silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
dari video ini saya dapat belajar banyak mengenai penanganan anak yg mogok belajar, sangat mudah difahami dan di aplikasikan dalam kelas.
Nama : Ella Marisa
NIM : 856102821
setelah menyaksikan vidio ini, saya mendapatkan ilmu bagaimna mengatasi jika ada anak yang mogok belajar dikelas saya, salah satu caranya ialah memberikan anak pilihan untuk belajar bersama teman atau belajar sendiri misal belajar diruang perpustakaan.
Terimakasih
Nama : Roudatun Nafiah
NIM : 858189644
Judul video : “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Assalamu ‘alaikum…
Dalam video tersebut diatas, saya mendapatkan pengalaman baru bagaimana cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar, ada beberapa strategi yang harus saya terapkan di sekolah tempat saya mengajar, video ini juga sangat bagus dan realistis tentang tantangan apa yang dihadapi guru dan orang tua, video ini sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai guru PAUD.
masukan dan saran : kontennya diperluas dengan pendekatan individu, penjelasan yang lebih mendalam penyebab anak mogok tidak mau belajar.
Peran guru di dalam kelas sangat besar. Guru harus dapat memotivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Guru juga harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Anak mogok belajar ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi, bisa karena faktor ada rasa tidak nyaman dengan teman temannya atau dengan gurunya atau bisa terjadi karena anak merasa bosan atau tidak mampu mengikuti kegiatan seperti teman lainnya. Guru dapat melakukan pendekatan kepada anak dan menggali informasi penyebab anak mogok belajar dengan bertanya pada anak atau orang tua. Guru dapat meminta anak untuk mengungkapkan perasaannya kemudian memberikan solusi dan motivasi yang membangkitkan semangat anak untuk bisa kembali belajar bersama teman temannya.
Dari video di atas saya merasa termotivasi untuk melakukan hal serupa jika ada anak yang mogok tidak mau belajar. Masalah seperti ini memang harus dicari terlebih dahulu alasannya agar dipermudah mencari solusi yang tepat. Guru harus menggali informasi sendiri atau menanyakan kepada orang tua. Setelah mengetahui alasan, anak bisa diberi pilihan untuk belajar di lain tempat atau di ruangan lain. Atau bisa juga memberi kesempatan kepada anak untuk bermain terlebih dahulu dengan kesepakatan bersama.
Nama : Risna Maya sari
Nim: 856789437
Video diatas sangat bermanfaat dan membantu bagi kita seorang guru paud, karena divideo dijelaskan bagaimana cara kita sebagai seorang guru membuat anak mau mengikuti kegiatan belajar disekolah. Dan juga sebagai seorang guru kita memiliki peranan yang penting dalam menciptakan suasana belajar mengajar yang asik dan menyenangkan bagi anak.
Dalam tayangan video tersebut menceritakan tentang seorang anak yang mogok tidak mau belajar ,adapun upaya yang dilakukan oleh guru seperti mengajak anak bermain diluar ruangan supaya tidak bosan dan memberikan kegiatan yang menarik.
Rintan Nopiana/ 857624906
Anak mogok tidak mau belajar , dalam hal ini peran guru dan orang tua harus selaras komunikasi keduanya harus terjalin. Mencari penyebab anak mogok menjadi hal yang utama, guru juga harus membuat suasana kelas menjadi tempat nyaman SUPAYA kegiatan belajar lebih menyenangkan
Apa yang dipaparkan dalam video sudah tepat dengan kita mencari informasi terlebih dahulu kenapa anak mogok tidak mau belajar dan solusi yang dipaparkan bisa kita implementasikan di kelas kita apabila hal tersebut terjadi di lembaga kita. Kita juga bisa menarik perhatian anak dengan kegiatan – kegiatan yang dapat memicu semangat serta fokus anak untuk kembali belajar.
Nama : Nur Amanah
NIM : 857504346
UPBJJ: Bandung
Setelah melihat video tersebut, sebagai seorang guru PAUD kita harus memahami bahwa dunia anak usia dini adalah bermain. Untuk itu kita harus mengembangkan pemahaman anak dengan melalui permainan yang dapat membuat anak mendapatkan pembelajaran dan pemahaman baru, karena anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika anak tidak mau belajar atau mogok belajar, sebagai guru kita harus lebih memperhatikannya dan sebagai guru kita juga harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan yang dapat membuat anak nyaman,betah dan tidak bosan saat pembelajaran. Karena bisa jadi salah satu alasan anak mogok belajar karena suasana yang tidak menyenangkan.