silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

399 Comments

  1. nama : adlik lailaty
    nim :857047022

    setelah saya menonton video tersebut, maka menurut pendapat saya. seharusnya guru memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu dan bisa juga dengan pendahuluan untuk anak anak memberi sapaan dan memberi motivasi terlabih dahulu, Alur penyampaian materi cukup terstruktur dan membuat kelompok untuk membuat pantun juga sudah sangat baik untuk pembelajaran agar siswa lebih bisa bekerja sama dengan teman temannya

  2. Nama: Nanda Dwi Ulfa Yuniati
    NIM: 858935542
    Pokjar : Umbulsari

    Menurut saya pada video yg ditampilkan pada lamanya GPO ,menurut saya disini pada saat Pendahuluan guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu,lalu pada bagian inti guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang pengertian materi Pantun, langkah-langkah pengertian pantun tidak dijelaskan oleh guru
    Sebaiknya menurut saya pada bagian pembukaan alangkah baiknya sebelum memulai pembelajaran berdoa terlebih dahulu,lalu melakukan ice breaking supaya peserta didik lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran hari itu, lalu pada bagian inti sebelum meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas sebaiknya guru menjelaskan terlebih dahulu tentang materi yg akan dipelajari dan menyebutkan langkah-langkah cara membuat pantun

  3. Nama : Gery Fallo
    Nim : 859284858.
    saya senang dengan ibu guru yang awal mengajar menanyakan materi minggu lalu sehingga siswa mengingat apa yg di sampaikan minggu lalu.
    guru tersebut juga memberikan kebebasan kepada siswa sehingga bisa membuat berbagai jenis pantun.
    sehingga siswa menjadi antusias, selain itu siswa di bagi sehingga menjadi berkelompok dengan demikian memudahkan siswa untuk membuat pantun dan secata langsung mengajarkan siswa agar bisa kerja sama. guru tersebut juga memberikan contoh pantun dan menjelaskan ciri-ciri pantun guru tersebut juga memberikan apresiasi kepada anak dengan cara bertepuk tangan. dengan begitu siswa merasa di hargai dengan apa yg lakukan. guru juga menegaskan untuk siswa wajib belajar di rumah…

  4. Nama : Etika Auliyasari
    Nim : 857501627

    Dri pemecahan masalah di video tersebut pada saat pembelajaran dimulai alangkah lebih baik guru memberikan review pembelajaran yng sebelumnya agar siswa dapat memahami pembelajaran yang berikutnya. Guru tersebut juga sangat mempermudah dalam pembelajaran terhadap anak2 memberikan tugas kelompok untuk membuat pantun dan juga memberikan contoh terlebih dahulu agar anak2 tidak kebingungan dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

  5. nama : Gery Fallo.
    nim :859284858.
    menurut saya video ini mendorong siswa untuk berpikir kreatif dalam merangkai kata, meningkatkan kemampuan bahasa dan kosakata, memperkenalkan tradisi sastra Indonesia. Kelebihan struktur pantun yang sederhana memudahkan anak-anak untuk belajar. kegiatan membuat pantun dapat dilakukan secara kelompok, meningkatkan interaksi sosial presentasi pantun di depan kelas membantu siswa berlatih berbicara di depan umum.
    Kekurangan Beberapa siswa mungkin kesulitan menemukan rima atau tema yang tepat, anak-anak mungkin merasa terbatas dalam mengekspresikan ide-ide mereka. Upaya Peningkatan Menyediakan kartu kata atau gambar untuk membantu siswa menemukan inspirasi. Memberi contoh pantun dari berbagai tema untuk memperluas wawasan siswa. selain itu guru juga harus memberikan sesi umpan balik..
    terimakasihh..

  6. Nama : MUNIKA OKTAVIA
    Nim :859542904
    Dari pemecahan masalah di video tersebut pada saat pembelajaran dimulai alangkah lebih baik guru memberikan review pembelajaran yng sebelumnya agar siswa dapat memahami pembelajaran yang berikutnya. Guru tersebut juga sangat mempermudah dalam pembelajaran terhadap anak2 memberikan tugas kelompok untuk membuat pantun dan juga memberikan contoh terlebih dahulu agar anak anak tidak kebingungan dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

  7. Assalamualaikum
    Izin menanggapi diskusi
    Dari video pembelajaran diatas saya melihat proses pada reaksi siswa terlihat antusias dan aktif dalam belajar membaca pantun karena guru menggunakan metode tanya-jawab sehingga memicu keaktifan para siswa dalam menjawab pertanyaan. Siswa juga terlihat antusias dalam membacakan pantun yang mereka buat kedepan kelas.

