silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Fatchurochim
NIM : 857991096
UPBJJ : Universitas terbuka Yogyakarta
Dari video dengan judul ” anak mogok tidak mau belajar” saya juga kadang mengalami hal serupa di kelas ada salah satu siswa yang tidak mau ikut bergabung belajar dengan teman temannya , setelah melihat tayangan video tersebut saya menjadi tahu begaimana menangani anak yang mogok belajar ketika disekolah ,diantaranya yaitu :
🌷mengamati dan mengatasi anak yang mogok belajar kemudian Ciptakan sudut belajar yang nyaman: Pastikan tempat belajar anak cukup terang, tenang, dan bebas dari gangguan
🌷Menggali informasi kepada orang tua dan anak mengapa tidak mau belajar / mogok belajar , setelah mengetahui latar belakang anak mogok belajar
🌷guru dapat memberikan beberapa opsi agar anak mau ikut belajar salah satunya adalah memberi pilihan untuk belajar dengan teman teman atau belajar di ruang terpisah .
hal serupa juga saya terapkan di tempat mengajar untuk anak yang kadang kala tidak mau ikut belajar dengan temannya seperti mengerjakan tugas terpisah dengan teman teman atau menunggu mood anak lebih baik. tidak lupa memberikan reward ketika anak selesai mengerjakan tugasnya agar anak lebih termotivasi dan mau bergabung dengan teman temannya. Tunjukkan pada anak bahwa Anda juga senang belajar dan membaca.Libatkan anak dalam kegiatan yang menyenangkan: Kombinasikan belajar dengan kegiatan yang disukai anak, seperti bermain atau melakukan hobi.karena ketika anak mulai merasa nyaman atau moodnya kembali anak akan lebih mudah diarahkan untuk mengerjakan tugas.
Terimakasih GPO atas ilmu dan materi yang diberikan.
Ijin menanggapi perihal video di atas dengan judul “Anak mogok tidak mau belajar “.Kita sebagai pendidik harus mengetahui keseluruhan aspek perkembangan pada anak usia dini.Dengan bermacam-macam karakter anak yang berbeda-beda .Adapun hal yang harus kita lakukan untuk mengatasi anak tersebut kita harus cari tahu dulu apa penyebab anak tidak mau sekolah,lakukan komunikasi dengan anak,dan kita bisa libatkan peran orangtua untuk memotivasi anak agar mau belajar dengan baik.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama: Nurhayati
NIM :859030024
Setelah saya menonton vidio ini. Dalam Vidio ini membahas tentang anak mogok tidak belajar dengan teman.
Dalam vidio ini dijelaskan bahwa tugas pendididik bukan hanya menekankan pada aspek kecerdasan dan tetapi pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Dalam vidio ini juga bahwa salah satu tugas guru adalah memotivasi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Serta tidak melupakan bahwa dunia anak adalah bermain. Namun dalam vidio ini ada satu kasus dimana ada salah satu anak tidak mau bermain dengan temannya, kemungkinan alasannya adalah anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas dimana anak tersebut belum mampu mengerjakannya sedangkan temannya udah mampu mengerjakannya, anak mungkin bertengkar dengan temannya atau anak kemungkinan sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya. Disini yang dilakukan guru adalah dengan homevisite menanyakan kepada orang tua kenapa anak tidak mau masuk sekolah.
Menurut saya dalam vidio ini bisa ditambahkan bagaimana cara guru menangani anak yang tidak mau bermain dengan temannya terlebih dahulu, misal dengan menanyakan kenapa tidak kau bermain dengan temannya. Jika sudah mendapat jawabannya, misal karena anak takut atau anak belum mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan guru apa yang harus dilakukan guru, bisa menjelaskan lagi cara-cara yang mudah dan mengulangnya pelan-pelan membimbingnya, atau memberikan kegiatan yang sama hanya saja tingkatannya lebih ringan. Jika penyebabkab karena anak tersebut bertengkar, solusinya bisa menanyakan kenapa anak tersebut bertengkar? Selanjutnya mengajak anak tersebut untuk minta maaf jika dia salah, jika temannya yang salah, maka temannya harus meminta maaf dan saling memaafkan, dan berjanji untuk tidak mengulangi lagu, guru memberi nasehat, kenapa tidak boleh bertengkar dengan teman, dan menjelaskan akibat dari bertengkar itu, jangan lupa guru juga harus memberi penjelasan bahwa bertengkar itu contoh perbuatan yang tidak baik.
