan pendekatan interaksi secara langsung kepada siswa , dan mengajarkan metode tracking (menjiplak) huruf diatas kertas bergaris. Hanya saja disini kelemahan dalam vidio adalah tidak adanya apersepsi di awal pembelajaran seperti berdoa, dan mengabsen siswa.