    3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video

    Menurut saya kelemahan guru dalam pembelajaran yaitu tidak melakukan beberapa kegiatan pendahuluan atau apersepsi, seperti salam, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, menanyakan kesiapan siswa dalam pembelajaran, ini sangat penting dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran atau memasuki kegiatan inti dalam pembelajaran, agar siswa dapat mendengarkan penjelasan guru dengan tenang dan fokus. Pada kegiatan inti, guru tidak mencontohkan cara membaca pantun yang baik dan benar terlebih dahulu sebelum meminta siswa untuk mempraktikkan membaca pantun kedepan kelas. Pada kegiatan penutup proses pembelajaran, guru juga belum terlihat penyimpulan materi yang dipelajari dan rencana tindak lanjut untuk pembelajaran.

    Kelebihan Pembelajaran dalam Video

    Kelebihan guru dalam pembelajaran pada video diatas seperti:

    a. Guru menggunakan metode tanya-jawab sangat tepat dalam memicu T keaktifan para siswa dalam menjawao pertanyaan.

    b. Penyampaian guru sudah cukup baik. Saat pembelajaran guru menggunakan kata-kata maupun kalimat yang mudah dipahami oleh siswa.

    c. Guru mampu menarik perhatian siswa sehingga seluruh siswa memperhatikan guru saat menjelaskan.

  8. Nama : Rini syahaya
    Num : 856022835
    Alhamdulillah setelah melihat video ini saya lebih banyak belajar dari setiap kegiatan yang ada di video ini anak anak banyak juga antusias nya untuk belajar pantun membuat belajar semakin mudah di ingat bagi saya guru paud cahaya hati

  9. Nama : Dina Nur Hadiah
    Nim : 856085574
    Menurut saya kelemahan dalam pembelajaran yang dilakukan guru yaitu tidak melakukan salah satu kegiatan pendahuluan atau apersepsi, seperti berdo’a, ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran atau memasuki kegiatan inti dalam pembelajaran, agar siswa dapat mendengarkan penjelasan guru dengan tenang dan fokus. Kemudian pada saat pembentukan kelompok belajar, kelas terlihat tidak kondusif dan guru terlihat sangat kebingungan karena guru meminta siswa untuk membentuk kelompok belajar sendiri. Seharusnya guru yang membentuk kelompok belajar, agar proses belajar berjalan dengan tertib dan lancar.

    Kelebihan yang dilakukan guru dalam pembelajaran pada video diatas seperti :

    a. Guru sudah melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa.

    b. Guru menggunakan metode tanya-jawab sangat tepat dalam memicu keaktifan para siswa dalam menjawab pertanyaan.

    c. Guru sudah mengulang pelajaran yang sudah di pelajari minggu lalu dengan tanya jawab.

    d. Penyampaian guru sudah cukup baik. Saat pembelajaran guru menggunakan kata-kata maupun kalimat yang mudah dipahami oleh siswa.

    e. Guru sudah menggunakan metode diskusi dengan melakukan pembelajaran secara berkelompok, hal ini membuat siswa memperkuat solidaritas dan kerjasama siswa.

    Hal unik yang terdapat dalam Pebelajaran Video

    Saya melihat hal unik dari dalam pembelajaran pada video yaitu guru sudah menunjukkan ketrampilan memberi penguatan yang sangat baik. Salah satu bentuk penguatan yang diberikan adalah pujian. Pujian tersebut dapat menambah kepercayaan diri siswa. Selain itu guru juga memiliki keterampilan menjelaskan yang baik

    Dari video pembelajaran tersebut sedikit usulan dari saya untuk meningkatkan kualitas belajar seperti :

    a. Kegiatan pembuka, guru bisa mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar.

    b. Kegiatan inti, sebaiknya guru yang membentuk kelompok belajar.

    c. Terakhir pada kegiatan penutup, guru juga sebaiknya memberikan waktu bagi para siswa untuk melakukan refleksi diri setelah kerja kelompok atau saat pelajaran selesai, agar pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna.

Leave a Reply