Dan kemungkinan yang terakhir jika mungkin anak tersebut sakit hati dengan perbuatan dan perkataan guru, maka kita harus meminta maaf dan menjelaskan juga maksud dari perkataan kita itu, mska dalam hal ini kita sebagai guru hendaklah menggunakan kalimat yang baik dan menyenangkan sehingga mengurangi anak tersebut merasa sakit hati dengan ucapan dan perbuatan kita.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama :Lailatul Robi’ah
Nim : 856838436
Pokjar :Kaur
Menurut saya vidio anak mogok tidak mau belajar,karena anak takut maka dari itu kita harus sangat memahami peran anak dan membujuk anak agar anak mau belajar dan pergi sekolah setiap hari kita harus menciptakan hal-hal baru dan cukup mengawasi anak agar anak di jauhkan dari bahaya,supaya anak tidak bosan kita juga bisa memberikan hadiah agar anak kembali sekolah hari esok lebih semangat lagi
Video pembelajaran ini sangat Assalamualaikum…
Nama : Fatkurotun khabiba
NIM : 859797163
Video ini sangat membantu bagi guru pemula untuk mencari solusi apabila menemui kendala yang sama. Anak Mongok tidak mau belajar sering kali terjadi meskipun dengan situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Pada video ini telah memberi solusi bagaimana Anak bisa kembali tertarik dan mau belajar kembali namun belum tergambarkan bagaimana Anak bisa kembali tertarik dan mau belajar lagi bersama teman-temannya.
Assalamualaikum
Nama : Dian Tri Puji Astuti Ningsih
Nim : 858846865
1.Temukan penyebab
Cobalah duduk santai dengan anak, kemudian tanyakan baik-baik apa alasan si kecil takut dengan gurunya. Dengarkan segala keluhannya dan jangan menghakim
2.Temui guru
Mengetahui tidak hanya dari satu sudut pandang adalah hal yang baik, Bunda. Cobalah sempatkan waktu untuk datang ke sekolah anak dan lakukan komunikasi dengan guru.
3.Beri motivasi
Dukungan orang tua dalam hal ini sangat diperlukan, Bunda. Bisa jadi alasan takut kepada guru karena adanya kesan pertama yang salah paham, atau anak belum mengerti bagaimana membaca situasi. Itulah mengapa, Bunda mesti memberikan motivasi agar dia tidak takut, caranya bisa dengan menceritakan berbagai hal positif tentang guru.
Sekian terimakasih Wassalamu’alaikum wr.wb
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Septi Putri Hidayati
NIM : 858846421
POKJAR : Amanah Blitar Raya
Video tersebut menampilkan strategi yang efektif digunakan oleh seorang guru Taman Kanak-kanak dalam menghadapi situasi di mana anak memukul atau menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Berikut adalah tanggapan tentang video tersebut:
Pendekatan Guru
• Menghampiri dan Meminta Tenang : Guru segera menghampiri anak yang sedang marah atau menangis dan meminta mereka berhenti melakukan perilaku negative.
• Memeluk dan Bertanya Lembut : Jika anak masih belum tenang, guru memeluk mereka dan bertanya dengan suara lembut mengapa mereka marah atau menangis. Ini merupakan cara yang sangat penting untuk membuat anak merasa aman dan nyaman.
• Berusaha Mendamaikan Anak dengan Temannya : Setelah mendapatkan alasan dari anak, guru kemudian berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya marah atau menangis. Langkah ini penting untuk menghindari situasi yang lebih parah dan mempromosikan perdamaian di antara teman-teman.
• Memberitahu Cara Tepat Menyampaikan Emosi : Guru juga memberitahu anak bahwa mereka harus menyatakan apa yang mereka inginkan dengan kata-kata, bukan dengan cara memukul atau menangis. Hal ini membantu anak untuk lebih sadar akan perilakunya dan memahami bagaimana cara berkomunikasi yang efektif.
• Meminta Melapor : Akhirnya, guru meminta anak untuk melapor jika ada teman yang mengganggu atau membuat mereka kesal. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa anak merasa aman dan dapat berbicara tentang masalah mereka.
Strategi Efektif
Strategi yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sangat efektif karena:
– Menggunakan Pendekatan Emosional : Guru menggunakan pendekatan emosional yang hangat dan ramah, yang membuat anak merasa aman dan nyaman saat mereka marah atau menangis.
– Memberikan Pemahaman : Dengan bertanya lembut, guru memberikan pemahaman bahwa emosi negatif bukanlah hal yang salah tetapi perlu dikomunikasikan dengan cara yang tepat.
– Fokus Pada Komunikasi : Strategi ini fokus pada pentingnya komunikasi efektif dalam mengatur emosi negatif anak, yang sangat penting dalam perkembangan emosi anak.
Dalam kesimpulan, tanggapan tentang video tersebut menunjukkan bahwa pendekatan yang digunakan oleh guru Taman Kanak-kanak sangat efektif dalam menghadapi situasi emosi negatif anak. Strategi tersebut bukan hanya memberikan solusi sementara tetapi juga meningkatkan kemampuan komunikasi anak dan mempromosikan perdamaian di sekolah.
