silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Assalamualaikum wr wb…
    Nama : Linda putri
    Nim 856658469
    Dari video diatas sebagai seorang guru kita harus bisa membujuk anak yang mogok belajar,dengan cara diajak bermain dan dibujuk dengan sesuatu yang lain seperti makanan dan mainan

  2. Assalamu’alaikum wr wb…
    Nama: hamidot
    Nim:856654802
    Dari video d atas sebagai seorang guru kita harus bisa membujuk anak yang mogok belajar dengan cara bermain atau dibujuk dengan sesuatu makanan setelah dia merasa nyaman dia pasti mau belajar….

  3. Nama : Arista Octaviana Ariyanti
    NIM : 877959457
    UT : POKJAR MOJOKERTO
    Perlu diketahui lebih dalam lagi kenapa anak tidak mau belajar karena ada banyak faktor jika dilihat dari video tersebut.Anak yang memukul bisa jadi sosial emosial yang tidak terkendali atau juga ada yang dicontoh dilingkungan masyarakat atau keluarga.

  4. Nama = Rahayu Kona’ah
    Nim = 858527124
    Upbjj = Semarang
    Dari vidio “Anak mogok tidak mau belajar”. Banyak pelajaran yang didapat dalam vidio tersebut. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Seorang guru harus mengetahui faktor apa yang menyebabkan anak tersebut tidak mau belajar. Sehingga bisa meminimalisir anak mogok dalam hal belajar. Terimakasih atas vidio yang sangat bermanfaat bagi saya yang notabenenya seorang guru anak usia dini.

  5. Nama : okty anggun tri cahyani
    Nim : 857874291
    Upbjj : surakarta
    Saran dan masukan :
    Akan lebih baik jika disediakan panduan atau lembar kerja yang dapat digunakan oleh guru sebagai referensi dalam menerapkan strategi yang ditampilkan dalam video.

  6. Nama: Susiatun
    NIM: 858005121
    UPBJJ Yogyarta
    Trimakasih video tersebut sangat bagus dan membantu saya untuk menerapkannnya pada peserta didik saya

  7. nama : Wulan Sariningsih
    NIM : 878181185
    alhamdulillah video ini sangat membantu saya dalam menangani anak yang mogok tidak mau belajar dan menambah wawasan dan pengetahuan bagaimana cara mengatasi anak yang mogok sekolah. sehingga kita bisa memberikan pelajaran yang menyenangkan dan unik agar anak merasa senang dalam bermain sambil belajar. terimakasih

  8. Nama : Istafil Fuadah
    Nim : 878194246
    UPBJJ : Malang
    setelah melihat tayangan vidio “ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR” diatas, sangat banyak pelajaran yang dapat saya ambil. terutama solusi untuk mengatasi anak yang tiba-tiba mogok tidak mau ngeikuti kegiatan belajar dikelas. banyak foktor yang mempengaruhi anak mogok sesara tiba-tiba. bisa jadi dia bertengkar dengan teman sekelasnya atau sakit hati bahkan rasa cemburu atas sikap guru yang kurang memperhatikannya. dan dividio diatas juga memberi banyak paparan solusi untuk permasalahan anak mogok belajar. dengan adanya berbagai solusi diatas maka saya akan mencoba menerapkan beberapa solusi tersebut dikelas saya kalau ada siswa yang mogok belajar.

  9. Nama : Harianti
    Nim : 858193898
    Kalimantan Tengah

    Dari video “ Anak Mogok Tidak mau Belajar”. Banyak yang di dapat dari video di atas. Sangat banyak faktor yang mempengaruhi Anak yang mogok tidak mau belajar, dan dari video ini guru bisa belajar juga bagaimana cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar tersebut, sehingga jika nantinya ada anak yang sama dengan kasus seperti video di atas saya sebagai guru sudah tau bagaimana cara untuk mengatasi nya. Terima kasih atas video yang sangat bermanfaat ini.

  10. Assalaamu’alaikum Wr Wb

    Selamat Malam Rekan-rekan semua yang hebat dan luar biasa.
    Perkelankan nama saya : Ayu Saribanon
    NIM : 859665677

    Video tersebut memberikan wawasan penting tentang tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mendidik anak, terutama ketika anak menunjukkan ketidakberdayaan dalam berpartisipasi. Saya setuju bahwa sebagai pendidik, kita harus memahami bahwa setiap anak memiliki latar belakang, emosi, dan motivasi yang berbeda-beda.
    1. Pengembangan Rasa Ingin Tahu: Penting bagi guru untuk menciptakan lingkungan yang mendorong rasa ingin tahu anak. Ketika anak merasa aman dan dihargai, mereka akan lebih terbuka untuk belajar dan berinteraksi dengan teman-temannya.
    2. Mengatasi Ketakutan: Mengidentifikasi dan mengatasi ketakutan anak adalah langkah awal yang krusial. Guru bisa melakukan pendekatan dengan cara yang lembut dan memberikan dukungan untuk membantu anak merasa lebih nyaman.
    3. Menangani Konflik Sosial: Konflik antar teman sebaya sering kali menjadi penghalang bagi anak untuk berpartisipasi. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menjadi mediator yang efektif, membantu anak-anak belajar menyelesaikan masalah mereka dengan cara yang positif.
    4. Empati dan Komunikasi: Seperti yang disebutkan, ucapan dan tindakan guru dapat berpengaruh besar terhadap perasaan anak. Guru perlu berkomunikasi dengan empati dan menjaga hubungan yang baik dengan siswa untuk mencegah perasaan sakit hati yang dapat menghambat proses belajar.

    Secara keseluruhan, video ini mengingatkan kita tentang pentingnya pendekatan yang holistik dalam pendidikan anak. Dengan memperhatikan berbagai faktor yang memengaruhi motivasi dan partisipasi anak, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan menyenangkan. Pendekatan yang sabar dan penuh kasih sayang akan membantu anak merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar.

    Terimakasih
    Wassalaamu’alaikum Wr Wb

Leave a Reply