silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

273 Comments

  1. Saya Robiah Adawiyah dari FKIP Program PGSD UT Bandung Semester 6, ijin menanggapi diskusi:
    1. Menurut pendapat Saya mengenai Video Pembelajaran Metode Among yang dintegrasikan dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL: Project Best Learning) ini sangat bagus. Tetapi situasi kenyataan tidak akan pernah sama dengan di vidio yang terlihat tenang dan kondusif.

    2. Hal penting yang dapat Saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah bahwa metode Among memiliki 3 prinsip yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, yaitu Metode Asih, Asah, dan Asuh :
    1.) Metode Asih : guru menanamkan sifat spiritual kepada peserta didik, mengawali pembelajaran dengan berdo’a bersama, guru bertanya kabar peserta didik, serta menanmkan sikap bersih dan hidup sehat.
    2.) Metode Asah : guru menyampaikan materi dan memberikan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas, menunjukkan sikap yang ramah, dilengkapi dengan media. Lalu memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan pengamatan, dan konfirmasi hasil pengamatan.
    3.) Metode Asuh: menunjukkan cara menghargai orang lain dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh rasa sabar.
    4.) Metode asih dengan menanamkan sikap spiritual, menanyakan kemampuan siswa apakah bisa melakukannya dengan penuh keramahan.
    5.) Metode Asuh: Guru selalu memantau aktivitas diskusi dengan mendekati kelompok peserta didik, memberikan semanagat, serta arahan kepada peserta didik, memberikan bantuan kepada peserta didik, yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran.
    6.) Prinsip utama dari sistim Among adalah melaksankan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan, dan dengna prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), dan asuh (bimbingan).
    Kemudian desain PJBL yang ada vidio tersebut yaitu:
    1.) Mendesain project dan mengatur jadwal. Lalu sistim Among dengan metode Asuh yang mengajak siswa untuk menjaga lingkungan tetap bersih dengna penuh keramahan.
    2.) Membimbing peserta didik ketika membuat dengan cara yang tidak benar yang tidak berhubungna dengan project.
    3.) Menyiapkan pertanyaan sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
    4.) Terakhir adalah evaluasi PJBL.

    3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran Matematika.

    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Suasana belajar sangat bagus dan kondusif, dan juga intreraktif. Guru menyampaikan materi dan menjawab pertanyaan anak dengan sabar serta membahasnya dengan penjelasan yang dapat dimengerti oleh peserta didik dengan memberikan media rill sebagai contoh wujud benda sebenarnya terkait dengan materi dalam pembelajaran.

  2. NAMA : Dedek Kurniawan
    NIM : 856763276
    PRODI : PGSD S1

    1. Menurut saya pembelajaran dalam video sudah sangat tepat karena menggunakan PJBL dengan begitu siswa akan tertarik untuk mendalami materi, dan belajarnya lebih aktif dan memberikan wawasan yang luas juga kepada peserta didik.

    2. Manfaat dari metode among dalam pembelajaran bagi peserta didik dan memudahkan para guru berinteraksi dengan baik bersama murid di kelas pada saat pembelajaran berlangsung.

    3. Video yang ditampilkan sudah sangat baik sehingga dapat menarik perhatian dan fokus para peserta didik yang membangkitkan semangat belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar.

    4. a). Video yang ditampilkan sudah baik dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran dan memancing keaktifan siswa dengan bertanya secara langsung kepada siswa dan tetap memberikan penghargaan kepada siswa dan,

    b). Hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan menggunakan metode dan media pendukung dalam persiapan penyampaian materi.

  3. Nama : Hernasti Hutauruk
    Nim : 8577527989
    Prodi: pgsd
    didalam video pembelajaran berbasis proyek tersebut menarik, menambah semangat siswa dalam belajar, membantu para guru/sebagai referensi saat mengajar yang tepat.

Leave a Reply