silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.
Dwi Astuti
–
–
Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
Setelah melihat vidio tersebut untuk anak yang belum mandiri memang memerlukan waktu untuk anak dapat mengerti dan memahami bahwasanya anak harus bisa mandiri,dasarnya anak akan berbeda satu sama lain karena perkembangan setiap anak berbeda,dilembaga kami memang untuk awal masuk memberi kesempatan kepada orangtua untuk menemani anak terlebih dahulu apalagi dalam masa-masa perkenalan dan masuk awal sekolah,dengan memberi pengertian kepada anak secara pelan-pelan agar lebih mandiri dan nantinya tidak ditemani oleh orangtuanya,dengan memberikan rasa senang di dalam sekolah,bermain dengan teman-teman ,agar anak merasa nyaman dilingkungan sekolah karena merasa ibu guru dan teman yang lainnya sayang jadi anak tidak merasa takut nantinya saat ditinggal sendirian disekolah dan ga menangis lagi mencari-cari orangtuanya
Nama : Lilis Sintiana
NIM : 859659333
Setelah menonton video diatas tentang cara menangani anak yang belum mandiri hampir sama seperti yang saya terapkan disekolah. pada saat masa orientasi sekolah anak-anak biasanya masih malu, takut dan tidak mau ditinggal oleh orang tuanya. disitu guru memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak-anak dengan diajak anak- bermain dulu untuk pendekatan dengan anak setelah anak merasa nyaman pasti anak mulai berani tidak malu lagi. adanya juga kerjasama dengan orang tua peserta didik supaya anak tidak terus bergantung dengan orang tuanya dengan cara padaa saat masuk kelas orang tua peserta didik boleh menunggu di luar kelas itu dapat perlahan membuat anak mau ditinggal oleh orang tuanya.
Nama : Nur Hasanah
Nim : 858422707
Alhamdullilah video ini memberikan saya ilmu tentang bagaimana cara mengatasi anak yang belum mandiri di awal tahun ajaran baru, agar anak lebih nyaman dan akrab dengan teman dan guru di skolah.
nama : nurul annisa
nim : 859428076
video ini memberikan pelajaran penting bagi guru untuk mengetahui bagaimana cara agar siswa mampu membangun kemandiriannya dipertemua awal sekolah. dari video tersebut ada beberapa point yang saya pahami yaitu :
1. guru harus merencanakan kondisi kelas dan mental agar siap menerima anak murid di kelas
2. memberikan kesempatan pada anak agar bisa menerima kehadiran guru
3. memberikan rasa aman dan nyaman pada anak
4. bekerjasama dengan orang tua agar bisa memotivasi anak di rumah
5. memberikan reward pada anak yang sudah bisa melakukan kegiatan tanpa bantuan.
dengan video ini, sekiranya juga dapat membantu orang tua dalam mempersiapkan anak untuk mandiri ketika berada di awal sekolah.
Nama : Nur Hasanah
Nim : 858422707
Alhamdulillah video ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD khususnya bagi sy sendiri selakunpendidk PAUD karena banyak sekali cara agar anak menjadi lebih mandiri..
Nama Nur Hasanah
NIM 858422707
Alhamdulillah video ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD khususnya bagi saya sendiri ,, karena dalam video tersebut mengajarkan kita bagai mana mengatasinya anak yang belum mandiri di awal tahun ajaran ,, trimakasih
miftahur rohmah 858983797
assalamualaikum wr.wb
izin menanggapi video diatas pada tahun ajaran baru banyak sekali peserta didik yang belum berani di tinggal oleh orang tuanya. sebagai pendidik kita harus memberi waktu dan mengajak orang tua tersebut untuk memberikan arahan kepada anaknya agar mau ditinggal sendiri disekolah. sedangkan pendidik disekolah terlebih dahulu memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta didik. yang mana anak tersebut mempunyai rasa senang ketika berangkat kesekolah. dari situlah pendidik memulai pendekatan kepada si anak agar dia merasa bahwa disekolah ada yang memperhatikan dan meyayanginya. disekolah terdapat berbagai macam sifat peserta didik, ada kalanya anak tersebut sudah berani dan dapat berbaur dengan anak lain. adapula ada anak yang masih malu dan belum berani berbaur dengan teman barunya. pendidik juga perlu bekerja sama dengan anak- anak yang lainnya untuk mengajak berkenalan dan bermain bersama.
Nama NIECKY AYU RISTANTHI
NIM 857767821
Setelah melihat video di atas menurut pendapat saya sudah cukup baik dalam menangani anak yang belum mandiri. memang tidak mudah bagi Guru menghadapi anak- anak ketika masa pengenalan di sekolah karena masih banyak anak yang belum terbiasa mandiri, Guru bekerja sama dengan orang tua untuk memotivasi anak agar Mandiri dan tidak menangis saat ditinggal.
Guru juga sudah mempersilahkan orang tua untuk meninggalkan anak secara bertahab, guru juga sudah memberikan pendekatan terhadap anak dengan penuh kasih sayang sehingga anak merasa nyaman berdekatan dengan guru. dan yang terpenting adalah tetap sabar dan tenang dalam menghadapi anak yang belum mandiri.
menurut pendapat saya Setelah menonton video diatas tentang cara menangani anak yang belum mandiri hampir sama seperti yang saya terapkan disekolah.
karena awal ajaran baru merupakan proses adaptasi anak untuk mengenali lingkungan sekolahnya, mengenal teman-temannya, dan pada masa orientasi sekolah anak anak masih merasa malu dan mungkin canggung dengan keadaan yang baru dan suasana yang baru dan merasa takut saat di tinggalkan oleh orang tuanya, disinilah peran sebagai guru harus menciptakan lingkungan yang nyaman seperti memperkenalkan dirinya dengan ramah dan selalu tersenyum, memberikan sentuhan lembut dan perhatian untuk membangun emosional anak dan guru sehingga anak merasa lebih nyaman dan percaya diri saat berpisah dengan orang tuanya. dan yang sangat penting kerjasama anatara guru dan orang tua harus berkomuniksi dengan baik tentang perkembangan anak.
NAMA : ST.HARBIAH
NIM : 859428954
JURUSAN : PGPAUD
menurut pendapat saya Setelah menonton video diatas tentang cara menangani anak yang belum mandiri hampir sama seperti yang saya terapkan disekolah. karena awal ajaran baru merupakan proses adaptasi anak untuk mengenali lingkungan sekolahnya, mengenal teman-temannya, dan pada masa orientasi sekolah anak anak masih merasa malu dan mungkin canggung dengan keadaan yang baru dan suasana yang baru dan merasa takut saat di tinggalkan oleh orang tuanya, disinilah peran sebagai guru harus menciptakan lingkungan yang nyaman seperti memperkenalkan dirinya dengan ramah dan selalu tersenyum, memberikan sentuhan lembut dan perhatian untuk membangun emosional anak dan guru sehingga anak merasa lebih nyaman dan percaya diri saat berpisah dengan orang tuanya. dan yang sangat penting kerjasama anatara guru dan orang tua harus berkomuniksi dengan baik tentang perkembangan anak.