Asalamualaikum wr. Wb
Nama:eli ristiani
Nim :856838744
Dalam vidio tu tentang anak yang mogok belajar dan yang saya alami sekarang ada seorang anak yang yang mogok belajar dan cara saya pridi dalam menyikapi dan menghadapi anak yaitu dengan di ajak berkomikasi dan melakukan pendekatan kepada anak untuk membangun semangat pada anak ada kalanya kita sering di tolak dan anak tidak mau didikati namun dengan melakukan pedekatan secara halus anak itu akan luluh dengan sedirinya setelah anak sudah mau di ajak berbicara kita dpat bertanya dngan anak dan kita bercerita bahwa anak pinter itu harus rajin belajar, bemmain , bergaul dengan teman2, di ajak untuk bersosialisasi dengan teman temannya8
assalamualaikum
nama ika efita indah kusnul fitria
nim 858556609
video ini membahas tentang anak yang mogok belajar.penyebabnya yaitu kurangnya minta anak dan pendekatan pembelajaran yang begitu begitu saja.
kelebihan video ini:
1. menawarkan tips konkrit yang dapat langsung diterapkan oleh pendidik
2. menggunakan animasi yang menarik
upaya yang dilakukan di jenjang paud
1.menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan menarik.
kolaborasi dengan orangtua untuk mendukung proses pembelajaran anak.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama : Minha Wiqoya
NIM : 858532434
Jurusan : PGPAUD
Video tersebut berjudul anak mogok tidak mau belajar, pada teman nya. rekan guru mempunyai tugas untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak, kecerdasan, kemampuan mengelola emosi, serta kemampuan berhubungan sosial dan etika, perlu dipahami oleh pendidik anak usia dini bahwa tugas utama mereka adalah untuk menghidupkan obor belajar bagi anak-anak, kesalahan yang banyak di lakukan oleh para pendidik usia dini adalah dengan lebih menekankan pada aspek kecerdasan dan merupakan bahwa sesungguhnya pembelajaran pada level anak usia dini harus dilakukan dengan cara menyenangkan, hal ini sesuai dengan asal kata sekolah yaitu scolly artinya adalah menyenangkan.
Salah satu tugas guru adalah : membentuk motivasi dalam diri anak dan membantu rasa ingin tahu anak, disisi lain guru juga harus selalu ingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain, sehingga seorang anak didik ingin bermain maka sebenarnya anak ingin belajar untuk mengenal sesuatu dan untuk memuaskan ingin tahu nya, akan sesuatu hal namun ada kalanya terdapat seorang anak dikelas yang tidak mau ikut bermain kepada teman nya , bahkan menolak saat di ajak guru nya, jika anak mogok belajar atau tidak mau bergabung dengan teman-teman nya, terdapat beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, antara lain, adalah :
1. Anak takut.
2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas, yang dia sendiri belum mampu untuk mengerjakan nya, sementara anak lain nya sudah bisa melakukan.
3. Mungkin anak bertengkar pada teman sekelasnya.
4. Mungkin saja anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru terhadap muridnya.
Jika guru sudah tahu alasan mengapa Anak mogok belajar sekolah.
Solusinya di berikan kepada anak, antara lain adalah :
1. Guru menggali keterangan mendalam dari anak, orang tua, dengan konfisit untuk mengetahui penyebab mengapa Anak mogok belajar. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan kenapa tidak mau sekolah ?.
Padahal ibu guru dan teman-teman nya sudah kangen kepada anak tersebut, jika anak masih belum bersekolah anak diberi pilihan apakah mau belajar dengan teman di kelas atau di ruang lainnya.
Contoh nya adalah : dikantor kepala sekolah, dan di perpustakaan, kadang kala terjadi bahwa anak mogok karena bosan di kelas, adakah kasus seperti tersebut, maka guru boleh memberikan kesempatan bagi anak didik nya untuk bermain dengan waktu yang telah ditentukan atau di sepakati bersama, pembatasan waktu bermain tersebut harus di sepakati dengan anak, hal tersebut perlu karena bagi anak sebuah kesepakatan yang dibuat dengan guru nya adalah sebuah proses belajar, jika permasalahan tersebut di sebabkan karena anak mereka bosan, maka guru atau pendidik anak usia dini dapat melakukan kegiatan penggunaan atau pengayaan selama anak tertarik, walaupun materi dan cara belajar yang dilakukan oleh anak berbeda dengan anak yang lainnya.
Menghadapi anak yang mogok belajar memerlukan pemahaman yang mendalam tentang penyebabnya.
Penyebab dapat di bedakan menjadi internal, seperti : rasa malas atau pemahaman yang lemah, dan eksternal.
contohnya adalah : lingkungan belajar yang tidak nyaman atau metode pengajaran yang membosankan.
Langkah awal adalah : berdialog dengan anak untuk memahami masalah tersebut.
Selain itu, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memberikan dukungan emosional juga penting. Jika masalah berlanjut, dan libatkan orang tua dan guru untuk mencari solusi bersama.