silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

198 Comments

  1. Nama: Angga kurniawan
    Nim :856589436

    Setelah melihat vidio di atas saya menanggapi…
    KELEBIHAN: guru melakukan metode pembelajaran dengan diskusi kelompok, guru menyampikan materi dengan bahasa yang mudah di pahami oleh siswa. Guru memberikan contoh pantun yang mudah di pahami oleh siswa.
    KEKURANGAN: Dalam kegiatan pendahuluan guru tidak mengajak siswa untuk bersama dan memberikan penghargaan kepada siswa serta menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum masuk kegiatan inti.
    SOLUSI: Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran masa berikutnya yg harus di lakukan yaitu dg melakukan kegiatan pendahuluan seperti doa.

  2. NAMA: TURIANI
    NIM: 856591686
    JUDUL: BELAJAR MEMBUAT PANTUN

    REAKSI ANAK
    respon anak baik dan anak bersemangat untuk berpantun

    KELEBIHAN
    guru memberikan kesempatan siswa berkelompok agar siswa dapat bekerjasama dengan tim

    KEKURANGAN
    guru tidak memberikan contoh misalnya pantun apa yang beliau bacakan
    tidak semua siswa aktif

    HAL UNIK
    sebagian siswa terlalu berantusias untuk melanjutkan pantun dari guru

    SOLUSI
    guru dapat memberi kesempatan untuk semua anggota kelompok maju dan membacakan pantun sama sama

  3. Nama:sugi yanto
    Nim:855863555
    Pokjar: labusel
    Menurut pendapat saya
    Dalam kegiatan pendahuluan guru tidak mengajak siswa untuk bersama dan memberikan penghargaan kepada siswa serta menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum masuk kegiatan inti.
    SOLUSI: Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran masa berikutnya yg harus dilakukan yaitu dg melakukan kegiatan pendahuluan seperti doa.

  4. NAMA: Depi yani
    NIM : 855736348
    JUDUL: BELAJAR MEMBUAT PANTUN

    REAKSI ANAK
    respon anak baik dan anak bersemangat untuk berpantun

    KELEBIHAN
    guru memberikan kesempatan siswa berkelompok agar siswa dapat bekerjasama dengan tim

    KEKURANGAN
    guru tidak memberikan contoh misalnya pantun apa yang beliau bacakan
    tidak semua siswa aktif

    HAL UNIK
    sebagian siswa terlalu berantusiasi untuk melanjutkan pantun dari guru

    SOLUSI
    guru dapat memberi kesempatan untuk semua anggota kelompok maju dan membacakan pantun sama sama agar memberikan keberanian pada murid dan memberikan semangat belajar berpantun bersama sama.

  5. Nama: Juliya Agustina
    Nim: 85585769
    menurut saya vidio ini sangat menarik, pada vidio tersebut guru tersebut memberikan salam, melakukan kegiatan pembukaan, dan mengaitkan pembelajaran yang sedang dilakukan dengan pelajaran yang kemarin. terlihat jelas bahwa guru tersebut menggunakan metode kelompok dalam melakukan pembelajaran. guru tersebut memberikan contoh dan pemahaman terlebih dahulu, dengan memberikan bait pertama dan kedua pantun lalu siswa tersebut melengkapi bait ketiga dan keempat dari pantun tersebut. dan tepuk tangan itu merupakan suatu bentuk penghargaan atas apa yang telah dapat dicapai oleh siswa dan itu dapat menambah kepercayaan diri siswa.

  6. Nama : Sartika Namira Sihombing
    Nim : 855860908
    Menurut pendapat saya tentang vidio diatas sangat bagus..karna cara guru mengajar atau menjelaskan soal pantun membuat para siswa cepat tangkap dan memberi respon baik terhadap pantun apa yang telah dibuat oleh siswa tersebut

  7. Nama: Mutiah Maidarani Sitorus
    Nim : 855857401

    Menurut pendapat saya tentang vidio yg berjudul “belajar membuat pantun” ini siswa menunjukkan respon positif terhadap pelajaran. Mereka antusias dan aktif dalam belajar, serta percaya diri saat mencerminkan karya mereka di depan kelas.
    Kelebihan vidio diatas adalah guru berhasil menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Mereka mampu meningkatkan partisipasi siswa dengan mendorong kerja kelompok dan memberi penghargaan saat siswa lain menyampaikan jawaban di depan kelas.
    Sedangkan kekurangan dari vidio tersebut guru tidak membuka pelajaran dengan doa.Selain itu, guru juga tidak memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya selama pembelajaran.

  8. Nama : Sanju aprilisia
    Nim : 856589482

    menurut pendapat saya vidio di atas menunjukkan respon positif dari anak2. tetapi kekurangannya anak-anak tersebut tidak diarahkan berdoa sebelum belajar dan anak-anak yang terlalu berisik di saat belajar,keunikan nya yaitu siswa yang terlalu bersemangat di saat mengucapkan selamat pagi. kelebihannya yaitu guru menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga anak-anak mudah memahami.saran saya sebaiknya guru mengarahkan anak-anak untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran dan pada kegiatan penutup sebaiknya guru bersama anak-anak menyimpulkan kegiatan dan pelajaran yang sudah dipelajari dan berdoa sebagai penutup.

Leave a Reply