Similar Posts
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Nama : Indri Pebiyanti
NIM : 857365912
UPBJJ : BOGOR
Setelah melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa:
-Reaksi Peserta didik terlihat semangat dan senang belajar dengan guru. Mereka merasa nyaman di kelas dan berani bertanya. Mereka juga mengikuti semua perintah guru dengan baik
-kelemahan
*Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil dan berani untuk mencoba membaca pantun
*Penggunaan alat peraga atau media tidak maksimal
*Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa jadi membaca pantun tanpa aturan yang jelas
-kelebihan
*Guru meminta siswa berpasangan untuk mencoba membaca pantun dengan baik
*Guru mengamati siswa saat mereka membaca pantun
*Semua siswa fokus mendengarkan penjelasan guru
-Hal-hal unik
*guru menerangkan cara membaca pantun, seorang siswa memberanikan diri menyarankan agar guru memberikan contoh terlebih dahulu, namun sarannya tidak ditanggapi.
*ketika siswa tampil di depan kelas, mereka membaca pantun dengan nada seperti membaca puisi.
-Solusi
*Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa tidak bingung dalam membaca sebuah pantun.
*Guru dapat menggunaan media atau alat peraga dengan maksimal.
*Guru bisa meningkatkan lagi suasana belajar supaya jadi lebih baik dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan bisa tercapai dengan mudah
*Guru juga sebaiknya menyediakan waktu untuk sesi tanya jawaab agar siswa mampu bertanya tentang materi yang sudah di jelaskan
NIM : 858946617
Kelemahan :
• Kurangnya penjelasan awal dan contoh membaca pantun,
• Kurang menekankan intonasi,
• Tidak memberikan solusi langsung saat siswa kesulitan, dan
• Kurang memberikan motivasi.
Kelebihan :
• Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri pantun dengan baik,
• Memberikan contoh pantun yang baik dan benar,
• Memberikan kesempatan siswa untuk membaca di depan kelas,
• Memberikan koreksi dan saran yang membangun, serta memberikan motivasi.
Hal Unik
• Guru menjelaskan struktur pantun,
• Memberikan contoh cara membaca pantun dengan intonasi yang tepat,
• Meminta siswa membaca pantun berpasangan, dan
• Menekankan pentingnya latihan.