Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Nama : Putri Ramadhani Shaleha Fitri Umarsyah
Hal yang unik dalam video ini adalah cara guru menyampaikan materi dengan
nada suara yang sangat lembut dan penuh kesabaran, khas untuk anak-anak
kelas 1. Guru tidak terburu-buru, tapi benar-benar memperhatikan cara
menyimak yang sesuai usia dini.
Selain itu, guru lebih fokus pada pembiasaan mendengarkan dengan tenang,
bukan hanya mengejar materi. Ini jarang ditemui, karena banyak guru
cenderung langsung mengajarkan isi bacaan, sementara di sini guru
membangun kebiasaan menyimak secara bertahap.
Uniknya lagi, guru tidak banyak menggunakan alat bantu, tapi justru
mengandalkan kedekatan emosional dan ekspresi wajah untuk membuat siswa
tertarik. Ini menunjukkan bahwa komunikasi sederhana pun bisa efektif jika
dibangun dengan ketulusan.
Nama : Putri Ramadhani Shaleha Fitri Umarsyah
Hal yang unik dalam video ini adalah cara guru menyampaikan materi dengan
nada suara yang sangat lembut dan penuh kesabaran, khas untuk anak-anak
kelas 1. Guru tidak terburu-buru, tapi benar-benar memperhatikan cara
menyimak yang sesuai usia dini.
Selain itu, guru lebih fokus pada pembiasaan mendengarkan dengan tenang,
bukan hanya mengejar materi. Ini jarang ditemui, karena banyak guru
cenderung langsung mengajarkan isi bacaan, sementara di sini guru
membangun kebiasaan menyimak secara bertahap.
Uniknya lagi, guru tidak banyak menggunakan alat bantu, tapi justru
mengandalkan kedekatan emosional dan ekspresi wajah untuk membuat siswa
tertarik. Ini menunjukkan bahwa komunikasi sederhana pun bisa efektif jika
dibangun dengan ketulusan.
Nama : Dela Agustia
Nim : 859876807
Video ini menampilkan pembelajaran menyimak yang dilakukan oleh seorang guru di kelas 1 SD dengan cara yang cukup menarik dan ekspresif. Guru membacakan cerita anak dengan intonasi suara yang variatif, mimik wajah yang hidup, serta gerakan tubuh yang mendukung isi cerita. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dalam video, karena mampu menarik perhatian siswa dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.
Selama proses pembelajaran, guru tidak hanya membacakan cerita, tetapi juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan ulang cerita tersebut secara bergiliran. Kegiatan ini mendorong partisipasi aktif siswa dan melatih keterampilan berbicara serta keberanian mereka tampil di depan kelas. Selain itu, guru juga melakukan tanya jawab terkait isi cerita untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan.
Namun demikian, video ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah tidak adanya pembukaan pelajaran yang jelas, seperti salam, apersepsi, atau penyampaian tujuan pembelajaran. Hal ini membuat siswa tampak langsung masuk ke kegiatan inti tanpa persiapan awal. Selain itu, tempo membaca guru terlihat terlalu cepat untuk siswa kelas 1, yang masih dalam tahap awal belajar menyimak.
Guru juga belum memanfaatkan media visual tambahan seperti gambar atau alat peraga yang sebetulnya bisa membantu siswa dalam memahami isi cerita dengan lebih baik. Evaluasi yang dilakukan pun masih terbatas pada tanya jawab lisan tanpa adanya penilaian tertulis atau kegiatan refleksi lainnya.
Secara keseluruhan, video ini menunjukkan bahwa guru memiliki potensi dan kreativitas dalam mengajar menyimak secara menyenangkan dan interaktif. Namun, pembelajaran akan menjadi lebih efektif jika dilengkapi dengan pembukaan yang terstruktur, penggunaan media visual, serta bentuk evaluasi yang lebih beragam.